Bagaimana Membangun dan Meningkatkan Branding Awareness?

Branding Strategi

Branding Awareness dapat diartikan kesadaran merek masyarakat akan produk Anda.

Branding awareness belakangan ini makin dianggap penting oleh para pelaku usaha yang memiliki produk sebagai jualan ataupun menawarkan jasa. Sebagai contoh salah satu produk yang punya awareness tinggi di Indonesia adalah Indomie.

Masyarakat umumnya menyebut mie instan dengan sebutan Indomie, padahal merek sebenarnya adalah Sedaap, Sarimi, dan lainnya. Inilah yang dimaksud kekuatan sebuah brand, di mana sebuah produk/brand dikenal dan melekat di ingatan orang banyak.

Sebagai pelaku usaha, Anda tentu juga menginginkan brand atau produk dikenal secara luas dan diingat masyarakat. Dengan demikian, potensi keuntungan juga akan semakin meningkat.

Kali ini kami akan memaparkan mengenai bagaimana cara membangun serta meningkatkan nama brand Anda agar bisa membentuk awareness masyarakat. Silakan simak paparan berikut ini.

Baca Juga: Ketahui Fungsi, Manfaat Serta Contoh Branding yang Sukses

Branding Awareness

Pertama-tama mari mengenal pengertiannya terlebih dahulu. Dengan demikian dapat memahami lebih baik dan ketika mengaplikasikannya menjadi lebih mudah.

Dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kesadaran merek. Jika diartikan secara singkat, kesadaran merek ini merupakan perasaan familiar yang tumbuh dalam diri pelanggan atas sebuah jasa maupun produk.

Jadi, ketika mengingat sebuah benda akan ingat brand tertentu. Misalnya, mie instan tadi, Anda akan langsung teringat pada Indomie. Inilah yang menjadi branding awareness dari produk tersebut dan akan terus melekat hingga waktu lama.

Bahkan beberapa brand terus diingat meski sudah puluhan tahun berlalu. Sebagai contoh adalah KFC, banyak orang mengingatnya sebagai rumah makan siap saji penjual ayam goreng tepung. Setiap teringat ayam goreng tepung, kebanyakan orang akan mengingat KFC.

Selain itu, KFC juga identik dengan logo seorang bapak berkacamata sehingga tanpa ditulis mereknya, orang akan langsung mengenali dari logonya. Rasa familiar ini merupakan branding, bisa berupa nama, logo, tagline, dan hal lain dari sebuah merek.

Manfaat Branding Awareness

Bagi yang belum tahu, menumbuhkan kesadaran merek di masyarakat memiliki manfaat besar bagi pelaku usaha. Mulanya membuat orang tahu tentang produk Anda, kemudian mendatangkan keuntungan.

Bahkan keuntungannya bisa bertahan dalam jangka panjang. Jika Anda menggunakan branding awareness, maka bisa mendapatkan manfaat berikut:

1. Menciptakan Kepercayaan Pelanggan

Semakin sering brand Anda muncul, maka akan semakin dikenal dan konsumen semakin familiar. Jika hal ini terus bertahan, maka orang-orang akan semakin mengenal merek produk Anda dan makin banyak penggunanya.

Semakin banyak digunakan, maka orang-orang akan mengetahui kualitas produk dan merekomendasikannya pada orang lain. Di sini terlihat bahwa kesadaran merek akan bermanfaat menciptakan kepercayaan pelanggan.

2. Membantu Menyaring Konsumen Baru

Ketika Anda hendak membeli suatu barang tapi tidak pernah menggunakannya sebelumnya, pasti akan mencari rekomendasi, bukan? Biasanya yang disarankan adalah produk-produk dengan banyak pengguna.

Jika produk Anda sudah memiliki kesadaran merek, maka akan menjadi produk yang direkomendasikan. Sehingga konsumen baru akan mencobanya karena disarankan oleh konsumen lainnya.

3. Peningkatan Brand Equity

Kegiatan branding awareness juga mampu meningkatkan brand equity sehingga kesan eksklusif akan meningkat. Dengan demikian, harga juga dapat Anda tentukan sendiri.

4. Mendapatkan Loyalitas Konsumen

Sangat penting bagi pelaku usaha untuk memiliki konsumen setia, dan membangun kesadaran merek merupakan salah satu cara mendapatkan konsumen-konsumen seperti ini. Ketika konsumen loyal pada produk Anda, maka tidak akan mudah tergoda apabila mendapatkan penawaran dari brand lain.

Baca Juga: Manfaat Logo dalam Branding Perusahaan dan Produk Anda

Cara Membangun Brand Awareness

Bagi pelaku usaha yang masih baru atau belum pernah membangun branding awareness, maka harus memulai dari melakukan 7 langkah berikut ini:

1. Buat Akun Bisnis di Platform Media Sosial

Langkah awal adalah membuat akun untuk marketing di media sosial. Sebab saat ini kebanyakan orang aktif menggunakan internet untuk membuka akun medsos mereka.

