...

Cara Sederhana Mengatasi Masalah Framework

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
framework-dreambox

Framework: Solusi untuk Pengembangan Website

Framework adalah sebuah kerangka kerja yang tersusun dari serangkaian kode generik. Fungsinya untuk mengembangkan suatu sistem dan aplikasi. Kerangka ini akan menjadi struktur standar untuk memudahkan pekerjaan seorang developer.

Jika dalam sebuah proyek, kerangka kerja bisa diibaratkan sebagai fondasi yang akan membantu developer agar tidak mulai proses development dari nol. Pasalnya, kerangka kerja ini sudah menyediakan beberapa komponen siap pakai untuk menyederhanakan proses developmentAyo pahami konsep, alur kerja, dan varian website development juga untuk memahami framework lebih lanjut. 

Cara Paling Sederhana Mengatasi Isu Framework

Dalam mengatasi isu yang terjadi pada kerangka kerja, ada 3 langkah pendekatan yang bisa dilakukan. Dengan mengikuti 3 langkah sederhana ini, developer dapat menyelesaikan proyeknya dalam waktu yang lebih singkat. Berikut 3 langkah yang dimaksud:

1. Paham Masalah Framework

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memahami masalah yang terjadi pada kerangka kerja. Anda bisa mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Seperti apa hasil bisnis yang ingin dicapai?
  • Hal apa yang menghalangi pencapaian tersebut?
  • Apakah Anda pernah memecahkan masalah yang mirip? Apakah ada hal dalam codebase yang bisa Anda terapkan atau kerjakan ulang untuk menyelesaikan masalah tersebut?
  • Apa hal yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut?

Jika ternyata Anda belum bisa menjawab beberapa pertanyaan tersebut, kemungkinan Anda belum memahami masalahnya. Jika Anda terus membangun tanpa memahami masalah yang terjadi, kemungkinan Anda baru akan menyadari ada beberapa informasi yang hilang ketika bekerja.

Ketika Anda sedang bekerja kemudian harus melakukan riset kepada seseorang, itu merupakan hal yang cukup sulit. Hal ini kemungkinan akan mengganggu Anda selama bekerja sehingga pekerjaan menjadi tidak efisien. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi masalahnya sejak awal sebelum mulai melakukan pengembangan. Dengan begitu, Anda dapat memahami masalah tersebut dengan baik.

2. Rancang dan Desain Solusi Anda

Sebelum membuat kode, Anda harus membuat sebuah rencana yang matang. Rancanglah beberapa solusi untuk meminimalisir risiko yang mungkin dihadapi di depan sana. Pahami juga unsur penting website development yang bisa dijadikan sebagai pedoman Anda. 

Pertimbangkan juga beberapa pendekatan yang berbeda agar menghasilkan bisnis telah Anda identifikasi sebelumnya. Selain itu, pikirkan juga manfaat, risiko, dan mitigasi dari masing-masing pendekatan tersebut. 

Ketika Anda mencoba beberapa pendekatan yang berbeda, Anda bisa mencoba beberapa teknik berikut untuk dapat menemukan solusi yang tepat:

  • Brainstorming mandiri atau berkelompok
  • Dokumen desain
  • One pager
  • Whiteboarding exercise
  • Meninjau desain teknis

Perlu Anda sadari bahwa seiring bertambahnya usia perusahaan, kemungkinan isu yang akan dihadapi semakin kompleks. Biasanya, masalah sederhana hanya akan muncul di masa awal perusahaan. Selanjutnya, masalah yang muncul mulai lebih menantang sehingga Anda perlu lebih kreatif dalam menyelesaikannya. 

Mungkin Anda tidak dapat menemukan solusi paling tepat untuk masalah tersebut. Namun, dengan membuat banyak pendekatan, Anda dapat membandingkan solusi mana yang paling terbaik untuk masalah tersebut.

3. Bangun Solusi Terbaik Anda

Setelah memahami masalah dan mempertimbangkan pro kontra dari berbagai pendekatan untuk menyelesaikannya, kini Anda akan memiliki pemahaman yang cukup mendapat mengenai solusi terbaik untuk isu yang sedang terjadi.

Setelah Anda menggunakan pemecahan masalah kerangka kerja ini, proses building tidak akan menjadi hal yang sulit lagi. Pasalnya, Anda sudah memahami semua poin yang sudah direncanakan sebelumnya. Selanjutnya, tinggal menyelesaikan pembangunan tersebut.

Fungsi Framework dalam Website

Seperti yang sudah diketahui kerangka kerja sudah menyediakan komponen-komponen yang siap pakai, sehingga dapat membantu pengembang website dalam membangun website menjadi lebih cepat, mudah, dan terstruktur. Berikut beberapa fungsi kerangka kerja dalam sebuah website:

1. Keamanan Website

Keamanan website adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh web developer. Beberapa kerangka kerja dapat membantu meningkatkan keamanan website karena sudah dilengkapi fitur-fitur keamanan yang canggih.

Salah satu fitur keamanan yang penting adalah autentikasi dan otorisasi. Fitur ini digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna dan menentukan tingkat akses mereka ke website. Dengan menggunakan fitur ini, web developer dapat mencegah pengguna tidak sah untuk mengakses website.

Fitur keamanan lainnya yang tidak kalah penting adalah enkripsi. Fitur ini digunakan untuk melindungi data pengguna dari penyadapan. Dengan menggunakan fitur ini, web developer dapat memastikan bahwa data pengguna aman dari pengintipan.

Fitur keamanan lainnya yang penting adalah validasi input. Fitur ini digunakan untuk memeriksa data yang dimasukkan pengguna agar tidak mengandung kode berbahaya. Dengan menggunakan fitur ini, web developer dapat mencegah pengguna untuk memasukkan kode berbahaya ke website. 

2. Memiliki URL Mapping

URL mapping adalah proses menghubungkan URL dengan file atau kode tertentu di website. URL mapping penting untuk membuat website yang mudah dinavigasi oleh pengguna. Jika Anda tak mau repot, Anda bisa mempersingkat URL agar lebih efektif. 

Kerangka kerja biasanya menyediakan komponen URL mapping yang dapat memudahkan web developer untuk membuat URL yang mudah diingat dan dipahami oleh pengguna. Dengan menggunakan komponen URL mapping, web developer tidak perlu menulis kode URL mapping dari awal.

3. Efisiensi dalam Pengembangan

Framework dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam pengembangan website dengan menyediakan komponen-komponen yang siap pakai. Komponen-komponen tersebut dapat menghemat waktu dan tenaga developer dalam mengembangkan website.

Misalnya, kerangka kerja dapat menyediakan komponen-komponen untuk mengelola database, otentikasi, otorisasi, dan lainnya. Komponen-komponen tersebut dapat digunakan oleh pengembang website tanpa perlu mengembangkannya sendiri.

Dengan menggunakan kerangka kerja, pengembang website dapat fokus pada pengembangan fitur-fitur yang unik dan membedakan website mereka dari website lainnya. Jika Anda tertarik membangun website sendiri, Anda bisa memahami estimasi biaya pembuatan website untuk kebutuhan pribadi. 

Framework untuk Web Arsitektur

Sebagian besar kerangka web biasanya akan bergantung pada arsitektur MVC (Model-View-Controller). Hal ini karena desain rasionalnya yang mampu memisahkan logika aplikasi dari antarmuka hingga membentuk tiga bagian penting yang kemudian dipresentasikan dalam nama arsitektur MVC. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Model 

Model merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk menyimpan data dan logika bisnis. Data yang disimpan dalam model dapat berupa data yang berasal dari pengguna, sistem lain, atau sumber data lainnya. Logika bisnis yang terdapat dalam model digunakan untuk memproses data dan menghasilkan output yang dibutuhkan.

2. View

View merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk menampilkan data ke pengguna. Hal ini dapat berupa halaman web, grafik, bagan, dan sebagainya. Model framework ini menerima input dari pengguna dan menampilkan output yang dihasilkan oleh model.

3. Controller

Komponen yang bertanggung jawab untuk menerima input dari pengguna dan mengkoordinasikan interaksi antara model dan view. 

Model ini menerima input dari pengguna, kemudian meneruskan input tersebut ke model untuk diproses. Selanjutnya controller juga menerima output dari model, kemudian meneruskan output tersebut ke view untuk ditampilkan.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi masalah yang biasa terjadi pada framework. Dengan menyimak informasi di atas hingga selesai, Anda bisa mengetahui cara paling efektif untuk mencari solusi dari isu yang sedang terjadi di kerangka kerja.

Bila Anda tidak mampu mengatasinya sendiri, cobalah hubungi layanan website dari Dreambox. Ini merupakan jasa website yang dapat membantu pembangunan website Anda. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan website yang Anda melalui Kontak kami

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms