...

4 Tips untuk Menciptakan Desain Website Keren

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
desain-website-dreambox

Desain website dapat menguatkan citra baik perusahaan

Teknologi dalam perkembangan bisnis merupakan hal penting, salah satu teknologi yang wajib dimiliki adalah desain website user friendly sehingga konsumen merasa dekat dan dapat mengakses berbagai informasi tentang bisnis Anda.

Banyak pebisnis yang merasa website tidak lagi penting, karena sudah adanya media social sehingga hanya membuat akun di platform social media saja. Padahal melalui website atau situs resmi berbagi informasi menjadi lebih mudah dan lengkap.

Bisnis juga menjadi lebih terpercaya karena pelanggan memiliki penghargaan lebih terhadap pebisnis yang punya situs resmi. Terutama jika Anda menyediakan sebuah situs profesional dan membuat nyaman pengunjung.

Bagi Anda yang masih ragu-ragu membuat website dan merasa bahwa hal ini merupakan investasi percuma. Simak alasan pentingnya punya website berikut ini serta bagaimana membuatnya apabila sudah memutuskan untuk membuatnya.

Baca Juga: Apa Itu Front dan Back End dalam Website Development?

Pentingnya Desain Website yang Profesional

 Saat ini media social memang merajai dunia promosi online. Melalui platform seperti Tiktok, Instagram, Facebook, juga Twitter, sangat mudah untuk mempromosikan produk maupun bisnis Anda.

Karena itu, banyak pelaku usaha yang merasa bahwa sebuah website untuk bisnis tidak diperlukan. Padahal agar bisnis terlihat profesional Anda membutuhkan sebuah situs resmi yang mewakili perusahaan atau brand.

Bukan hanya sebuah website biasa melainkan situs dengan rancangan desain terbaik, nyaman dan ramah bagi pengguna sehingga memperlihatkan kesan profesional. Berikut 6 alasan mengapa Anda perlu desain profesional:

1. Membuat Kesan Pertama Konsumen Luar Biasa

Bagi konsumen desain website yang dikunjungi pertama kali akan sangat penting. Sebab dari kesan pertama inilah akan muncul rasa suka atau tidak suka. Oleh sebab itu, diperlukan web yang langsung bisa menarik perhatian pengunjung.

Terutama pastikan desainnya memberikan kesan mendalam dengan citra positif sehingga pengunjung akan selalu ingat hal baik mengenai brand Anda.

Pastikan juga load halaman tidak lama, karena pengunjung tidak akan senang dan urung membuka web Anda. Artinya, harus membuat desain menarik, tapi tidak membuat halaman web berat saat dibuka, di sini peran desainer sangat dibutuhkan.

2. Komunikasi Menjadi Lebih Efektif

Fungsi dari pembuatan sebuah situs adalah untuk memberikan informasi pada pengunjung mengenai bisnis Anda. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengatur desain website yang dapat memberikan informasi dengan mudah.

Perusahaan jasa pembuatan web sangat memahami hal ini sehingga pengaturan tata letak, konten, pilihan warna, serta peletakan iklan dapat diatur dengan baik. Dengan demikian, pengunjung tidak akan beralih dan meninggalkan situs Anda.

Baca Juga: Ketahui Komponen pada Website yang Perlu Anda Perhatikan

3. Menjaga Loyalitas Pengunjung

Sebuah situs yang dirancang asal-asalan biasanya tidak akan enak dipandang mata sehingga membuat pengunjung ingin segera pergi. Berbeda dengan yang dirancang dengan baik dan profesional akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Bahkan tidak jarang ada pengunjung yang datang berkali-kali sebab merasa nyaman dengan tampilan serta informasi di laman web Anda.

4. Menghadirkan Citra yang Baik

Desain website profesional juga akan menunjukkan citra yang baik sebab memperlihatkan bahwa Anda tidak asal-asalan dalam menjalankan bisnis. Selain itu, menampilkan bahwa bisnis Anda menggunakan teknologi modern.

Apalagi jika sudah memiliki logo, maka akan membuat citra perusahaan maupun brand Anda semakin bagus di mata konsumen.

5. Membuat Pelanggan Senang

Alasan lain mengapa harus mendesain web dengan profesional adalah menyenangkan pelanggan. Terutama apabila web Anda mudah ditemukan karena disukai mesin pencari sehingga tidak menyulitkan pengunjung mendatanginya.

Karena mudah ditemukan, nyaman dilihat, dan memberikan informasi bermanfaat, maka pelanggan akan senang sehingga semakin aware dengan brand Anda.

6. Awet dan Tahan Lama

Desain sebuah website profesional meskipun membuat Anda harus mengeluarkan uang cukup besar untuk pembuatannya, tapi awet dan tahan lama. Juga mudah dirawat sehingga pengeluaran untuk membayar desainer web tidak akan sia-sia.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis Online?

Panduan Desain Website

Dalam membuat sebuah web bisnis tentu tidak boleh sembarangan. Diperlukan keahlian khusus melakukannya, makanya banyak pebisnis menyerahkannya pada pihak penyedia jasa profesional.

Namun, tidak ada salahnya untuk tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalan pembuatan web profesional untuk bisnis. Silakan simak 5 panduan berikut ini:

1. Minimalis dan Rapi

Mengapa harus minimalis dan rapi? Alasannya simpel saja, sebab desain minimalis tidak akan membutuhkan waktu load yang panjang sehingga dalam waktu 30 detik sudah tampil keseluruhan halamannya.

Desain website minimalis juga lebih nyaman dilihat, apalagi jika ditata dengan rapi akan membuat pengunjung betah berlama-lama mencari informasi di situs bisnis Anda.

Apalagi jika di dalamnya terdapat banyak informasi yang informatif dan dibutuhkan pengunjung. Buatlah template sederhana saja untuk web bisnis, tapi memperhatikan tata letak sehingga bisa terlihat rapi dan nyaman di mata pengunjung.

2. Mempertimbangkan Kenyamanan Pengunjung

Kenyamanan pengunjung merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, ketika membuat desain posisikan diri bukan sebagai pemilik, tapi pengunjung yang datang. Dengan begitu, Anda dapat membuat sebuah situs yang ramah pengunjung.

Kebanyakan pengguna internet paling tidak suka menunggu dan ingin serba instan. Jadi, semakin cepat load halaman website akan makin baik sehingga desain website minimalis lebih tepat untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Karena pengguna utama dari sebuah website adalah pengunjung, apabila merasa tidak nyaman, maka bisa dengan mudah berpindah ke web lain yang dianggap memberikan lebih banyak kenyamanan.

Selain itu, pastikan Anda juga membuat navigasi web yang mudah bagi pengunjung. Bisa dengan menempatkan menu-menu tersusun rapi di bagian atas, lalu menambahkan juga menu tambahan di sisi kanan atau kiri.

Hindari menempatkan menu di bagian bawah karena di luar kebiasaan dan akan membuat bingung pengunjung. Anda juga dapat menempatkan maping atau navigator di tiap postingan sehingga makin memudahkan pengunjung.

Desain website seperti ini sangat user friendly sehingga disukai pengunjung, terutama mereka yang tidak terbiasa mengunjungi website sebelumnya.

3. Memerhatikan UI UX

UI atau User Interface merupakan tampilan visual dari suatu sistem yang membuat pengguna dapat berinteraksi atau berhubungan dengan produk. Apabila tampilan web Anda bagus dan mudah digunakan, maka akan berefek positif pada UX.

UX merupakan User Experience yang sangat terpengaruh dengan tampilan dari sebuah web. Semakin baik tampilannya, mudah diakses, mudah dipahami, maka pengalaman pengguna juga akan semakin baik.

4. Pastikan Update Mudah Dilakukan

Selain itu, dalam desain website juga perlu diperhatikan tentang update. Mengapa harus diupdate? Karena Anda harus mengikuti perkembangan, melakukan perbaikan, serta pemeliharaan.

Website yang dibuat perlu diperbaiki apabila ada kekurangan. Pada saat-saat tertentu juga perlu dilakukan pemeliharaan. Semua kegiatan ini akan mudah dilaksanakan, apabila sejak awal telah dipersiapkan.

Jadi, pastikan web yang Anda bangun bukan hanya bisa digunakan, tapi juga dapat diperbaiki, ditingkatkan, dan diupdate. Tentu saja, kegiatan update ini harus mudah dilakukan sehingga tidak memakan banyak waktu pengerjaan.

Baca Juga: 6 Hal yang Anda Perhatikan dalam Memilih Alamat Website

Dapat disimpulkan bahwa semua bisnis apabila ingin berkembang saat ini dan kedepannya, harus memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah website sebagai pendukung perusahaan atau brand dalam upaya lebih dekat dengan konsumen.

Melakukan desain situs tentu tidak bisa sembarangan, harus sesuai bisnisnya dan terutama memberikan kenyamanan pada pengunjung. Untuk mendapatkan desain website, paling benar apabila Anda menggunakan jasa perusahaan pembuat website.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia design website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms