Tips Brand Naming yang Mudah dan Menarik, Hanya 8 Langkah!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
brand-naming-dreambox

Brand naming dapat mempengaruhi citra perusahaan.

Saat akan melakukan branding, nama adalah elemen penting yang harus dimiliki. Tanpa sebuah nama, maka produk Anda tidak memiliki identitas. Untuk itu, diperlukan strategi penamaan atau brand naming yang tepat agar bisnis Anda lebih mudah dikenali masyarakat.

Selain itu, dalam strategi penamaan brand, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satu di antaranya yaitu mengenali karakteristik utama merek atau brand Anda. Dengan demikian, Anda bisa menemukan nama yang paling sesuai dan mewakili kepribadian merek.

Definisi dan Manfaat Penting Brand Naming Bagi Bisnis

Sebelum mengetahui bagaimana tips mudah membuat nama brand yang unik dan menarik, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu penamaan brand dan maknanya. Sederhananya, penamaan merek adalah proses penentuan nama atau identitas merek yang unik dan mudah diingat oleh konsumen.

Nama merek yang unik sangat penting dalam strategi pemasaran karena dapat mempengaruhi citra merek, loyalitas konsumen, dan tingkat penjualan. Berikut ini beberapa manfaat pentingnya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Nama yang unik dan mudah diingat dapat membantu meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Dengan demikian, konsumen akan lebih mudah mengingat dan mencari produk atau layanan yang diinginkan.

2. Memperkuat Identitas Brand

Brand name yang baik harus dapat merefleksikan identitas merek, nilai-nilai, dan tujuan merek tersebut. Sehingga, konsumen akan lebih mudah mengenali dan membedakan merek tersebut dari merek lain.

3. Membangun Citra atau Persona

Pemilihan nama yang kuat dan mudah diingat dapat membantu membangun citra merek yang positif di kalangan konsumen. Lebih jauh, citra merek yang positif akan meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan konsumen terhadap merek.

4. Mempermudah Marketing

Identitas dan persona yang sudah terbangun dapat membantu mempermudah proses pemasaran. Dengan begitu, perusahaan dapat memfokuskan upaya pemasaran hingga mencapai target pasar dengan lebih efektif.

5. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Nama yang berkesan dan bernilai dapat membantu meningkatkan loyalitas konsumen. Konsumen yang merasa terkoneksi dengan merek akan lebih cenderung untuk membeli produk atau layanan dari merek tersebut secara terus-menerus.

6. Memudahkan Ekspansi

Brand naming yang unik dan mudah diingat dapat membantu memudahkan ekspansi merek ke pasar baru. Dengan nama merek yang sudah dikenal secara luas, perusahaan dapat memperkenalkan ekspansinya di target pasar yang baru dengan lebih mudah.

7. Melindungi Brand dari Pemalsuan

Terakhir, brand name dapat membantu melindungi merek dari pemalsuan. Pasalnya, nama merek yang terkenal akan lebih sulit untuk dipalsukan oleh pesaing yang tidak bertanggung jawab.

Tips Sederhana Membuat Nama Brand yang Unik dan Menarik

Karena pentingnya manfaat yang dimiliki, Anda wajib membuat brand name semenarik dan seunik mungkin untuk mempermudah konsumen dalam mencari dan membeli produk Anda. Berikut ini adalah beberapa tips penamaan brand yang mudah dan menarik:

1. Pertimbangkan Tujuan Brand

Sebelum mulai mencari nama yang tepat, pertimbangkan terlebih dahulu tujuan brand Anda. Apa yang ingin dicapai? Apa nilai-nilai yang ingin diwakili oleh merek Anda? Apa pesan yang ingin disampaikan? Dari sini, Anda bisa menemukan tujuan yang paling mewakili.

2. Gunakan Kata-kata Sederhana dan Mudah Diingat

Nama merek yang baik adalah yang mudah diucapkan, diingat, dan diucapkan dengan jelas. Jadi, gunakan kata-kata yang sederhana dan mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, jangan gunakan kata-kata rumit yang sulit diucapkan atau diingat.

3. Gunakan Nama yang Terkait dengan Produk atau Jasa Anda

Brand naming yang terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Contoh, merek GadgetIDN akan lebih mudah diingat dan diasosiasikan sebagai brand yang terkait dengan dunia gadget.

4. Jangan Gunakan Nama yang Terlalu Umum

Kemudian, gunakan nama yang unik dan tidak terlalu umum. Hal ini akan membuat merek Anda menjadi lebih mudah diingat oleh konsumen dan bisa membedakannya dari merek yang sudah ada. 

Selain itu, sebaiknya pilihlah kata-kata yang berafirmasi positif dan menarik agar kesan yang ditimbulkan juga lebih positif.

5. Buatlah Nama yang Mudah Disebutkan

Nama merek yang mudah ditulis dan disebutkan akan membantu konsumen dalam mencari produk Anda di internet. Jadi, gunakan kata-kata yang familiar dan mudah dieja oleh konsumen.

6. Manfaatkan Teknologi

Jika masih kesulitan menemukan ide saat melakukan brand naming, cobalah gunakan teknologi untuk membantu. Anda dapat menggunakan situs web generator nama merek atau mencari ide-ide nama lainnya di situs seperti Pinterest atau Instagram.

7. Pertimbangkan Istilah Asing

Penggunaan istilah atau kata-kata asing dapat memberikan sentuhan yang unik pada nama merek Anda. Namun, pastikan kata-kata tersebut mudah diucapkan dan dimengerti oleh konsumen.

8. Uji dan Evaluasi Nama

Terakhir, lakukan uji coba dan evaluasi terhadap nama yang dipilih kepada tim perusahaan secara internal. Sebaiknya, pilih lebih dari satu nama sebagai pembanding, lalu minta anggota perusahaan untuk memilih brand name mana yang paling baik, sekaligus meminta feedback sebagai bahan evaluasi.

Contoh Nama Brand yang Menarik

Untuk mempermudah dalam memilih nama, cobalah mengambil inspirasi dari contoh brand name yang sudah terkenal. Pilihlah nama dari brand yang sudah dikenal secara luas dan berkaitan dengan niche bisnis Anda, kemudian terapkan sebagai panduan menyusun nama sendiri. Berikut adalah beberapa contoh brand name yang menarik sebagai inspirasi:

1. Apple

Apple adalah salah satu brand naming paling dikenal di dunia. Nama ini diambil dari buah apel yang menjadi simbol kecerdasan, inovasi, dan kebahagiaan. Salah satu keunikannya adalah namanya yang sederhana, namun tetap mewakili value brand.

Apple dipilih oleh pendiri perusahaan, Steve Jobs, karena dia merasa bahwa nama ini sederhana, mudah diingat, dan dapat dihubungkan dengan produk-produk berkualitas tinggi yang mereka hasilkan.

2. Nike

Nike adalah nama yang berasal dari mitologi Yunani kuno. Nike adalah dewi kemenangan, dan brand name ini dipilih untuk merepresentasikan semangat dan motivasi yang dimiliki oleh perusahaan.

3. Coca-Cola

Selanjutnya ada Coca-Cola, salah satu nama merek yang paling ikonik di dunia. Nama ini berasal dari bahan utama minuman tersebut, yaitu daun koka dan biji cola. Karena penamaan yang unik, maka konsumen dari berbagai belahan dunia mudah mengingat dan mengucapkannya.

4. Amazon

Amazon adalah nama yang diambil dari nama sungai terbesar di dunia, Amazonas. Nama ini dipilih oleh pendiri perusahaan, Jeff Bezos, untuk merepresentasikan visi perusahaannya sebagai tempat yang paling lengkap dan besar dalam dunia perdagangan online.

5. Lego

Berasal dari bahasa Denmark yaitu leg godt, Lego memiliki arti bermain dengan baik. Nama ini dipilih oleh pendiri perusahaan untuk merepresentasikan semangat dan kebahagiaan dalam bermain.

Strategi brand naming yang tepat dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah dikenali. Untuk memperoleh rekomendasi dan strategi pembuatan nama yang baik, Anda dapat menggunakan layanan branding Dreambox. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!  

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms