...

Mengenal Load Balancer, Manfaat, hingga Tips Memilihnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Load balancer

 Load Balancer: Solusi untuk Menjaga Kelancaran Trafik Website

Dalam melakukan pengelolaan website, berbagai hal memang perlu diperhatikan dan dilakukan dengan baik, termasuk untuk menjaga kelancaran serta pemerataan trafik website. Maka dari itu, ada sebuah perangkat yang perlu Anda ketahui dengan baik supaya hal tersebut dapat dilakukan dengan maksimal, yaitu load balancer.

Namun, apakah Anda sudah tau tentang jenis perangkat penting yang satu ini? Jika belum, maka saat ini Anda berada dalam artikel yang tepat, mari pelajari selengkapnya! Sebelum mempelajari load balancer, Anda juga perlu mengetahui apa itu front dan back end dalam website development?

Mengenal Load Balancer

Sebelum mengenal lebih lanjut tentang manfaat, varian, fitur, dan tips memilih, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan perangkat ini.

Secara umum, ini adalah jenis perangkat yang dipakai untuk dapat melakukan distribusi lalu lintas atau traffic server pada website, sehingga dapat terdistribusikan secara merata untuk berbagai server yang digunakan.

Jadi, ketika ada permintaan untuk masuk dari klien atau pengguna website, maka perangkat ini akan mendistribusikannya ke dalam kluster tertentu, sehingga setiap server bisa memperoleh beban kerja yang imbang.

Adanya pendistribusian ini menjadi hal penting karena dapat mencegah terjadinya overload pada salah satu atau beberapa server, padahal server lainnya masih berada dalam kondisi yang baik atau aman.

Manfaat Load Balancer

Karena merupakan perangkat dengan peran penting dalam melakukan pengaturan lalu lintas website, maka ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari perangkat yang satu ini, antara lain sebagai berikut:

1. Membuat Kinerja Website Meningkat

Manfaat pertama dari perangkat ini yaitu untuk meningkatkan kinerja dari website, karena bisa dengan baik melakukan distribusi lalu lintas. Dengan begitu, website pun dapat lebih optimal untuk menangani pengunjung dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Keandalan Website juga Turut Meningkat

Kedua, perangkat ini juga dapat meningkatkan keandalan dari sebuah website, sehingga Anda dapat lebih tenang dalam melakukan pengelolaan.

Dengan adanya sistem distribusi lalu lintas yang tepat, maka berbagai hal dapat dilakukan dengan optimal. Sebaliknya, jika kinerja dari sebuah website terbilang kurang baik, maka ada berbagai kerugian besar yang mungkin saja didapatkan oleh pemilik dan pengelola website. Berdasarkan hal tersebut Anda harus memahami bagaimana Website Development dapat menjaga website Anda. 

3. Meminimalisir Terjadinya Downtime

Selanjutnya, manfaat penting dari perangkat ini adalah dapat meminimalisir terjadinya downtime. Bagi setiap pengelola dan pemilik website, terlebih yang lalu lintasnya cukup baik, maka downtime memang seringkali menjadi ketakutan yang perlu diwaspadai.

Namun, dengan adanya perangkat ini, maka downtime dapat dicegah dengan cara melakukan pendistribusian lalu lintas secara merata, sehingga pembagian tugas pun dapat dilakukan dengan baik.

Varian Load Balancer

Secara umum, ada tiga varian atau jenis dari perangkat ini, berikut merupakan penjelasan lebih lanjut tentang setiap jenisnya.

1. Dalam Bentuk Software

Pertama, ada varian yang berbentuk software atau perangkat lunak. Perangkat ini nantinya dapat diinstal pada berbagai server yang membutuhkannya. Dengan software, maka penggunaan perangkat ini pun akan menjadi lebih fleksibel serta mudah pula dalam melakukan pengaturannya.

Jika Anda ingin menyeimbangkan beban lalu lintas dengan cara yang fleksibel, maka varian pertama ini sangat cocok untuk dipilih.

2. Dalam Bentuk Hardware

Kedua, ada perangkat yang berbentuk hardware atau dalam bahasa Indonesia berarti perangkat keras. Perangkat varian ini biasanya diperlukan untuk berbagai website yang memiliki tingkat lalu lintas tinggi dan kinerjanya terbilang cukup berat, sehingga diperlukan pembagian beban yang tepat.

3. Dalam Bentuk Virtual

Selanjutnya, ada juga perangkat yang berbentuk virtual dan dapat digunakan secara optimal dengan sangat fleksibel. Perangkat ini pun dapat dengan mudah Anda kelola meskipun dari jarak jauh.

Basis yang dipakai adalah cloud, sehingga menjadi solusi yang cocok untuk website dengan berbagai penyimpangan yang terus berubah sesuai dengan perkembangan website tersebut.

Fitur-Fitur Load Balancer

Dalam menjalankan fungsinya, ada berbagai fitur yang telah didesain untuk menjalankan perannya masing-masing. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap dari beberapa fitur utama dalam perangkat ini.

1. SSL Offloading

Pertama Anda perlu mengetahui cara kerja SSL beserta fungsinya? Ada SSL Offloading yang merupakan sebuah proses untuk melakukan penghapusan berbagai beban enkripsi dari server terkait.

Jadi, nantinya jika pengguna menghubungkan perangkat dengan menggunakan HTTPS, maka server perlu melakukan deskripsi dan enkripsi data terlebih dahulu, sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap berbagai kinerja server. 

2. Session Persistence

Selanjutnya, ada fitur yang memungkinkan perangkat ini mengarahkan permintaan dari pengguna atau klien ke server yang sama, tentunya ketika masih berada dalam sesi pengguna. Maka dari itu, pengguna akan tetap berada dalam server yang sama jika masih berada dalam satu sesi.

3. Scalability

Selanjutnya, ada scalability atau kemampuan untuk menambah kapasita, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari website. Dengan adanya skalabilitas ini, maka Anda dapat melakukan perubahan jumlah server, baik menambahkan maupun mengurangi.

Tindakan ini pun tidak akan mengganggu berbagai kinerja website secara umum, sehingga semua tetap berjalan semestinya.

4. Health Checking

Terakhir, ada health checking  yang merupakan sebuah mekanisme untuk memeriksa berbagai hal terkait kesehatan server, sehingga server tersebut dapat dipastikan bahwa masih bisa bekerja dengan baik.

Lalu, jika ternyata ditemukan ada permasalahan, maka server sistem lalu lintas untuk server tersebut akan dihindari, sehingga kerusakan di dalamnya tidak bertambah parah.

Tips Memilih Load Balancer

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, maka mungkin saja Anda bertanya tentang bagaimana cara atau tips untuk memilih perangkat yang satu ini.

1. Ketahui Kebutuhan Kerja

Hal penting yang perlu dilakukan sebelum memilih perangkat yaitu mengetahui kebutuhan dari kinerja website, sehingga Anda pun dapat memperkirakan sebanyak apa lalu lintas yang muncul di sana.

2. Perhatikan Kemudahan dalam Melakukan Konfigurasi

Tips kedua yaitu penting bagi Anda untuk memperhatikan kemudahan ketika akan melakukan berbagai jenis konfigurasi yang diperlukan. Pertimbangkan pula jenis perangkat secanggih apa yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

3. Pertimbangkan Anggaran

Dalam memilih berbagai jenis perangkat, tentunya pertimbangan biaya tidak boleh dilupakan. Anda bisa mencari berbagai jenis perangkat dengan harganya masing-masing. Lalu, silakan pilih perangkat yang paling sesuai untuk kebutuhan website, namun tetap tidak mengabaikan jumlah anggaran yang dimiliki.

4. Perhatikan Ketersediaan Dukungan

Selanjutnya, penting juga untuk memperhatikan berbagai ketersediaan dukungan dari perangkat yang akan dipilih. Pastikan bahwa ada dukungan yang tepat jika nantinya Anda mengalami masalah dengan penggunaan dan pemeliharaan perangkat.

5. Pastikan Mudah Dikembangkan

Hal ini sangat berkaitan dengan aspek skalabilitas, Anda perlu memastikan bahwa perangkat yang dipilih adalah jenis yang mudah untuk dikembangkan.

Meski mungkin aspek ini masih diabaikan oleh beberapa pengelola website, namun hal ini sangat penting untuk kedepannya, khususnya ketika ada berbagai perkembangan dari website Anda.

6. Perhatikan Faktor Keamanannya

Tips terakhir, pastikan bahwa Anda memperhatikan faktor keamanan yang tersedia dalam perangkat tersebut, terutama untuk mengelola data penting.

Setelah membaca sampai sini, maka Anda tentunya telah lebih paham tentang perangkat penting yang satu ini. Mulai dari pengertian, manfaat, varian, fitur, dan tips memilihnya telah dipaparkan supaya Anda bisa memaksimalkan kegunaan dari perangkat ini.

Pada dasarnya, penggunaan load balancer memang perlu diperhatikan jika ingin melakukan distribusi lalu lintas website dengan rata ke berbagai server yang digunakan. Namun, jika Anda merasa kesulitan dan membutuhkan bantuan untuk mengelola website, maka layanan website dari Dreambox dapat menjadi solusi, silakan segera hubungi kami.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms