...

Event Branding: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
event-branding-dreambox

Apa Itu Event Branding?

Bagi sebagian orang, istilah event branding mungkin sudah cukup familiar terdengar. Berbagai perusahaan atau bisnis juga banyak memanfaatkan hal ini untuk memperluas jangkauan dari brand-nya.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan branding yang satu? Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat serta bagaimana cara untuk melakukannya? Simak penjelasan artikel ini hingga tuntas dan buatlah event terbaik untuk brand Anda!

Event branding merupakan salah satu praktik marketing yang berbentuk momen, acara, atau kegiatan. Hal ini umum digunakan oleh berbagai perusahaan dan pelaku bisnis untuk meningkatkan branding mereka sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Dengan membuat sebuah event yang berkesan dan tidak terlupakan, maka Anda bisa meningkatkan branding bisnis. Event ini bisa diselenggarakan dalam berbagai jenis kegiatan, misalnya konser, lomba, seminar, dan sebagainya.

Selain diselenggarakan secara offline, Anda juga bisa membuat berbagai event online. Saat ini, berbagai platform online bisa Anda manfaatkan dengan baik, termasuk media sosial. Anda bisa memanfaatkannya berbagai fasilitas online sesuai dengan kebutuhan dari branding bisnis Anda.

Manfaat Event Branding

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari strategi marketing yang satu ini, berikut merupakan beberapa manfaatnya.

1. Meningkatkan Penjualan

Ketika membuat sebuah produk, baik dalam bentuk barang atau jasa, tentunya Anda ingin penjualannya stabil bahkan meningkat. Membuat event yang menarik, bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dari brand Anda.

Buatlah event yang menarik yang membuat orang semakin tertarik untuk menggunakan produk Anda. Dengan begitu, keuntungan bisnis Anda juga bisa meningkat dengan memuaskan.

2. Membuat Brand Awareness Ikut Meningkat

Dengan memanfaatkan berbagai elemen dari sebuah event, maka Anda bisa meningkatkan brand awareness untuk bisnis Anda. Melibatkan banyak orang, termasuk para konsumen, dapat membuat brand akan lebih mudah untuk diingat.

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau berbagai kalangan untuk memperkenalkan brand Anda. Jika penyebaran informasi event terbilang luas, maka berbagai kalangan orang yang tidak mengikuti event juga bisa jadi lebih mengenal brand Anda.

Hal ini bisa berpengaruh juga terhadap penjualan ke depannya, sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

3. Membangun Engagement atau Keterlibatan

Event yang diselenggarakan juga bisa membangun engagement atau keterlibatan dengan banyak orang. Peserta event tentunya akan lebih dekat dengan brand Anda, karena melihat band tersebut selama berlangsungnya event.

Keterlibatan banyak orang tentunya bisa berdampak baik bagi brand Anda. Oleh karena itu, Anda bisa membuat konsep acara yang membuat pesertanya semakin dekat dengan brand Anda.

4. Membantu Pertumbuhan Bisnis

Manfaat selanjutnya yaitu bisa membantu pertumbuhan bisnis. Jika Anda telah memahami tiga manfaat sebelumnya, maka Anda akan mengetahui bahwa event bisa membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Ini bisa menjadi manfaat jangka panjang untuk brand Anda, sehingga sangat layak untuk dipertimbangkan dengan baik. Jika Anda bisa membuat event yang berkelanjutan, maka akan lebih baik lagi untuk branding bisnis Anda.

Setelah memahami berbagai manfaat dari cara branding yang satu ini, maka Anda bisa mulai mempertimbangkannya. Ada berbagai pilihan event yang bisa Anda lakukan, tentunya perlu disesuaikan dengan target dari brand Anda.

Selain manfaat untuk bisnis, Anda juga bisa membentuk event yang bermanfaat untuk berbagai kalangan masyarakat. Dengan begitu, Anda bisa lebih memberikan manfaat untuk banyak orang sekaligus meningkatkan branding bisnis.

Cara Melakukan Event Branding

Jika Anda membuat event untuk meningkatkan branding dari bisnis Anda, maka sebaiknya Anda membuatnya dengan maksimal.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari menyusun logo hingga memanfaatkan media sosial. Inilah berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat event Anda sukses dan berkesan.

