5 Kriteria Memilih Design Agency yang Out of The Box

Branding Strategi

Design agency merupakan salah satu jasa yang kerap dibutuhkan dalam suatu bisnis.

Design agency tersebut mempunyai peran dalam membantu branding suatu perusahaan. Melalui agensi desain berkualitas, sebuah bisnis bisa berkembang pesat. Suatu bisnis yang sukses biasa diketahui melalui banyaknya orang yang memakai produk atau jasa bisnis terkait. Banyaknya orang yang mengenal nama produk atau jasa saja sudah membuktikan betapa suksesnya suatu bisnis. Kesuksesan bisnis tidak terjadi tanpa sebab. Suatu produk atau jasa banyak dipilih oleh masyarakat karena kualitas yang dimiliki. Selain itu, bisnis bisa sukses didukung dengan strategi branding dan pemasaran yang tepat sasaran.

Baca Juga: Social Media Branding Ternyata Sangat Berguna, Berikut Penjelasannya

Kriteria Penting dalam Memilih Design Agency

Untuk meningkatkan bisnis dengan cara yang tepat, biasanya diserahkan pada jasa agensi desain. Karena jasa tersebut lebih handal dalam menciptakan strategi branding dan marketing. Bisnis bisa lebih berkembang daripada sebelumnya. Namun, untuk memilih agensi desain tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan agar tepat memilih agensi terbaik. Selain mengenai kualitasnya, setiap agensi mempunyai perbedaan dalam segi style design.

1. Mempunyai Jam Operasional dan Lokasi Kantor yang Jelas

Jam operasional memberikan kemudahan dalam segala urusan berkenaan dengan klien dan project. Sebelum klien menyetujui kerja sama, klien memerlukan komunikasi yang intens dengan agensi desain. Komunikasi tersebut dilakukan dalam jam operasional. Selain memudahkan komunikasi, jam operasional juga memudahkan pelaksanaan suatu project. Baik agensi maupun klien dapat menentukan tenggat waktu berdasarkan jam operasional. Sehingga kedua belah pihak sama-sama memperoleh keuntungan. Kantor atau studio berguna sebagai tempat strategis untuk melakukan meeting dengan klien. Selain itu, klien juga bisa menilai kualitas agensi desain melalui kinerja mereka ketika di kantor atau studio.

2. Mempunyai Portofolio yang Rapi, Kreatif dan Menarik

Suatu design agency yang out of the box dapat dinilai melalui portofolio mereka. Portofolio dapat menggambarkan pola pemikiran dan style design mereka. Selain itu, kerapian portofolio juga menunjukkan cara mereka bekerja. Berbagai unsur dalam portofolio dapat menjadi kriteria dalam memilih agensi desain. Apabila portofolio mereka rapi, kreatif dan menarik sudah dapat dipastikan kualitasnya bagus. Selain portofolio bentuk digital, perhatikan juga bentuk konvensional (print).

3. Mempunyai Sistem Dokumentasi dan Komunikasi Profesional

Dokumentasi perlu dikelola dengan baik oleh suatu agensi. Suatu project dapat diselesaikan dengan lancar apabila dokumentasi juga turut dikelola. Misalnya saja suatu dokumen hilang karena tidak kelola. Kinerja sudah pasti terhambat. Selain itu, komunikasi juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Komunikasi yang profesional biasa dilakukan melalui email. Email bisa mencakup semua jenis kebutuhan komunikasi mulai dari percakapan sampai pengiriman hasil project.

4. Memahami Berbagai Istilah dalam Desain

Dalam dunia desain, terdapat beberapa istilah penting yang wajib dipahami baik oleh agensi maupun klien. Kedua belah pihak harus paham dengan istilah-istilah tersebut sehingga project dapat dijalankan dengan lancar. Selain meminta agensi untuk menjelaskan istilah-istilah tersebut, klien juga harus mampu mempelajarinya secara mandiri. Hal ini sebagai bahan dasar untuk mensukseskan project bersama agensi desain.

5. Memahami Proses Desain Secara Dasar

Selain harus memberi pemahaman kepada klien mengenai istilah penting, agensi desain juga harus memberi pemahaman mengenai proses dasar desain. Banyak klien yang tidak memahami alur pembuatan sebuah desain. Memaksakan tenggat waktu yang singkat. Padahal, desain tidak langsung dibuat lalu diserahkan pada klien. Ada proses panjang yang diperlukan. Selain itu, diperlukan waktu revisi untuk menyesuaikan dengan keinginan klien. Di Indonesia ada banyak agensi desain. Namun tidak semuanya berkualitas. Untuk itu mengapa harus memilih agensi berkualitas tinggi dan telah membantu banyak klien meningkatkan usaha melalui desain.

Baca Juga: Selangkah Lebih Dekat dengan Digital Branding; Berikut 10 Manfaatnya

Untuk memilih agensi desain berkualitas, perlu memperhatikan berbagai kriteria. Adanya jam operasional, portofolio menarik, hingga sistem komunikasi profesional merupakan beberapa kriteria dalam memilih design agency. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.