Lewat akun bisnis ini, Anda akan mudah berinteraksi dengan konsumen, dan mengetahui apa yang diinginkan oleh mereka. Pelanggan juga akan tahu bahwa bisnis Anda aktif dan meningkatkan kepercayaan.

2. Content Marketing Itu Wajib

Untuk membuat branding awareness harus membuat konten pemasaran agar menarik orang untuk datang. Menulis konten yang menarik, relevan, dan memiliki nilai merupakan paling utama.

Dengan konten yang tepat akan memperlihatkan bahwa Anda merupakan ahli di bidang tersebut, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Lambat laun jumlah konsumen juga akan bertambah.

3. Membuat Konten Video Juga Bagus

Selain berupa artikel, Anda juga bisa membuat video promosi. Pastikan konten video yang dibuat berkaitan dengan produk, bukan hanya membuat konten asal viral saja. Sebab jika mengandalkan viral sesaat tidak berefek jangka panjang pada bisnis.

4. Meminta Bantuan Influencer

Manfaatkan juga para influencer marketer atau dalam hal ini merupakan pihak ketiga untuk membantu promosi. Biasanya para influencer punya banyak pengikut dan para pengikut tersebut cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh sang influencer.

5. Berpartisipasi dalam Event atau Membuatnya Sendiri

Selain melakukan branding awareness dengan promosi dasar, Anda juga bisa mengikuti event atau menciptakannya sendiri. Misalnya, melakukan peluncuran produk di acara bazar, sekaligus melakukannya secara live di akun media sosial.

Atau membuat event tertentu, sebagai contoh konten video berisi kegiatan di tempat usaha atau toko yang dibagikan live atau dalam bentuk rekaman untuk di posting.

6. Menjadi Sponsor untuk Event

Salah satu cara ampuh membangun kesadaran merek produk adalah dengan menjadi sponsor sebuah event. Pastikan eventnya sesuai dengan target audience agar promosi tidak sia-sia.

7. Berbagi Merchandise Bagi Pelanggan

Mendekatkan diri dengan pelanggan melalui pembagian hadiah berupa merchandise juga merupakan cara ampuh membuat orang mengenal brand Anda. Misalnya, gelas atau mug, jadi saat minum pelanggan akan melihat logo brand dan mengingatnya.

Baca Juga: Jasa Branding untuk Membuat Branding Perusahaan Tepat Sasaran

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Bagi pelaku bisnis yang sudah melakukan branding awareness, tapi jalannya masih terseok-seok, bisa coba menggunakan cara meningkatkan kesadaran merek berikut ini:

1. Freemium

Yaitu memberikan kesempatan kepada calon pelanggan untuk menggunakan layanan atau produk secara gratis. Jika suka calon pelanggan akan mau membayar untuk mendapatkan jasa dan produk tersebut.

2. Partnering

[Melakukan kerjasama dengan brand lain merupakan cara ampuh memasarkan dan membuat produk Anda dikenal. Terutama jika bekerjasama dengan brand dari segmen pasar berbeda, bisa bertukar pelanggan dan saling menguntungkan.

3. Referral Program

Strategi untuk meningkatkan kesadaran merek lainnya adalah dengan mengandalkan referral program. Yaitu pemberian insentif pada konsumen yang membantu memasarkan produk Anda.

4. Infografik

Tampilan visual lebih disukai dibandingkan teks, Anda dapat memanfaatkan memberikan infografik kepada calon pelanggan. Karena tampilan visual semacam ini lebih berdampak positif dan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

5. Review Pelanggan

Peningkatan branding awareness juga bisa datang dari para pelanggan yang sudah mencoba layanan maupun produk. Bahkan sebagian besar orang lebih mempercayai review dan ikut terpengaruh olehnya.

6. Free Content

Pembuatan konten sangat penting untuk meningkatkan kesadaran merek. Namun, jangan berlebihan, sebaiknya buat 10-16 content dalam sebulan untuk produk Anda.

7. Challenge di Media Sosial

Pengguna media sosial saat ini sangat menyukai konten seru-seruaan. Dengan menantang mereka mengikuti challenge tertentu akan berdampak bagus bagi produk Anda.

8. Podcast

Fenomena podcast di Indonesia saat ini masih tinggi sehingga cocok dijadikan cara meningkatkan kesadaran merek. Pembuatan podcast akan membuat produk lebih dikenal dan sebagai pelaku usaha bisa lebih dekat dengan pelanggan.

Di era digital seperti saat ini, membangun image sebuah produk bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya memanfaatkan media sosial untuk membangun kesadaran merek. Namun, pengerjaannya tidak boleh sembarangan.

Baca Juga: 6 Alasan Perusahaan Anda Memerlukan Branding

Mengingat dampaknya bagi produk maupun brand Anda, maka pelaksanaannya harus dilakukan dengan perhitungan matang dan menggunakan cara yang tepat, yaitu melalui penyedia jasa branding awareness yang terpercaya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.