...

Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis Online?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
membuat-website-untuk-bisnis-dreambox

Cara membuat website untuk bisnis memang sangat penting.

Apalagi, zaman sekarang persaingan usaha begitu ketat, tanpa aplikasi rasanya sulit untuk berkembang.

Situs yang dibuat tersebut memberikan peluang bagi Anda melakukan berbagai macam manuver terutama soal marketing. Harus diakui penggunaannya begitu mudah, peluangnya sangat tinggi karena semua kalangan memakai internet.

Melalui website, para pengusaha bisa menonjolkan produk mereka lebih baik lagi. Tidak heran bila biaya yang dibutuhkan sangat terjangkau, selain itu jangkauannya luas dibandingkan memakai teknik manual.

Baca Juga: Apa Itu Front dan Back End dalam Website Development?

Tips Merancang Website Sendiri

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat website untuk bisnis, tidak ada salahnya untuk memahami dulu bagaimana tips merancangnya. Hal ini sebagai salah satu upaya agar pengunjung Anda melimpah.

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah template serta desainnya seperti apa. Kondisi itu menjadi elemen penting agar situs itu dapat diakses di seluruh perangkat. Jadi, bukan hanya personal computer saja.

Melainkan untuk smartphone atau tablet juga dapat digunakan. Ramahnya desain serta template membuat penilaian performa Anda bagus, hal ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu alat pemasaran.

Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa tips lagi yang bisa dijadikan inspirasi agar, teknik pemasaran hingga penjualan melalui website ini dapat berjalan dengan lancar. Berikut pembahasan lengkapnya!

1.  Menggunakan Praktik SEO

Tips selanjutnya adalah memakai teknik SEO dimana, hal ini sering dilakukan oleh pengguna website. Langkah terbaik yang harus dilakukan adalah membuat artikel agar peningkatan pengunjung dapat terasa.

Untuk langkah selanjutnya, dapat disesuaikan dengan bagaimana kebijakan perusahaan. Artinya, apakah dalam penulisan itu memakai paragraf persuasif berupa soft atau hard selling. Pilihan lainnya adalah hanya sebatas bacaan saja.

Tetapi, masih berhubungan dan tidak keluar dari tema terlalu jauh. Contohnya seperti ini, saat Anda menjual produk tentang kesehatan, maka seluruh artikel yang ditulis harus seputar pola hidup sehat.

Dengan begini, para pembaca dapat mengunjunginya serta melakukan berbagai macam tips yang disarankan. Walau mereka hanya membaca, namun bila intensitasnya tinggi pasti akan penasaran akan isi lainnya.

Bukan tidak mungkin, mereka membukanya hingga bertanya mengenai berbagai produk. Kalau sudah dalam tahap ini kesempatan mereka bisa membeli sekitar 50%, Semua tergantung bagaimana cara Anda memberikan penjelasan.

2.  Menghubungkan Media Sosial

Saran selanjutnya adalah menghubungkan dengan media sosial. Jadi, Anda bisa mengunggah sebuah artikel ke medsos, hanya saja buat informasi sepenggal, untuk mengaksesnya secara penuh bisa klik link.

Kondisi ini menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mendapatkan pangsa pasar. Karena, hampir semua orang memakainya, jadi kesempatan untuk klik sangat tinggi hanya saja, dalam caption harus tepat.

Berikan informasi singkat serta beberapa kata yang membuat pengunjung merasa tertarik ingin membacanya secara keseluruhan. Kalau Anda bisa seperti ini, bukan tidak mungkin trafik harian pasti tinggi.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Membuat Website Sendiri

Cara Membuat Website untuk Bisnis Online 

Poin utama yang harus dipahami dalam membuat situs ini adalah ide atau tema. Perlu diingat, pengguna menginginkannya yang mudah, sederhana, tetapi secara animasi menarik. Harus diakui konsep semacam itu sulit.

Tetapi, setidaknya ide yang dibuat itu sudah mencerminkan bagaimana perusahaan Anda serta penjualan produknya seperti apa. Setelah ide didapatkan cara membuat website untuk bisnis bisa dilakukan dengan cara berikut

1.  Registrasi Domain

Langkah berikutnya adalah melakukan registrasi domain terlebih dulu. Pada umumnya menggunakan .com atau .co.id. Hanya saja, sebelum memutuskan Anda lebih baik pelajari dulu perbedaan keduanya baik kelebihan hingga kekurangan.

Cara membuat website untuk bisnis dengan menentukan domain tersebut menjadi penting. Karena, akan mempengaruhi skalanya seperti apa, misalnya memakai .id maka hanya orang Indonesia saja yang dapat mengaksesnya,

2.  Memilih Platform Website

Setelah menemukan memakai domain apa, langkah selanjutnya adalah menentukan nama hosting. Perlu diingat dalam membuatnya harus mudah dihafal serta sesuai dengan usaha Anda, minimal mirip, agar konsumen tidak banyak berpikir.

Misalnya, usaha tersebut adalah travel tetapi nama hosting tersebut mengarah ke toko bangunan. Pasti pelanggan tidak jadi masuk bukan? Cara membuat website untuk bisnis selanjutnya adalah memilih platform website.

Ada banyak pilihannya, mereka juga punya fasilitas hingga fitur menarik. Tetapi, jangan sampai salah pilih, terkadang ada kelemahannya yang membuat performa web nantinya akan menurun bila dipaksakan.

3.  Melakukan Pengembangan

Cara membuat website untuk bisnis terakhir adalah melakukan pengembangan. Tahapan ini memang paling sulit, karena ada banyak teori serta kejadian. Bahkan, dari semuanya terkadang tidak terjadi pada Anda.

Maka, cobalah melakukan kreasi serta mempersiapkan produknya. Bagaimana cara mempromosikan web tersebut juga harus dipikirkan benar, sehingga dalam waktu singkat bisa menarik banyak pengunjung dengan biaya minim.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Dipahami untuk UX UI Designer Pemula

6 Situs Gratis untuk Memudahkan Pembuatan Website Anda

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat website untuk bisnis saatnya Anda mengetahui juga berbagai situs yang mampu memberikan situs secara gratis. Dimana, semuanya dapat memudahkan penggunanya dalam membuat web.

Harus diakui pilihannya cukup banyak, jangan sembarangan dalam menentukan sikap. Perhatikan dulu bagaimana kelebihan serta kelemahannya, sehingga situs di bawah ini dapat sesuai kebutuhan serta kebijakan perusahaan.

1.  WordPress

Hampir seluruh website yang ada menggunakan wordpress sebagai salah satu inspirasi terbaik dalam membuat website. Harus diakui namanya memang cukup populer terutama, pada situs besar seperti Walt Disney, BBC America.

Mereka mempunyai ratusan template yang bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan. Menariknya, baik pemula atau profesional menyukainya dan dijadikan sebagai salah satu rekomendasi terbaik karena, fasilitasnya sangat memanjakan.

2.  Weebly

Cara membuat website untuk bisnis bisa memakai situs weebly dimana, mereka sudah menyiapkan bahasa Indonesia sebagai salah satu pilihannya. Jadi, saat menggunakannya untuk pertama kali lebih mudah.

Selain itu, antarmuka yang dibuatnya juga cukup mudah dipahami. Cukup memindahkan beberapa elemen saja, sehingga dalam prosesnya lebih cepat. Cocok untuk semua bidang usaha, termasuk e-commerce.

3.  Zyro

Cara membuat website untuk bisnis berikutnya menggunakan Zyro, penggunanya cukup banyak kurang lebih sudah 2 juta. Mereka memiliki pengaturan konten yang lebih ramah dan mudah, selain itu jumlah template banyak.

Hal ini menjadi poin positif terhadap perusahaan pemula dalam berkreasi membuat website. Penggunaan friendly SEO tersedia unlimited storage, menariknya lagi sistem registrasinya tidak terlalu rumit atau butuh pemahaman tinggi.

4.  Wix

Wix menjadi salah satu perusahaan asal Israel yang diminati oleh para pengguna di seluruh Indonesia. Salah satu kelebihan yang membuat mereka tertarik adalah penggunaan efek animasi.

Menariknya lagi, Anda tidak harus mahir dasar program agar bisa menggunakannya. Produknya juga sudah bersahabat jika diakses melalui smartphone baik android atau iphone, dengan jumlah template kurang lebih 100 pilihan.

5.  Adobe XD

Cara membuat website untuk bisnis selanjutnya dapat menggunakan Adobe XD. Alasan terbaik mengapa menggunakannya adalah fiturnya yang banyak dan melimpah, semuanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh dari fitur yang bisa didapatkan adalah prototyping tools. Peralatan tersebut membuat para desainer dengan mudah dalam membuat alur kerja secara rapi, sehingga tidak mengganggu alur kerja satu dan lainnya.

6.  InVision Studio

Rekomendasi terakhir adalah InVision Studio mempunyai berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah menggunakan satu jenis prototype untuk semua jenis perangkat, sehingga dalam pembuatan website tidak membutuhkan waktu cukup lama.

Baca Juga: Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Bisnis Anda

Harus diakui saat ini situs menjadi salah satu langkah terbaik dalam menjalankan bisnis, bahkan semua bidang bisa memakainya. Maka, tidak ada salahnya mempelajari bagaimana cara membuat website untuk bisnis. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms