Cara Membuat Brand Positioning agar Penjualan Tepat Sasaran

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
membuat-brand-positioning-dreambox

Brand positioning mencakup visi, produk, dan identitas merek

Brand positioning bukan membahas tentang seberapa keren logo Anda dibanding logo perusahaan lain. Brand positioning mencakup visi, produk, dan identitas merek yang diposisikan di pasar secara strategis. Konsumen dapat mengenali brand Anda dari sini.

Lewat brand positioning, konsumen dapat menilai brand Anda dan posisi brand Anda dibanding brand pesaing. Agar penjualan tepat sasaran, Anda perlu membuat brand positioning yang tepat pula. Lantas, bagaimana cara membuat brand positioning?

Pengertian brand positioning

Brand positioning adalah ruang yang dimiliki merek dan produk Anda di pasar dan benak pelanggan. Dengan kata lain, brand positioning merupakan tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan untuk menempati tempat khusus di benak target pasar. Apa yang Anda ingin pelanggan pikirkan saat mendengar nama perusahaan Anda atau melihat logo Anda?

Contohnya, brand positioning Apple didasarkan pada tiga elemen utama, yaitu inovasi, desain, dan pengalaman pelanggan. Ketiga faktor tersebut memungkinkan Apple untuk tetap berada di depan para pesaing sambil mempertahankan identitas produk yang kuat.

Artinya, lewat brand positioning, Anda dapat mengenali pesaing dengan jelas sehingga mampu mengidentifikasi peluang dan fokus pada apa yang membuat produk atau layanan Anda lebih baik daripada apa pun yang sudah ada di pasar.

Jenis-jenis brand positioning

Dalam menyusun brand positioning, ada beberapa jenis pendekatan yang bisa Anda pilih. Berikut adalah lima pendekatan umum brand positioning yang akan membantu mengontrol bagaimana pasar melihat bisnis Anda.

1. Competitor-based positioning strategy

Pendekatan brand positioning satu ini menyoroti perbedaan yang ditawarkan produk atau layanan, sehingga bisa tampil unggul dan unik dibandingkan dengan opsi lain yang ada di pasar. 

2. Convenience-based positioning strategy

Selanjutnya ada pendekatan berbasis convenience atau kenyamanan. Strategi ini berusaha mengomunikasikan bahwa produk Anda dapat membuat hidup pelanggan menjadi lebih mudah. Hal ini bisa berupa lokasi yang strategis, kemudahan akses, hingga fungsi dari produk itu sendiri. Misalnya, pelanggan ternyata menyukai produk Anda karena mudah ditemukan di toko fisik maupun online shop, serta menawarkan layanan pesan-antar gratis.

3. Price-based positioning strategy

Brand positioning berdasarkan harga berarti Anda mengasosiasikan produk dengan harga kompetitif apa pun yang ada di pasar. Bisa juga dengan menemukan “celah” di pasar pada titik harga tertentu. Biasanya, brand akan melihat celah ini dan menawarkan harga paling terjangkau.

Katakanlah pesaing Anda berjualan es kopi susu, namun mereka memasang harga yang tinggi karena menggunakan bahan premium. Kemudian, ada pesaing lain yang memasang harga murah, tapi bahannya cenderung biasa saja. Anda kemudian bisa mencari celah harga dengan menawarkan harga di tengah kedua pesaing tersebut, menggunakan bahan grade lebih rendah dari pesaing pertama, tapi masih di atas pesaing kedua.

4. Quality-based positioning strategy

Strategi brand positioning yang satu ini menyelaraskan brand Anda dengan produk atau layanan berkualitas tinggi. Biasanya, brand yang menerapkan strategi ini tidak mencantumkan harga produk, namun mereka menonjolkan kualitas atau prestise tinggi dari produk yang ditawarkan.

5. Differentiation strategy

Differentiation strategy sangat bergantung pada penyampaian USP produk Anda, yang idealnya tidak dapat ditiru oleh kompetitor. Pendekatan yang satu ini memastikan produk akan tampil menonjol jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Pentingnya brand positioning bagi perusahaan

Brand positioning yang unik dan mudah diingat memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda, di antaranya:

1. Meningkatkan minat beli

Mayoritas konsumen tidak ingin repot. Saat mencari suatu produk atau layanan, mereka ingin mendapatkan informasi seputar produk atau layanan tersebut dengan mudah dan cepat. Lewat brand positioning, Anda bisa memberikan kemudahan tersebut kepada konsumen. Brand positioning juga memicu respons emosional dari target audiens sehingga meningkatkan minat beli.

2. Menonjolkan brand di antara kompetitor

Brand adalah identitas perusahaan. Itulah mengapa mengetahui apa yang membuat bisnis Anda unik sangat penting untuk menarik perhatian calon pelanggan. Brand positioning menciptakan kejelasan seputar siapa yang menjadi target konsumen, sehingga Anda dapat lebih mudah menjangkau mereka. Ini juga menjelaskan kepada target audiens mengapa Anda adalah perusahaan terbaik untuk mereka dan apa yang membedakan produk atau layanan Anda dari perusahaan lain.

3. Menentukan harga yang sesuai

Brand positioning juga dapat digunakan untuk menyusun strategi penetapan harga. Misalnya, jika harga produk Anda mahal karena kualitas dan eksklusivitas, dan brand positioning menekankan faktor-faktor ini, harga tersebut akan masuk akal di mata pelanggan. Ini juga berlaku untuk produk dengan harga lebih terjangkau. Menentukan harga yang sesuai sangatlah penting agar konsumen bersedia mengeluarkan sejumlah biaya yang sepadan dengan produk yang ditawarkan.

4. Mendorong loyalitas pelanggan

Brand positioning juga memengaruhi loyalitas pelanggan dengan cara menciptakan efek yang bertahan lama di benak pelanggan. Tujuan akhir brand positioning adalah menciptakan kesan yang begitu unik sehingga pelanggan akan membentuk loyalitas pada merek Anda.

Begitu pelanggan loyal, Anda akan mendapat komitmen emosional. Loyalitas ini bisa Anda dapatkan dari brand positioning yang efektif, baik dalam promosi maupun penyampaian pengalaman pelanggan yang positif. 

Cara membuat brand positioning

Lalu, bagaimana cara membuat brand positioning yang efektif? Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Temukan masalah utama konsumen

Anda perlu menemukan masalah utama konsumen supaya dapat memberikan solusi untuk masalah tersebut. Memberikan solusi untuk masalah konsumen dalam bentuk produk atau layanan akan meningkatkan peluang bisnis Anda dilirik calon pelanggan. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa masalah utama ibu hamil yang ingin tetap merawat kecantikan adalah keterbatasan skincare yang aman. Sebagai solusi, Anda bisa menjual produk skincare khusus ibu hamil dan menyusui.

2. Riset pasar

Strategi brand positioning perusahaan Anda tidak hanya dipengaruhi oleh persepsi konsumen, tapi juga tindakan pesaing. Nah, lewat riset pasar Anda bisa mencari benchmark/niche (kompetitor) sehingga lebih mudah menentukan berbagai aspek yang termasuk dalam brand positioning.

Misalnya, dari riset pasar, Anda bisa menentukan harga produk yang sesuai. Kalau brand positioning Anda adalah untuk target audiens kelas menengah ke atas, penetapan harga produk bisa lebih tinggi daripada kelas menengah ke bawah.

3. Menumbuhkan citra produk

Untuk membuat brand positioning, Anda juga perlu menumbuhkan citra produk. Caranya adalah dengan menjelaskan kelebihan atau unique selling point (USP) produk Anda. USP produk bisa berupa harga murah, kualitas terbaik, pertama di kelas produknya, atau sifat lain yang membedakan produk dari pesaing. Anda juga bisa membuat produk Anda lebih mudah diingat masyarakat, contohnya dengan membuat kemasan yang unik dan beda dari yang lain.

4. Sesuaikan harga dengan kualitas produk

Menentukan harga produk bisa sangat tricky. Terlalu mahal, konsumen akan enggan membeli, tapi jika terlalu murah, dikhawatirkan tidak bisa menutup biaya produksi. Agar sejalan dengan brand positioning Anda, sesuaikanlah harga produk dengan kualitasnya. Konsumen akan cenderung lebih mudah mengeluarkan uangnya jika melihat harga produk sesuai dengan kualitasnya.

5. Pengujian produk ke pasar sebelum peluncuran

Untuk mengetahui bagaimana performa strategi brand positioning Anda, lakukan pengujian produk terlebih dahulu. Dari situ, Anda bisa mengetahui aspek mana saja yang perlu ditingkatkan dan mana saja yang sebaiknya diubah.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa brand positioning berperan sangat penting terhadap kesuksesan bisnis. Namun, tak dapat dimungkiri bahwa prosesnya membutuhkan waktu dan sumber daya yang tidak sedikit.

Untuk itu, jika Anda membutuhkan bantuan dalam penerapan cara membuat brand positioning, konsultasikan dengan para ahli seperti tim Dreambox yang telah berpengalaman menangani berbagai kebutuhan marketing selama bertahun-tahun. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms