...

Inilah 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Marketing Online

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
susun-strategi-branding-jitu-bersama-brand-agency-jakarta-dreamox

Marketing Online merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas pemasaran dengan modal yang lebih minim.

Memilih untuk menekuni bisnis tentu perlu menjalankan kegiatan pemasaran atau marketing, bisa dengan menerapkan teknik marketing online maupun offline. Beberapa pebisnis bahkan memilih menjalankan keduanya untuk meningkatkan omset penjualan secara maksimal. 

Baca Juga: 3 Tips Memaksimalkan Digital Marketing Bisnis Anda

Melihat penggunaan internet menjadi semakin merakyat, perlu diakui bahwa semakin banyak pula pemasaran secara online. Alasannya karena dinilai lebih efektif maupun karena pertimbangan lainnya. Namun, sebelum menerapkan pemasaran secara online ini penting sekali untuk mengenalnya lebih dulu. 

Sekilas Tentang Marketing Online 

Marketing online bisa diartikan sebagai usaha untuk memasarkan maupun memperkenalkan sebuah merek memakai media digital yang diketahui mampu menjangkau konsumen secara personal, lebih tepat waktu, dan juga relevan. 

Media yang digunakan untuk pemasaran online ini banyak dan semakin kesini semakin bertambah. Beberapa diantaranya adalah: 

  • Facebook, baik dengan fanpage saja maupun dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads. 
  • Instagram. 
  • Twitter. 
  • TikTok. 
  • Path. 
  • Google+. 
  • Google Ads. 
  • Marketplace. 
  • Email marketing. 
  • Blog pribadi. 
  • dan lain sebagainya. 

Dari sekian jenis media marketing di atas, mayoritas mengandalkan sosial media populer seperti Facebook dan Instagram. Tidak sedikit pula yang mengandalkan layanan Google Ads dan juga memasarkan merek lewat marketplace. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan jenis media mana yang dianggap lebih mudah dikelola dan efektif. 

Alasan Perlu Memulai Teknik Marketing Online 

Apapun bisnis yang Anda jalankan, memang sebaiknya mencoba menjalankan pemasaran secara online ini. Alasannya adalah sebagai berikut: 

1. Memberi Ruang Lebih bagi Usaha Kecil 

Menerapkan teknik marketing online membantu pebisnis skala kecil untuk ikut bersaing dengan pebisnis skala lebih besar. Sebab tidak membutuhkan lapak yang besar dan stok produk yang berlimpah. Sehingga pebisnis skala kecil pun memiliki ruang lebih untuk berkembang dan bersaing dengan pebisnis besar di internet. 

2. Kebutuhan Biaya Lebih Rendah 

Berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk memasang iklan di koran, televisi, majalah, dan media offline lainnya? Tentu cukup besar, dan mayoritas hanya pebisnis skala besar yang bisa menanggung biaya pemasaran tersebut. Namun dengan pemasaran online maka kebutuhan biaya terpangkas secara signifikan. 

Pebisnis kecil pun bisa dengan mudah memasarkan merek produk maupun jasa yang dimiliki agar menjangkau pasar nasional maupun internasional. Sebab mayoritas media pemasaran online menerapkan kebijakan pengaturan biaya secara detail. Sehingga pebisnis bisa menyesuaikan biaya dengan anggaran yang tersedia. 

3. Jangkauan Pasarnya Luas 

Memasarkan merek dengan media digital memberi jangkauan pasar yang tidak terbatas. Sebab tidak terpengaruh oleh kondisi geografis, karena iklan maupun akun jualan bisa dilihat siapa saja yang sedang mengakses internet. Dengan adanya internet, pebisnis manapun bisa memasarkan produknya di dalam dan luar negeri dengan mudah dan murah. 

4. Lebih Mudah Dekat dengan Pelanggan 

Jika memasarkan produk lewat baliho atau mungkin beriklan di televisi, Anda tentu tidak dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Lain halnya dengan pemasaran online yang membuat Anda bisa terhubung dan berkomunikasi langsung dengan konsumen. Sehingga bisa memengaruhi mereka untuk mengecek produk, mempertimbangkannya, dan melakukan pemesanan. 

Jangan Ragu untuk Mencoba

5. Hasil Real Time dan Terukur 

Memasarkan merek secara online memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasilnya secara langsung. Sebab bisa mengecek hasil analitik untuk mengetahui konten pemasaran seperti apa yang mendapat banyak view maupun interaksi. Selain itu, bisa mengecek siapa saja yang berhasil masuk ke kontak setelah memasang iklan. Sehingga hasilnya real time dan tentunya lebih terukur. 

Memasarkan merek menggunakan media digital memang menarik untuk dilakukan. Beberapa alasan diatas membuat teknik pemasaran ini semakin perlu diterapkan. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya!

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Peran Digital Marketing Terhadap Perkembangan Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms