Definisi dan Peran Brand Promise dalam Kesuksesan Brand Anda

Branding Strategi

Pentingkah Brand Promise Bagi Produk Anda?

Brand promise (janji merek) adalah salah satu elemen penting yang menentukan apakah audiens tertarik dengan produk/jasa Anda atau tidak. Adalah hal yang sangat wajar jika seorang konsumen ingin mendapatkan manfaat dari pembelian suatu produk.

Karena pada dasarnya konsumen hanya peduli dengan keinginan maupun kebutuhan mereka. Mereka memutuskan membeli barang maupun jasa suatu brand hanya jika brand tersebut menawarkan solusi yang menjawab keinginannya.

Salah satu cara menarik minat konsumen untuk membeli produk suatu brand adalah dengan memberikan janji. Ketika merek mengikat janji dengan target audiens, kemungkinan memenuhi janji tersebut lebih besar.

Sebaliknya, jika merek tidak memenuhi janjinya, maka ini sama halnya dengan mengancam reputasinya sendiri. Konsumen akan segera meninggalkan brand karena pengalaman mereka tidak bertemu dengan manfaat nyata yang diekspektasikan.

Baca Juga: ​​Branding Development Dapat Memperkuat Identitas Produk Anda

Apa Itu Brand Promise?

Janji merek didefinisikan sebagai intisari manfaat-manfaat yang diharapkan diperoleh pelanggan saat ini maupun pelanggan potensial dari pengalaman menggunakan produk atau layanan suatu merek. Baik itu manfaat secara fungsionalitasnya maupun manfaat emosional.

Dengan janji merek, brand memberitahukan kepada audiens, apa yang bisa mereka ekspektasikan dari produk maupun jasa yang telah ditawarkan, baik secara eksplisit maupun implisit. Dengan janji tersebut, artinya pelanggan menetapkan ekspektasi mereka terhadap kualitas produk.

Brand promise bisa berupa statement tertulis yang kerap dijumpai audiens. Kendati demikian, promise tidak selalu berupa statement tertulis. Melainkan apa saja yang perusahaan pikirkan dan ekspresikan tentang brand, sehingga audiens dapat menangkap pesan tersebut dengan menyimpulkannya sendiri. 

Promise adalah pondasi bagi brand untuk mengembangkan prinsip-prinsipnya serta menjadi pedoman tindakan. Promise berbeda dari tagline, karenanya ini tidak didesain untuk menjadi pesan iklan. Bagaimanapun, setiap periklanan serta komunikasi yang dilakukan perusahaan baik di lingkup internal maupun eksternal harus selaras dan konsisten dengan semangat janji merek.

Proses menciptakan janji merek memang tidak sederhana bahkan cukup sulit. Namun apabila Anda mengetahui apa yang membuat perusahaan spesial, Anda dapat menciptakan promise yang secara efektif dapat menghubungkan merek dengan pelanggan.

Baca Juga: 8 Alasan Branding Strategy Memberikan Keuntungan Jangka Panjang

5 Faktor Pembentuk Suatu Brand

Untuk membangun merek yang kuat dan menciptakan keyakinan di mata audiens, Anda perlu memperhatikan elemen branding secara menyeluruh, bukan hanya brand promise. Terdapat lima elemen yang menjadi faktor penting pembentuk suatu brand, antara lain:

1. Brand Compass

Brand compass dapat dipahami sebagai alat atau kerangka kerja pengorganisasian. Sebagaimana kompas, elemen ini digunakan sebagai “petunjuk” untuk mengarahkan perusahaan mencapai tujuan branding dengan kerangka kerja yang konkret.

Brand compass bertujuan untuk memfokuskan pemikiran, perencanaan, dan pengambilan keputusan. Brand compass perlu menggabungkan aspek-aspek esensial di balik positioning merek, antara lain tujuan, visi, misi, value, dan objektif yang strategis.

2. Brand Archetype

Selain brand promise, faktor pembentuk merek lainnya yaitu brand archetype. Ini dapat didefinisikan sebagai representasi merek, persona, cara bagaimana Anda menampilkan merek.

Gagasan di balik pembuatan brand archetype adalah membangun narasi merek dan menciptakan hubungan emosional dengan target audiens. Jika dilakukan dengan baik, ini dapat membuat merek lebih dikenal, diterima, dan relevan dengan target audiens.

3. Brand Personality

Brand personality dapat dipahami sebagai pola emosional, intelektual, dan perilaku unik suatu merek yang konsisten dari waktu ke waktu. Sederhananya, ini adalah cara bagaimana Anda menggambarkan merek.

Penggambaran dilakukan dengan kerangka kerja yang terukur dan terencana sehingga membantu Anda membentuk bagaimana audiens mempersepsikan produk, layanan, hingga misi merek. Ini merupakan dasar untuk membangun hubungan personal dengan pelanggan.

4. Competitive Advantage

Competitive advantage menjadi faktor pembentuk yang juga esensial. Competitive advantage merupakan aspek-aspek yang membuat produk/layanan suatu merek lebih unggul. Ini sangat penting untuk memenangkan persaingan.

5. Brand Promise

Ini merupakan janji merek kepada pelanggan sehingga pelanggan menerima value dan experience produk maupun layanan sesuai yang mereka harapkan. Promise dapat diekspresikan secara eksplisit maupun implisit, misalnya melalui:

  • tagline
  • social media campaign
  • messaging
  • advertisement, dan sebagainya

Baca Juga: Bagaimana Cara Menciptakan Ekuitas Merek?

Mengapa Anda Perlu Brand Promise?

Pada dasarnya, janji merek adalah value dan experience yang diharapkan dapat diterima oleh pelanggan setiap kali mereka berinteraksi dengan perusahaan. Jika perusahaan dapat menepati janjinya dengan baik, nilai merek yang tertanam di benak pelanggan dengan kuat.

Semua orang menginginkan sesuatu yang bernilai bagi dirinya untuk setiap pembelian yang dilakukan. Baik itu nilai fungsional, emosional, atau bahkan value yang sifatnya lebih personal. Brand promise adalah bagian penting yang menjadi identitas perusahaan. Ketika Anda menjanjikan benefit kepada audiens, mereka akan menilai merek Anda dan menyimpannya dalam ingatan.

Maka ketika merek melanggar janji tersebut, ini akan menghancurkan reputasi perusahaan. Besar kemungkinan brand akan kehilangan pelanggan, dan oleh karenanya juga kehilangan pangsa pasar.

Saat merek berjanji, ia tentu akan berusaha keras untuk memenuhinya agar tidak kehilangan reputasi serta kepercayaan pelanggan. Meski demikian, tidak sedikit perusahaan gagal memenuhi janji tersebut karena berbagai alasan.

Terutama karena gagal memberikan pengalaman pelanggan yang diwujudkan melalui interaksi antara merek dan pelanggan. Pelanggan yang tidak menerima value sesuai harapan mereka menjadi alasan mengapa mereka tidak percaya dengan merek.

Baca Juga: Memilih Jasa Promosi Produk Jakarta yang Tepat? Begini Caranya

Ciri-ciri Brand Promise yang Baik

Untuk membuat janji merek yang kuat, Anda harus memiliki pandangan ideal bagaimana promise ideal yang seharusnya. Beberapa kriteria berikut dapat dijadikan pedoman dalam membuat janji merek perusahaan Anda.

1. Simple

“Less is More” adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan ini. Janji merek yang singkat, terdengar manis, dan mudah dipahami adalah strategi terbaik. Terutama jika brand Anda menekankan pada kesederhanaan.  

2. Consistent

Apapun media yang Anda gunakan untuk berkomunikasi, atau produk maupun layanan yang ditawarkan, pesan yang disampaikan harus selalu konsisten dengan semangat brand promise. Pastikan membawa semangat tersebut setiap kali berinteraksi dengan pelanggan.

3. Indicative

Jadikan janji merek sebagai indikasi pengalaman brand Anda, siapa Anda, apa yang dilakukan, serta apa yang membuat perusahaan Anda istimewa. Manfaatkan ini untuk mengkomunikasikan hal penting terkait experience, produk, jasa, maupun kepercayaan.

4. Differentiating

Anda bukan satu-satunya perusahaan yang menawarkan produk maupun layanan itu. Mengingat banyaknya kompetitor, Anda harus tahu apa yang spesial dengan perusahaan  Pertimbangkan faktor-faktor pembeda yang menjadikan perusahaan lebih spesial ketimbang kompetitor. Kemudian gunakan faktor pembeda tersebut untuk membangun janji merek.

5. Creates Value with Actionable Language 

Berikan alasan mengapa pelanggan harus memilih produk Anda. Perasaan atau pencapaian seperti apa yang dapat membuat pelanggan mengandalkan produk/layanan Anda? Brand promise adalah tentang nilai, bukan hanya slogan.

6. Speaks to What Matters Most

Janji merek tidak dibuat untuk membuktikan bahwa Anda adalah pilihan terbaik bagi semua orang. Mengambil sikap yang tidak disenangi sebagian orang adalah langkah marketing yang cerdik. Sebagian orang mungkin mengesampingkan brand Anda. Tetapi di saat yang sama, pelanggan inti tidak segan menjadi pendukung setia brand Anda.

7. Measurable

Menjanjikan sesuatu yang terukur membuat pelanggan lebih mudah memahami pesan Anda. Misalnya dengan melibatkan aspek-aspek waktu, emosi, kualitas, jarak, atau tabungan. Menciptakan janji merek menjadi dorongan kuat bagi perusahaan agar dapat memenuhi ekspektasi pelanggan. Jika tidak, brand promise lah yang justru mengancam reputasi perusahaan.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.