1. Gunakan Logo yang Menjadi Ciri Khas Event

Ketika membuat sebuah sebuah event, maka salah satu hal yang sebaiknya Anda perhatikan dengan betul adalah logo. Buatlah logo yang menarik dan mudah diingat oleh target pasar dari event tersebut.

Anda bisa memperhatikan berbagai visual yang diperlukan, misalnya warna, bentuk, jenis huruf, dan sebagainya. Nantinya, logo ini dapat menjadi ciri khas untuk event yang akan Anda buat.

Jadi, usahakan logo tersebut bisa melambangkan event tersebut, sehingga akan lebih melekat di dalam ingatan. Dengan begitu, brand Anda juga bisa semakin dikenal oleh berbagai kalangan.

2. Berikan Sesuatu yang Berbeda

Sesuatu yang biasa saja mungkin terkesan membosankan bagi banyak orang, sehingga butuh angin segar yang baru.

Supaya event Anda bisa memikat banyak perhatian serta mudah untuk diingat, maka sebaiknya suguhkan sesuatu yang baru dan segar untuk dinikmati. Hal ini tentunya perlu disesuaikan dengan jenis event serta berbagai tujuan yang akan dicapai.

Misalnya, jika akan membuat konser, maka Anda bisa menyoroti berbagai elemen di dalamnya untuk membuat hal yang baru. Mungkin saja, Anda bisa membuat desain panggung yang unik atau membuat rangkaian kegiatan yang berbeda dari konser musik pada umumnya.

3. Lakukan Kerja Sama dengan Berbagai Lapisan Masyarakat

Cara ketiga untuk melakukan event branding yaitu dengan menjalin berbagai kerja sama. Buatlah kerja sama dengan berbagai lapisan elemen masyarakat, misalnya komunitas hingga elemen pemerintah yang terkait.

Tentunya, hal ini juga bisa disesuaikan dengan event yang akan diselenggarakan. Ajaklah berbagai pihak yang berhubungan dengan topik event untuk menjalin kerja sama dengan Anda.

Kerja sama ini bisa memiliki berbagai bentuk, misalnya dengan mempromosikan event Anda. Promosi ini bisa berupa pemasangan standing banner di berbagai tempat, misalnya toko, cafe, dan berbagai tempat yang ramai dikunjungi orang.

Melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga terkait juga merupakan salah satu pilihan yang bagus. Mereka bisa turut membantu Anda dalam membuat event bisa berlangsung dengan lebih optimal.

Semakin luas kerja sama yang bisa Anda bangun, maka jangkauan dari event Anda juga bisa menjadi lebih luas. Oleh karena itu, cara ini sebaiknya Anda pertimbangkan dari awal, supaya berbagai kerjasama bisa terjalin dengan baik.

4. Manfaatkan Media Sosial

Hal lainnya yang tidak kalah penting yaitu memanfaatkan media sosial untuk event yang akan diselenggarakan. Anda bisa membuat akun khusus untuk event tersebut, atau memakai akun dari brand yang sudah ada sebelumnya. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari event Anda.

Perhatikan dengan baik berbagai konten event yang nantinya akan diunggah. Buatlah supaya orang-orang yang melihat konten tersebut bisa langsung teringat dengan event serta brand Anda.

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk memaksimalkan jangkauan dan penyelenggaraan event.

Sebenarnya, event memang tidak selalu harus diselenggarakan secara offline, karena bisa juga Anda membuat event dalam bentuk online. Anda bisa membuat berbagai kegiatan online untuk meningkatkan keterlibatan banyak orang dari berbagai daerah.

Itulah berbagai penjelasan tentang branding untuk sebuah event, termasuk manfaat dan cara melakukannya. Tentunya, berbagai hal perlu dipersiapkan dengan matang sehingga event bisa berjalan dengan baik sesuai harapan penyelenggara.  

Jika membutuhkan berbagai bantuan untuk branding, termasuk dalam hal event branding, maka Anda bisa memanfaatkan layanan branding dari Dreambox. Dengan layanan ini dan menghubungi kontak kami, maka branding bisnis Anda bisa berjalan dengan lebih optimal dan menjangkau lebih banyak pasar.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms