...

7 Kesalahan yang Mampu Mengoyak Web Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa website desain

Hati-hati dalam Menggunakan Website untuk Bisnis Anda, Supaya Tidak Rusak

Saat ini, keberadaan website telah memainkan aspek penting bagi banyak pihak. Dalam dunia bisnis, adanya website juga dapat memberikan berbagai keuntungan. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan jasa website desain untuk mendukung perkembangan bisnis.

Berbagai aspek di dalam website perlu diperhatikan dengan baik jika ingin tujuan bisnis tercapai. Sayangnya, masih ada berbagai kesalahan umum yang dilakukan banyak pebisnis.

Alasan Mengapa Desain Website Penting untuk Bisnis

Seperti yangs sudah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan dari website.

Desain menjadi bagian penting yang tidak dapat lepas dari sebuah website, termasuk untuk website bisnis yang memiliki tujuan menarik pelanggan atau konsumen. Maka dari itu, berbagai desainnya pun perlu diperhatikan, karena itulah hal yang akan dilihat oleh pengunjung.

Sebenarnya, mengapa desain website menjadi hal yang sangat penting? Berikut adalah berbagai alasan yang sebaiknya dipahami, supaya lebih memperhatikan berbagai aspek desain pada website bisnis Anda.

1. Menciptakan Kesan Pertama yang Bagus

Desain merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung, sehingga desain menarik dapat memberikan kesan yang bagus untuk bisnis Anda.

2. Membuat Pengunjung Betah dan Nyaman

Desain yang menarik, pengunjung dapat menjadi betah dan nyaman. Sebaliknya, jika desainnya membuat sakit mata, pusing, dan membosankan, maka pengunjung cenderung akan malas.

3. Meningkatkan Pembelian

Website bisnis umumnya bertujuan untuk meningkatkan pembelian. Dengan desain yang bagus, maka pengunjung akan lebih muda tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.

4. Komunikasi akan Lebih Efektif

Desain yang bagus, tentunya perlu memperhatikan berbagai aspek kenyamanan bagi pengunjungnya, misalnya tentang tata letak dan navigasi pencarian. Jika telah dirancang dengan baik, maka komunikasi yang efektif pun dapat terjalin. Dalam hal ini, jasa website desain dapat membantu Anda untuk membuat desain terbaik.

5. Membuat Citra Perusahaan Semakin Baik

Selanjutnya, desain website juga dapat memberi pengaruh terhadap citra perusahaan. Maka dari itu, penting untuk membuat desain yang menarik supaya citranya pun baik.

Kesalahan yang Bisa Merusak Website Bisnis

Ketika membuat atau mengelola website, tentunya ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan, terlebih tentang desainnya. Begitu pula dengan website bisnis yang cenderung memiliki tujuan utama untuk meningkatkan penjualan dan membuat citra baik bagi perusahaan.

Namun, hingga saat ini, masih banyak website bisnis yang kurang memperhatikannya dan membuat berbagai kesalahan. Inilah berbagai kesalahan umum yang dapat merusak website bisnis, pahami dan pastikan Anda tidak melakukan hal-hal ini.

1. Tidak Ada Target Pasar yang Jelas

Secara umum, target pasar dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang menjadi sasaran utama untuk ditarik perhatiannya. Dalam dunia bisnis, target pasar dapat diartikan sebagai orang-orang yang diharapkan membeli produk atau menggunakan jasa mereka.

Kesalahan pertama yang masih terlihat dari berbagai website bisnis yaitu tidak memiliki target pasar yang jelas.  Padahal, hal ini sangat berpengaruh terhadap berbagai desain dan pengelolaan website.

Jika mengetahui target pasar dari bisnis atau produk yang ditawarkan, maka berbagai aspek website dapat disesuaikan. Misalnya, desain website akan menyesuaikan dengan usia dari target pembeli.

Dalam hal ini, membuat desain yang menarik dan sesuai target pasar mungkin menjadi hal sulit bagi sebagian pebisnis, terlebih jika mereka tidak berpengalaman dalam pembuatan dan desain website. Maka dari itu, jasa website desain dapat menjadi solusi yang patut dipertimbangkan untuk mengembangkan bisnis.

2. Tata Letak Tidak Rapi

Kesalahan ketiga yaitu tentang tata letak dari sebuah website. Tata letak menjadi bagian atau elemen penting bagi pengunjung, karena sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan kemudahan ketika akan menjelajahi halaman website. Aspek tersebut juga sangat berpengaruh terhadap tampilan dari sebuah website.

