06 April 2021

 Kalimat tagline yang tepat dapat mendorong kegiatan branding agar lebih maksimal.

Bagi masyarakat awam, tagline bukanlah sebuah hal penting, namun akan menjadi sebaliknya di mata pelaku bisnis. Sebab, pembuatan tagline yang tepat sama artinya dengan memiliki tools marketing yang tepat dan efektif. Sehingga, tagline tersebut dapat dikatakan sebagai aset, dan setiap pelaku bisnis sepertinya wajib tahu bagaimana cara membuat tagline yang tepat dan mendukung kegiatan branding.

Baca Juga: 5 Contoh Tagline Personal Branding yang Bagus

Definisi Tagline

Cara pertama dalam pembuata tagline adalah memahami dulu definisi atau pengertian dari tagline itu sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, kalimat tagline yang terbilang pendek memiliki definisi sebagai kalimat singkat dan mudah diingat yang dibuat perusahaan untuk tujuan branding. Kalimat di dalam tagline umumnya mampu menjelaskan bisnis dengan sangat tepat.

Hal ini kemudian menjadikan tagline sebagai aset berharga, yang membantu menjadikan nama brand maupun nama perusahaan dikenal luas secara positif. Ketika branding berhasil dilakukan, maka perusahaan tidak perlu lagi keluar dana lebih untuk promosi, bahkan tanpa perlu melakukan promosi lagi. Namun, produk maupun jasa perusahaan akan selalu banjir peminat. Oleh sebab itu, belajar cara membuat tagline adalah hal penting.

Cara Membuat Tagline yang Tepat

Kalimat di dalam tagline berbagai brand besar memang pendek, sederhana, dan mudah diingat. Namun, untuk menciptakan kalimat pendek yang memenuhi kriteria ini tidak semudah mengucapkan tagline brand ternama. Pelaku bisnis perlu melakukan beberapa hal dan memakan waktu lama untuk bisa yakin bahwa tagline yang disusun memang tepat. Agar mampu membuat kalimat tagline yang tepat dapat mendorong kegiatan branding agar lebih maksimal. Maka Anda bisa mencoba beberapa cara membuat tagline berikut:

1. Sesuaikan dengan Target Pasar

Cara pertama untuk bisa membuat kalimat tagline yang tepat dan efektif adalah dengan menyesuaikan tagline dengan karakter target pasar atau konsumen. Sebab kalimat tagline ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan sesuai dengan selera target pasar. Oleh sebab itu, penting untuk mengenal dulu karakter target pasar yang dituju.

2. Mencari Keunggulan dan Manfaat Produk

Kalimat tagline yang baik adalah yang mampu menjelaskan produk atau jasa yang diusungnya. Jadi, kenali juga keunggulan dan manfaat produk maupun jasa yang disediakan. Lalu buat kalimat tagline yang memang sesuai dengan produk tersebut. Sehingga konsumen langsung tahu keunggulan dan manfaatnya yang kemudian menarik minat mereka uuntuk membeli dan menggunakannya.

3. Mendeskripsikan Misi Produk

Cara berikutnya adalah dengan melihat misi yang melatarbelakangi diciptakannya produk atau jasa tersebut. Sehingga tagline yang disusun mampu mendeskripsikan misi tersebut. Contohnya adalah tagline produk Rinso yakni “membersihkan paling bersih”, sebab Rinso memiliki misi menjadi detergen pembersih terbaik.

4. Mampu Memprovokasi Target Pasar

Tagline dengan nada provokasi yang mengajak maupun berupa kalimat tanya dapat dipertimbangkan karena cukup efektif. Misalnya brand Tolak Angin “Orang pintar minum Tolak Angin”. Sehingga orang yang mendengarnya akan terprovokasi untuk diakui sebagai orang pintar dan ada akhirnya membeli Tolak Angin.

Mengenal Kriteria Tagline yang Efektif

Agar Anda dapat memaksimalkan cara membuat tagline yang dijabarkan di atas, maka dapat mengenal juga kriteria tagline yang efektif seperti apa. Secara umum tagline sebaiknya memenuhi kriteria berikut:

  • Membuat kalimat tagline yang maknanya jelas, yakni mampu menyampaikan keunggulan dan misi produk tanpa resiko mebuat target pasar menebak-nebak maknanya karena akan mudah dilupakan.
  • Tagline sebaiknya dibuat spesifik, misalnya fokus ke manfaat atau keunggulan produk dan fokus juga ke target pasar yang spesifik.
  • Pastikan kalimat tagline mudah diingat, inilah alasan kenapa disarankan hanya memakai dua atau empat kata saja.
  • Selalu gunakan kata yang berkonotasi positif dan mampu memberi semangat positif juga.

Jadi, melalui penjelasan di atas, sudahkah Anda memahami bagaimana cara membuat tagline yang tepat dan efektif? Selamat mencoba ya.

Baca Juga: 
5 Rahasia Brand Terkenal Indonesia

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!