...

4 Kiat Membuat Branding Produk yang Memikat

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Branding produk merupakan pemakaian nama, istilah, simbol atau desain untuk memberikan identitas pada suatu produk.

Dengan adanya branding produk, sebuah merek mempunyai identitas berbeda dengan milik pesaing. Merek perusahaan tidak hanya meliputi nama, logo dan slogan. Sedangkan branding berguna mengkomunikasikan merek kepada masyarakat luas. Dalam kegiatan tersebut tercipta komunikasi positif antara perusahaan dengan konsumen. Komunikasi tersebut kemudian menciptakan kehendak konsumen untuk membeli bahkan berlangganan. Agar semua tujuan dapat tercapai, perlu diterapkan strategi tepat. Tanpa memakai strategi, tentu produk tidak dikenal oleh masyarakat dengan baik.

Baca Juga: Social Media Branding Ternyata Sangat Berguna, Berikut Penjelasannya

Mengenal Branding Produk dan Manfaatnya

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa branding memberikan identitas unik. Dalam strategi tersebut, setiap produk mempunyai identitas tersendiri yang tidak harus dilekatkan dengan identitas perusahaan. Setiap merek dapat berdiri sendiri tanpa perlu sokongan identitas perusahaan. Perusahaan yang mempunyai banyak brand dapat menilai kinerja masing-masing produk. Apabila salah satu produk mengalami kegagalan, perusahaan tidak akan turut mengalami kegagalan, jika mengalami kesuksesan tidak setiap konsumen mengetahui perusahaan induk dari brand yang mereka gunakan. Kekurangan dari kegiatan ini adalah pada penggunaan dana. Umumnya diperlukan dana cukup besar untuk melaksanakan strategi product branding.

Branding produk adalah strategi yang umum digunakan dan memiliki berbagai manfaat positif. Selain meningkatkan potensi keuntungan, branding produk juga memberikan dampak baik bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat yang diberikan:

1. Menarik Minat Beli Konsumen 

Salah satu contoh branding yang melekat adalah ketika membeli pompa air, langsung menyebut merek Sanyo. Perusahaan dapat meningkatkan peluang konsumen untuk menjadi pelanggan setia. Apabila suatu produk memberikan kepuasan terhadap konsumen. Besar kemungkinan mereka akan kembali membeli merek yang sama. Setelah mempunyai banyak sekali pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan harga produk. Hal ini karena telah ada basis pelanggan yang kuat. Selain itu, kualitas sudah diakui oleh pelanggan. 

2. Membedakan Produk dengan kompetitor

Saat ini, penting bagi sebuah produk memiliki identitasnya sendiri. Untuk itu, perusahaan perlu membuat produk yang dimilikinya tidak terlupakan (unik) jika dibandingkan dengan produk serupa .

Dengan menggunakan branding produk, produk dapat dikemas dengan cara yang berbeda agar terlihat unik, contohnya dengan memilih nama produk yang lebih eyecatching.

3. Membuka Peluang Ekspansi ke Segmen Lain

Untuk meningkatkan pendapatan, perusahaan dapat melakukan ekspansi ke jenis produk lain dengan memberikan identitas yang berbeda-beda. Misalnya, perusahaan yang biasanya memproduksi makanan ringan dapat menciptakan produk minuman susu atau buah-buahan.

Namun, untuk memastikan bahwa konsumen dapat mengenali segmen lain tersebut, perusahaan perlu mencantumkan logo yang sama pada produk-produk tersebut. Hal ini bertujuan agar konsumen produk utama tahu bahwa produk tersebut juga berasal dari perusahaan yang sama.

4. Menempatkan Produk pada Segmen Eksklusif

Selain melakukan ekspansi, branding produk juga dapat digunakan untuk memfokuskan pada satu jenis produk. Dalam persaingan di pasar yang banyak inovasi ini, branding produk dapat meningkatkan nilai suatu produk.

Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus melakukan riset pasar yang meliputi sifat produk, preferensi konsumen, dan target pasar. Dengan analisis yang tepat, desain produk dapat dibuat untuk memaksimalkan potensi konsumen yang akan didapatkan.

5. Membuat Brand Bersaing dengan Lebih Baik

Persaingan antar brand semakin ketat seiring berjalannya waktu. Untuk tetap relevan, perusahaan perlu meningkatkan brand mereka dibandingkan dengan brand lainnya.

Dengan branding produk, perusahaan secara tidak langsung menciptakan identitas produk yang kuat dan relevan pada saat itu. Dengan memiliki brand yang kuat, brand perusahaan lain akan sulit menandinginya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat branding produk. Branding produk adalah strategi penting yang perlu diterapkan dalam pemasaran produk. Strategi ini akan membantu meningkatkan pengenalan dan kesadaran konsumen terhadap brand dengan lebih mudah.

Strategi Membangun Branding Produk untuk Memikat Konsumen

Untuk bisa mengenalkan produk dengan tepat ke konsumen, diperlukan strategi yang tepat. Sehingga, konsumen dapat mengenal seluk beluk produk. Mulai dari identitas umum sampai keunggulan.

1. Kualitas

Strategi pertama yang bisa diterapkan adalah mengenai kualitas. Produk ternama yang telah dikenal oleh masyarakat luas umumnya mempunyai kualitas unggul. Sehingga pelanggan tidak mudah berpaling pada kompetitor. Apabila sebuah produk dari perusahaan baru hendak masuk ke pasaran, maka pastikan kualitasnya cukup baik. Apabila berkualitas buruk, konsumen tidak akan mudah tertarik apalagi membelinya.

2. Kemasan Menarik dan Unik

Strategi kedua adalah kemasan menarik dan unik. Tidak hanya kualitas yang menjadi acuan masyarakat untuk melakukan pembelian. Banyak dari konsumen yang memperhatikan kemasan. Kemasan yang dibuat secara profesional biasanya menjadi penanda bagi konsumen untuk menilai kualitas. Jika kemasan dibuat secara asal-asalan, sudah pasti masyarakat enggan meliriknya.

3. Membuat Iklan

Strategi ketiga adalah membuat iklan. Iklan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dari konvensional hingga digital. Produk dari perusahaan besar biasanya membuat iklan dalam berbagai cara karena tersedia banyak dana.

4. Mengikuti Pameran

Sedangkan perusahaan kecil bisa membuat iklan dengan biaya terjangkau melalui media online. Media online dapat menjangkau banyak konsumen tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Strategi keempat adalah mengikuti pameran. Pameran adalah sebuah kegiatan yang mengundang banyak orang untuk datang. Cukup menyesuaikan produk dengan jenis pameran yang sedang berlangsung. Agar banyak orang melirik produk, harus dibuat stand yang menarik.

Baca Juga: Selangkah Lebih Dekat dengan Digital Branding; Berikut 10 Manfaatnya

Kegiatan branding produk dapat diserahkan pada branding agency yang ada di tanah air. Melalui branding agency, sebuah perusahaan tidak perlu memikirkan strategi branding. Cukup menyerahkannya pada sang ahli. Kegiatan pengenalan produk bisa dilakukan dengan strategi yang tepat. Tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan terkait. Namun juga dapat memanfaatkan jasa branding agency untuk melakukan branding produk.

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms