Cara Membuat Desain Logo yang Menarik dan Eyecatching

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-membuat-dan-mendesign-logo-dreambox

Logo adalah bagian dari identitas visual merek perusahaan. 

Hal ini menjadikan persaingan untuk mendapatkan simpati masyarakat juga semakin besar, salah satunya adalah dengan membuat logo. Logo merupakan salah satu hal yang umum digunakan dalam sebuah entitas. Dengan adanya logo, masyarakat dapat mengenal suatu jati diri dari sebuah entitas. Selain itu, logo juga dapat menjadikan suatu entitas lebih mudah diingat karena logo memiliki bentuk dan warna yang tentunya berbeda-beda. Apa itu logo dan bagaimana cara membuat desain logo yang menarik?

Logo merupakan sebuah gambar ataupun sketsa yang memiliki makna tertentu dan biasa digunakan untuk mewakili suatu entitas seperti komunitas, organisasi, perusahaan, daerah maupun negara. Suatu logo wajib untuk memiliki ciri khas tertentu, baik dari segi bentuk ataupun warnanya, dengan tujuan agar dapat dibedakan antara logo yang satu dengan logo yang lain.

Logo mempunyai jenis-jenisnya tersendiri, diantaranya yaitu lettermark, wordmark, pictorial mark, logo abstrak, logo maskot, logo kombinasi, dan logo lambang. Adapun fungsi dari logo, antara lain yaitu sebagai media menyampaikan informasi tentang suatu entitas, sebagai media persuasi, sebagai sarana promosi dan juga presentasi.

Mengapa logo dianggap penting? Logo dapat memberikan informasi singkat dan efisien kepada klien dan pelanggan mengenai jenis bisnis yang dijalankan. Dengan memanfaatkan gambar, bentuk, warna, dan/atau font tertentu, logo dapat membuat bisnis menjadi mudah dikenali dan dibedakan dari perusahaan lain di pasar yang sama. Logo merupakan bagian dari identitas visual merek dan oleh karena itu, penciptaan logo yang efektif memerlukan pemikiran, riset, perencanaan, serta kreativitas.

Dalam membuat logo untuk bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar logo yang dihasilkan dapat mewakili karakter dan citra merek yang Anda miliki. Pertama, pilihlah warna yang tepat untuk merek Anda, yang dapat merefleksikan karakter dan kepribadian bisnis Anda. Anda dapat mempelajari Teori Warna untuk membantu memilih warna yang tepat.

Kedua, pastikan font yang dipilih mudah dibaca dan sesuai dengan gaya merek Anda, apakah elegan, modern, atau lainnya. Font yang khas untuk merek Anda akan membantu membedakan merek Anda dari kompetitor.

Ketiga, pilih ikon yang mencerminkan jasa atau barang yang dijual. Anda dapat melihat contoh logo dari kompetitor sebagai inspirasi, namun jangan meniru secara langsung.

Keempat, perhatikan komposisi elemen logo online shop Anda agar seimbang dan mudah dipahami. Hindari cara membuat desain logo yang terlalu ramai, dan pikirkan bagaimana logo akan terlihat dalam ukuran kecil.

Kelima, siapkan beberapa versi logo online shop dengan tema warna, font, dan ikon yang sama. Anda dapat menukar warna, bermain dengan layout, dan lainnya. Ini akan memudahkan Anda ketika logo Anda perlu digunakan dalam berbagai format.

Keenam, pikirkan di mana logo akan digunakan. Jika Anda menjual makanan, misalnya, pertimbangkan tampilan logo pada stiker makanan yang dapat ditempel di wadah makanan, bungkusan, kartu, atau bahkan helm motor pengantar makanan.

Terakhir, jika memungkinkan, sisipkan teks di desain logo, seperti nomor telepon, akun Instagram, atau tagline pendek. Ini akan membantu pelanggan mengenali merek Anda lebih mudah.

5 Cara Membuat Desain Logo yang Baik

Setelah mengetahui pengertian, jenis, dan juga fungsi dari logo, berikut ini adalah 5 langkah membuat desain untuk logo yang baik.

1. Ketahui Terlebih Dahulu Tujuan Logo Tersebut Dibuat

Sebelum desain logo dibuat, hendaknya Anda mengetahui terlebih dahulu tujuan pembuatan logo tersebut. Hal ini diperlukan agar Anda dapat memikirkan desain yang cocok dan pesan dari logo tersebut tersampaikan kepada masyarakat yang melihatnya.

Tujuan dari logo sendiri bermacam-macam. Dengan Anda mengetahui tujuan dari suatu logo, Anda akan dapat menentukan bentuk atau model yang sesuai dengan tujuan logo tersebut.

2. Logo Harus Disesuaikan dengan Target yang Dituju

Dalam pembuatan desain logo, penting untuk memperhatikan target yang ingin dituju. Hal ini bertujuan agar pesan pada logo tersebut tersampaikan kepada target. Misalnya, apabila  logo ditujukan kepada anak–anak, maka hendaknya logo dibuat dengan penuh warna, yang menjadikan anak-anak tertarik pada logo tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat logo yang mempunyai target, yaitu seluruh kalangan masyarakat, contohnya adalah logo dari aplikasi Facebook dan juga Whatsapp.

3. Membuat Desain Logo Sesuai Konsep dan Inspirasi

Setelah Anda mengetahui tujuan dan target dari logo yang akan dibuat. Mulailah membuat desain logo dengan mencari inspirasi yang bisa Anda dapatkan dengan mengamati bentuk dari logo entitas yang sudah banyak dikenal masyarakat.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat memiliki gambaran mengenai bentuk, warna, maupun huruf yang mudah dikenal dan melekat di hati masyarakat. Namun, bukan berarti Anda dapat meniru logo tersebut. Setelah Anda mendapatkan inspirasi, mulailah membuat logo yang sesuai dengan konsep, tujuan dan target yang telah ditentukan.

4. Logo Hendaknya Dibuat Unik sehingga Dapat Dibedakan dengan Competitor

Sebuah logo harus memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan logo tersebut dengan logo yang lain. Oleh karena itu, dalam pembuatan design, haruslah memperhatikan unsur keunikan dari logo tersebut.

Namun, logo yang unik bukan berarti logo yang memiliki desain yang rumit. Logo yang sederhana justru umumnya lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat. Selain itu, Fleksibilitas dari logo juga harus diperhatikan, agar logo tetap indah dan menarik walaupun dipajang di sembarang media, seperti spanduk, baliho, ataupun transportasi umum.

5. Melihat Perkembangan Desain dan Melakukan Evaluasi

Adakalanya, Anda harus melihat sejauh mana perkembangan dari desain dari logo yang dibuat. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui apakah terdapat kemajuan dalam pembuatan logo tersebut.

Apabila tidak terdapat perkembangan pada desain, lakukanlah evaluasi pada hal-hal yang dianggap kurang, misalnya pada bentuk logo maupun warna logo yang digunakan.

Demikianlah beberapa langkah dalam membuat desain logo yang baik. Gunakanlah kreativitas dan jangan lupa untuk selalu meminta saran atau kritik mengenai logo yang Anda buat kepada teman maupun sahabat Anda. Selamat mencoba!

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms