Cloud Hosting: Perbedaan dengan Web Hosting & Keunggulannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cound-hosting-dreambox

Sudahkan Anda memahami apa itu Cloud Hosting?

Ketika berencana membuat website, salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah web hosting. Tiga jenis hosting yang umum digunakan yaitu ada, shared hosting, cloud hosting (cluster server hosting), dan VPS hosting.  Masing-masing memiliki keunggulan dan tingkat performa yang berbeda. 

Web hosting sendiri berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data agar website bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun, menggunakan web browser. Supaya bisa membangun website dengan performa yang bagus dan nyaman untuk setiap pengunjung, Anda perlu menggunakan web hosting yang tepat. 

Bagi pemilik bisnis yang menginginkan website dengan waktu loading yang cepat dan terhindar dari kondisi server down, bisa mempertimbangkan cluster server hosting. 

Apa Sebenarnya Cloud Hosting?

Jenis hosting yang juga disebut dengan nama cluster server hosting ini, merupakan salah satu tipe web hosting, yang menggunakan beberapa server untuk satu website. Tujuannya agar dapat menyeimbangkan beban (load), membuat performa web lebih cepat, serta memaksimalkan uptime. 

Tipe hosting ini berbeda dengan hosting tradisional yang hanya menggunakan satu server fisik. Ketika server down, website tidak bisa diakses. Sedangkan pada tipe cloud, website menggunakan sejumlah server virtual. Atau disebut juga cloud server yang tergabung dalam sebuah cluster. 

Semakin banyak cloud server tergabung ke dalam sebuah cluster, semakin besar juga sumber daya yang tersedia. Sehingga ketika salah satu server virtual down atau sedang dalam perbaikan, server virtual yang lain akan melakukan back up. Memastikan website dapat terus diakses tanpa terganggu.

Perbedaan Cloud Hosting dengan Web Hosting Lainnya

Saat berencana membangun website wajar bila Anda melakukan komparasi dulu di antara setiap jenis web hosting. Sehingga Anda bisa menemukan jenis hosting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

Supaya Anda bisa mendapatkan gambaran lebih jelas, berikut ini perbedaan antara hosting menggunakan cloud server dengan jenis web hosting lainnya :

1. Cluster Server Hosting vs Shared Hosting

Bila dilihat dari performa, jelas cluster server hosting lebih unggul dari shared hosting. Hal itu karena hosting dengan cloud server dapat menjaga kecepatan loading serta menjaga web tetap stabil saat traffic sedang tinggi. 

Sedangkan shared hosting yang merupakan jenis hosting tradisional hanya mengandalkan satu server saja. Lebih tepatnya satu server digunakan untuk meng-hosting sejumlah website, sehingga setiap web harus berbagi resource.

Keterbatasan resource ini yang membuat website dengan shared hosting memiliki kemampuan terbatas dalam menerima traffic. Misalnya hanya mampu menerima pengunjung di  kisaran 10 -100.000 setiap bulan. 

Dari segi harga shared hosting memang lebih terjangkau. Tapi tidak dapat diandalkan untuk jenis website yang cenderung memiliki traffic tinggi. Jenis web hosting ini lebih cocok dipakai untuk website pribadi atau bisnis skala kecil.  

2. Cloud Hosting vs VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) hosting, adalah jenis web hosting yang juga memiliki sistem kerja seperti shared hosting. Yaitu satu server dipakai bersama oleh sejumlah user. Namun VPS memanfaatkan teknologi virtualisasi seperti tipe hosting menggunakan cloud server untuk membuat partisi. 

Karena adanya partisi server, setiap user akan memperoleh resource untuk website mereka sendiri. Sehingga tidak berbagi resource seperti yang ada di shared hosting. Seringkali user yang ingin meng-upgrade website hosting mereka, memilih beralih ke VPS dari sebelumnya menggunakan shared hosting. 

VPS hosting cocok digunakan bagi pengguna yang menginginkan kebebasan mengelola website mereka. Kebutuhan seperti menginstal OS ataupun software khusus dapat terakomodir melalui jenis hosting ini. Soal performa, jelas VPS akan membuat website memiliki performa tinggi. 

Namun VPS hosting cenderung lebih rumit dan teknis. Jadi, bagi Anda yang membutuhkan web hosting dengan performa tinggi, namun pengelolaannya lebih mudah, cluster server hosting adalah pilihan terbaik.  

Kelebihan Cloud Hosting

Setelah mengetahui perbedaan di antara setiap jenis web hosting, Anda sudah bisa mengenali karakteristik dari tipe hosting dengan cloud server. Hosting menggunakan cloud server memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya yaitu: 

1. Dapat Diandalkan

Cluster server hosting sangat bisa diandalkan. Tipe web hosting yang satu ini akan menjaga website Anda tetap online selama 24 jam. Sehingga pengunjung bisa mengakses kapanpun mereka mau. 

Anda akan terhindar dari drama website yang down disebabkan server web yang juga sedang down. Skema cluster akan menjaga performa website. Karena ketika ada satu server yang terkendala, server-server yang lain akan mengambil alih tugas. 

2. Waktu Loading Lebih Cepat

Anda pasti pernah masuk ke sebuah website yang terus-menerus loading. Hal tersebut pasti membuat Anda tidak nyaman dan akhirnya memutuskan untuk keluar dari website itu. Hosting dengan cloud server akan mencegah hal tersebut terjadi pada website Anda. 

Cluster server hosting memiliki teknologi load balancing yaitu kemampuan menyeimbangkan muatan. Di mana beban resource akan dibagi ke beberapa server berbeda. Sehingga website memiliki waktu loading yang cepat 

3. Tetap Stabil Saat Traffic Tinggi

Traffic website juga berkaitan dengan beban server. Ketika beban didistribusikan ke seluruh server, website akan memiliki kecepatan yang tetap stabil, sekalipun jumlah pengunjung situs sedang tinggi.   

Traffic yang tinggi tidak mempengaruhi performa website untuk menyajikan semua data dan informasi. 

4. Skalabilitas Lebih Fleksibel

Ketika webmaster membutuhkan resource lebih untuk mengembangkan website, mereka tinggal menggunakan tambahan resource yang tersedia secara virtual. 

Jadi webmaster tidak akan dibuat pusing lagi dengan terbatasnya bandwidth, kemampuan penyimpanan, dan daya komputasi dari server tunggal 

Jenis Website yang Kompatibel dengan Cloud Hosting

Cluster server hosting dapat menjadi pilihan web hosting yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan website dengan performa tinggi, tapi pengelolaanya tetap mudah, Anda dapat memilih cluster server hosting. 

Hosting dengan cloud server cocok untuk pembuatan website yang profesional. Seperti company profile, portofolio perusahaan, dan website lembaga atau instansi pemerintah. Layanan ini juga bisa digunakan untuk membangun toko online.

Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan hosting dengan cloud server, jika website Anda membutuhkan:

  1. Kecepatan dan performa yang tinggi
  2. Waktu loading yang cepat
  3. Kemampuan untuk tetap online, non stop selama 24 jam
  4. Kemampuan untuk tetap stabil saat traffic website tinggi
  5. Kecepatan loading karena harus memuat konten visual berupa, gambar, grafis, dan video
  6. Tambahan resource berkualitas untuk mengembangkan website.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu cluster server hosting, keunggulan, dan perbedaanya dengan jenis web hosting yang lain. Tertarik untuk membuat website dengan cloud server? Anda bisa mendapatkan layananan cloud hosting terbaik dari Dreambox. 

Dreambox menyediakan layanan jasa website development dan design, bagi Anda yang membutuhkan jasa profesional. Bersama Dreambox,  Anda dapat membangun website profesional yang memiliki performa tinggi, mudah dikelola, dan user friendly. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!  

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms