01 March 2021

Membangun sebuah brand ternama, tentu membutuhkan banyak persiapan yang matang.

Hal sederhana pun tidak boleh diremehkan, karena tetap akan membawa pengaruh besar, salah satunya yakni logo brand. Apalah arti brand tanpa logo? Lambat laun brand Anda bisa dilupakan jika tidak ada logonya. Pasalnya, logo ini merupakan icon yang akan diingat oleh pelanggan, apalagi jika logonya cukup menarik. Tapi bagaimana sih cara membuat logo yang eye catchy?

Baca Juga: Cara Membuat Branding Produk yang Menarik

Daftar Cara Membuat Logo Brand

Karena dituntut harus menarik dan baik, tentu saja Anda harus tahu bagaimana cara membuat logo untuk brand. Pastinya, Anda harus mempertimbangkan ini dan itu secara matang, agar logo yang dihasilkan dapat maksimal. Lantas, bagaimana cara membuat logo brand yang mudah diingat, menarik, dan juga baik? Berikut ulasannya:

1. Cari Referensi

Ketika hendak membuat logo untuk brand, hampir semua orang akan mengalami kebingungan. Bahkan yang sudah berpengalaman pun kadang menjadi sulit mendapatkan ide, padahal sudah terbiasa membuat logo. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencari beberapa referensi logo, guna membangun ide dan mengasah kreativitas Anda. Banyak yang berhasil dengan cara ini, karena memang dapat memberikan stimulus yang baik. Mencari referensi bukan berarti copy paste saja, ya, Anda hanya menggunakannya sebagai acuan untuk membuat logo saja. 

2. Pahami Visi dari Brand

Membuat logo untuk suatu brand tidak hanya langsung desain sana desain sini, karena hasilnya tidak akan  maksimal. Pahami terlebih dahulu visi dari brand atau bisnis Anda, agar lebih mudah menuangkannya dalam sebuah logo. 

Dengan cara ini, logo brand Anda nantinya akan menggambarkan brand itu sendiri, sehingga akan lebih mantap dan menarik. Intinya, buatlah logo sebagai identitas sebuah brand. 

3. Buatlah Sketsa Logo

Biasanya dalam membuat logo, satu desain saja tidak cukup, sehingga Anda harus memiliki alternatif lain. Jika sekiranya nanti satu desain tidak cocok, maka Anda bisa menggunakan alternatifnya. Bagaimana caranya?

Anda hanya perlu membuat beberapa sketsa logo, setelahnya Anda bisa memilih mana yang tepat dan cocok untuk dilakukan finishing. Bahkan dengan cara ini, kadangkala Anda akan mendapatkan logo terbaik dengan menggabungkan beberapa sketsa menjadi satu. 

4. Pilih Warna dengan Bijaksana Sesuai Filosofi

Dalam sebuah logo, terdiri dari gambar, tulisan (huruf dan angka), atau bahkan gabungan dari keduanya. Tak hanya itu saja, pasti Anda akan menuangkan warna, sehingga logo akan tampak lebih cantik dan menarik. 

Namun dalam pemilihan warna, Anda harus memilihnya dengan bijaksana. Pilihlah warna yang mengandung filosofi yang baik, dengan harapan filosofi tersebut akan tercapai dengan dibuatnya logo tersebut. Sesuatu yang bermakna, biasanya akan lebih mengena di hati pelanggan, bukan?

5. Sederhana

Anda harus tahu, bahwa logo tidak harus mencantumkan nama brand dalam bentuk tulisan. Gambar saja jika sudah mewakili brand Anda, maka tidak ada salahnya menggunakannya. Contohnya saja pada brand sebuah aplikasi bernama Twitter, yang mempunyai logo berupa gambar burung berwarna biru. Sederhana namun menggambarkan keseluruhan dari brand ini. Intinya, jangan membuat logo untuk brand yang terlalu rumit ataupun banyak detail ini dan itu. Cukup dengan desain sederhana tapi mengena saja, logo untuk brand Anda pasti sudah memuaskan.

Itulah 5 cara yang bisa Anda aplikasikan ketika hendak membuat logo brand milik sendiri. Ingat, karena logo dari sebuah brand merupakan wajah dari brand itu sendiri, maka tidak boleh sembarangan ketika membuatnya. Pastikan membuatnya dengan pertimbangan yang matang, hingga hasilnya memuaskan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips dan Cara Membuat Branding untuk Bisnis Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!