Ketahui Komponen pada Website yang Perlu Anda Perhatikan

Website

Komponen website menjadi poin paling penting yang harus diperhatikan.

Dengan begini, akan memudahkan pelanggan Anda memanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Tanpa pendukung tersebut, biasanya ada beberapa fitur yang sulit digunakan. Kondisi tersebut tidak baik untuk perusahaan, karena bisa dinilai kurang profesional sehingga menurunkan penilaian di mata konsumen lain.

Efek terburuknya mereka pergi ke kompetitor lain, hanya karena fungsi serta fasilitasnya dapat digunakan dengan mudah. Walau dari segi bahan masih kalah, namun kemudahan nomor satu asalkan tidak terlalu parah.

Baca Juga: Apa Itu Front dan Back End dalam Website Development?

Komponen Website yang Penting Diketahui

Untuk mengurangi kekalahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, Anda harus memahami dulu bagaimana pendukungnya. Setidaknya, ada 5 poin utama yang perlu diketahui oleh para pengusaha.

Poin pertama adalah hosting, elemen ini sangat penting demi mendukung hadirnya CMS, artikel, gambar, serta masih banyak lagi sesuai kebutuhannya. Selain itu fungsi utamanya agar web dapat terkoneksi dengan internet.

Cara mendapatkannya sebenarnya mudah, bisa melakukan sewa. Apalagi, sekarang jasa seperti ini sudah cukup banyak bertebaran di internet, hanya saja jangan asal pilih tetapi, perhatikan dulu bagaimana server hingga layanannya.

Jangan terpaku dengan harga murah saja, pastikan nilai dengan fasilitasnya sama. Perlu diketahui kualitas dari hosting ini mempengaruhi setidaknya 70% dari kesuksesan pembuatan website. Jadi, jangan dianggap remeh. Komponen website selanjutnya coba perhatikan penjelasannya di bawah ini:

1.  Domain

Selanjutnya adalah domain atau bisa disebut juga dengan rumah. Penamaannya juga harus diperhatikan, ketika sudah membelinya tidak dapat diubah kembali. Pilihannya cukup banyak tetapi harus disesuaikan kebutuhannya.

Misalnya, memakai .org atau .com kedua fungsi tersebut berbeda. Kalau Anda asal dalam menggunakannya bisa jadi, performa website menjadi kurang maksimal, perhatikan juga nama websitenya, agar lebih mudah.

2.  Programing

Proses pengembangannya sendiri harus dilakukan dengan komponen website yaitu programing atau Content Management System. Pilihannya beragam hanya saja, paling sering digunakan adalah WordPress atau Joomla dapat digunakan perorangan atau perusahaan.

Sebelum membuatnya perhatikan dulu bagaimana kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pemilihan CMS tersebut dapat juga dilakukan secara manual agar dalam pengembangannya sendiri lebih mudah salah satu contohnya adalah Tokopedia.

3.  Theme

Komponen website berikutnya adalah tema atau tampilan antarmukanya. Menurut data yang ada hampir semua perusahaan menggunakan theme jadi, Anda juga dapat melakukan kustomisasi, sehingga tampilannya bisa berbeda dengan lainnya.

Menariknya lagi, tema tersebut ada juga yang berbayar. Harus diakui bahwa tampilannya sendiri sangat mengesankan. Disarankan pemilihannya jangan terlalu rumit, sesuaikan saja dengan produk serta ciri khas dari perusahaan.

4.  Konten

Komponen website selanjutnya adalah konten, kondisi ini merupakan poin penting yang mempengaruhi setidaknya 60% kesuksesan pengembangan website. Biasanya isinya berupa artikel, gambar hingga video sesuaikan kebutuhannya dengan pelanggan.

Konten tersebut memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam menemukan website Anda. Bahkan, fungsinya sendiri lebih dari itu andai dikerjakan dengan baik, bukan tidak mungkin pengunjung serta pembeli meningkat.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Dipahami untuk UX UI Designer Pemula

Tips Membuat Website Lebih Menarik

Membuat situs menjadi lebih menarik memang penting, sebagai salah satu upaya agar menarik pelanggan agar menggunakan layanan Anda. Oleh karena itu, poin paling penting adalah perhatikan layout seperti apa.

Misalnya menambahkan spasi, teks diberi tambahan warna, sampai memberikan kombinasi dengan bullets. Perlu diperhatikan saat membuatnya jangan berlebihan, seperlunya saja karena terlalu over justru kurang menarik.

Perlu diketahui bahwa, membuat layout lebih menarik juga menjadi teknik pemasaran. Karena, kesan pertama akan terekam jelas di kepala. Jadi, saat pelanggan melihatnya dan merasa tertarik sampai nanti akan terus menggunakan.

1.  Penerapan SEO

Tips berikutnya supaya situs lebih menarik berhubungan dengan komponen website yaitu mengenai konten, khususnya artikel tentang bagaimana menerapkan SEO. Teknik penulisan tersebut memang bagus dan memberikan dampak luar biasa.

Mengapa harus SEO? Karena, cara hingga penerapannya memenuhi beberapa kaidah. Salah satunya adalah membuat berita menjadi lebih bagus dan mampu menarik pelanggan bukan hanya satu melainkan beberapa sekaligus.

2.  Navigasi Mudah Serta Gunakan Teknik Visual

Tips berikutnya adalah memberikan navigasi yang mudah bagi para konsumen. Misalnya, mau membaca artikel tinggal klik bagian ini, membeli produk kesini, sampai mengajukan komplain tekan tanda yang sudah ditentukan.

Agar lebih menarik tambahkan gambar juga, usahakan sesuai dengan pembahasan di dalam konten. Tidak perlu sama persis, melankan mirip atau masih menyentuh jadi semua orang hanya melihat foto sudah paham.

Apa isi serta arah pembahasannya, inilah alasan mengapa dalam memilih gambar harus sesuai. Kalau berbeda dan tidak sesuai harapan pelanggan, mereka bisa saja pergi karena Anda dianggap kurang profesional.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis Online?

Dampak Website Terhadap Bisnis Anda

Penggunaan situs semacam ini memang memberikan dampak luar biasa bagi para pengusaha. Dimana, mereka dapat memenangkan persaingan yang ketat. Walau sama-sama menjual material bangunan, namun Anda satu langkah lebih maju.

Kondisi tersebut tidak lepas dari kaidah penggunaan komponen website. Para pelanggan merasa nyaman, hanya dari rumah bisa membeli berbagai kebutuhan, seperti cat, semen, pasir, serta beberapa kebutuhan lainnya.

Bahkan, dari sini saja Anda juga dapat memanggil tukang untuk berbagai keperluan. Inilah dampak besar yang dapat dirasakan oleh para pengusaha, apakah cukup sampa disitu? Bukan, masih ada lagi seperti?

1.  Meningkatkan Kepercayaan

Kaidah komponen website bila dilakukan dengan baik mampu memberikan dampak lain seperti meningkatkan kepercayaan para pelanggan. Hal itu terjadi akibat semua yang dimasukkan ke dalam website jelas.

Mula dari harga, barang, alamat, deskripsi, dan lain sebagainya. Kesempatan untuk menipu sangat kecil, kalau memang terjadi pasti hanya beberapa oknum saja. Mereka dapat menuntut dengan mudah.

Bahkan, saat membeli hingga proses pengiriman pelanggan bisa memantaunya. Jika, sampai dengan selamat maka kepercayaan itu akan meningkat, kalau ada masalah tetapi Anda dapat menyelesaikannya, rasa percaya akan naik.

Mereka merasa bahwa perusahaan benar-benar bertanggung jawab. Hal ini termasuk bagian dari pelayanan, jadi kalau nanti pesan kembali tetapi, hasil buruk pelanggan tidak perlu takut lagi kalau ada kesalahan.

2.  Menghemat Biaya

Komponen website juga memberikan dampak lain seperti menghemat biaya terutama soal promosi. Bagi perusahaan kecil yang masih minim soal dana promo kondisi ini menjadi sangat penting.

Anda dapat menghematnya karena, proses pemasarannya langsung ditangani oleh google. Jadi, tinggal buat konten menarik lalu, pahami beberapa konsep SEO yang dibutuhkan biarkan mereka bekerja tanpa harus membayar.

Kalau ada, mungkin menyewa jasa penulisan saja, angka tidak terlalu tinggi. Setidaknya, untuk promosi dapat menghemat hingga 60% dari total anggaran keseluruhan. Hasilnya juga nyata walau butuh waktu.

3.  Bekerja Dengan Mudah

Komponen website memberikan kemudahan Anda dalam bekerja, karena tidak perlu dipantau secara penuh. Sudah otomatis 24 jam selama 7 hari, hanya saja Anda sendiri harus siap. Bila sewaktu-waktu mendapatkan chat.

Bisa berisi pesan untuk melakukan pembelian atau hanya sekedar bertanya. Semuanya tetap harus dijawab karena, menjadi salah satu bentuk pelayanan, jadi jangan sampai diremehkan begitu saja.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jasa Website Terbaik untuk Bisnis Anda

Harus diakui bahwa, perusahaan saat ini sudah berkembang pesat dan memanfaatkan internet sebagai upaya memenangkan persaingan. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda memahami dulu apa saja komponen website tersebut. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.