Jika tidak dirancang dengan baik, maka pengunjung bisa saja merasa terganggu atau kesulitan. Banyak orang yang bisa saja langsung malas dan meninggalkan website tersebut, lalu berpindah ke website lain yang sejenis.

Maka dari itu, tata letak menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Inilah alasan pentingnya memiliki desain website yang tepat dan memudahkan pengunjung.

Tata letak website perlu dibuat menarik, namun tetap tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Anda dapat memanfaatkan jasa website desain dalam hal ini, jika merasa kesulitan untuk mengaturnya sendiri.

3. Kurang Responsif

Selanjutnya, website bisnis juga dapat menjadi tidak maksimal jika kurang responsif. Dalam hal ini, maksud dari responsif yaitu kemampuan website dalam menyesuaikan tata letaknya saat ditampilkan.

Tata letak website perlu disesuaikan dengan jenis perangkat yang dipakai, sehingga tetap mudah untuk dibaca dan dijelajahi. Misalnya, perlu disesuaikan dengan ukuran layar dari mobile, tablet, dan desktop.

4. Media Visual Tidak Proporsional

Penempatan berbagai elemen perlu diperhatikan ketika mendesain website, termasuk berbagai media visual yang disajikan. Kesalahan umum selanjutnya yang sebaiknya Anda hindari adalah meletakkan media visual dengan tidak proporsional, sehingga dapat mengganggu bagi calon konsumen.

5. Pemilihan Warna dan Tipografi Kurang Tepat

Kesalahan berikutnya yang juga dapat berdampak buruk bagi website yaitu jika kurang tepat dalam memilih tipografi dalam desainnya. Kedua hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung.

Jika jenis huruf yang dipilih terasa sulit untuk dibaca, maka pengunjung bisa saja malas atau bosan. Selanjutnya warna juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pembaca. Misalnya, warna yang terlalu mencolok bisa saja membuat sebagian pengunjung merasa sakit mata.

Maka dari itu, kedua aspek ini perlu diperhatikan dengan baik, namun tetap jangan lupa untuk menonjolkan karakter dari bisnis, brand, atau merek Anda. Jika perlu bantuan terkait hal ini, Anda dapat memilih jasa website desain.

6. Menu Navigasi Terlalu Rumit

Pada berbagai jenis website, mungkin saja Anda menemui berbagai tampilan menu yang rumit atau terlalu sulit untuk dipahami. Hal tersebut juga dapat menjadi kesalahan dalam desain website bisnis, karena cenderung akan menyulitkan bagi calon pelanggan atau pembeli.

7. SEO Website Kurang Diperhatikan

Kesalahan terakhir yang akan dibahas kali ini yaitu kurangnya memperhatikan SEO website. SEO atau Search Engine Optimization yang baik, dapat membuat website menempati peringkat tinggi di mesin pencarian.

Jika website Anda berada di posisi atas dan mudah terlihat, maka pengunjung pun dapat meningkat. Pengelola website bisnis yang tidak memperhatikan hal ini, dapat menyebabkan kerugian terhadap bisnisnya.

Alasan Mengapa Jasa Website Desain Penting bagi Bisnis

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan apa saja alasan pentingnya desain bagi website bisnis. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain memang memainkan peran penting yang tidak boleh diabaikan bagi pemilik website.

Dengan desain yang baik, maka Anda dapat menarik lebih banyak calon konsumen. Berbagai aspek perlu diperhatikan dalam membuat desain yang menarik, proporsional, dan mudah untuk dijelajahi.

Namun, tidak semua pebisnis memiliki kemampuan untuk mendesain website yang memadai untuk bisnis mereka. Maka dari itu, jasa website desain dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda dan bisnis yang sedang dikembangkan.

Dengan menggunakan jasa tersebut, ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh, misalnya dapat memberikan kesan bagus terhadap pengunjung, menarik banyak pengunjung setia, memiliki cara komunikasi yang bagus, menyenangkan pelanggan, dan membuat website bertahan lama.

Anda dapat melihat kembali desain website bisnis Anda, apakah masih ada kesalahan? Jika iya, maka jasa website desain perlu dipertimbangkan. Layanan website dari Dreambox dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Konsultasikan lebih lanjut bersama tim terbaik Dreambox, hubungi kami segera!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms