18 November 2020

Digital Marketing memiliki peran signifikan bagi perkembangan perusahaan.

Pandemi yang melanda menyebabkan kelumpuhan hampir di setiap aktivitas manusia, tak terkecuali dunia bisnis. Banyak perusahaan kecil bahkan besar yang telah merasakan imbasnya dan berujung pada kerugian hingga gulung tikar, namun tidak sedikit juga perusahaan yang berhasil pulih, hal ini tentunya didasari dari kemampuan beradaptasi perusahaan tersebut dalam menghadapi suatu masalah, salah satunya adalah dengan mamaksimalkan potensi penjualan melalui Digital Marketing.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Peran Digital Marketing Terhadap Perkembangan Bisnis

Seperti yang kita ketahui rata-rata perusahaan di seluruh dunia telah menawarkan produknya melalui internet, melalui e-commerce atau dengan membuka website sendiri, namun yang menjadi pokok masalah adalah masih banyaknya perusahaan yang kurang memahami strategi yang tepat untuk memaksimalkan brand yang mereka miliki, seperti belum adanya kegiatan digital marketing yang difokuskan untuk menggapai lebih banyak pelanggan, oleh karena itu berikut 3 tips untuk membangun perusahaan dengan memaksimalkan Digital Marketing:

 

  • Rutin Melakukan Campaign di Dunia Maya

Kegiatan campaign merupakan salah satu metode interactive untuk menggapai audience baru, kegiatan ini dapat dilakukan melalui sosial media atau website pribadi perusahaan, namun akan lebih efektif apabila dilakukan di sosial media karena para calon pelanggan dapat berinteraksi langsung dan memberikan respon terhadap campaign yang dilakukan.

Campaign yang dilakukan sebaiknya mengandung tema yang bermanfaat, yaitu dengan mengkaitkan produk rilisan perusahaan dengan aktivitas tertentu, contohnya seperti mengangkat topik sosial yang sedang trend, atau menawarkan promo agar calon pelanggan lebih tertarik untuk melihat produk-produk.

 

  • Iklan dan Kolaborasi Bisnis

Menyebarkan Iklan pada platform sosial media merupakan salah satu cara lain untuk menggapai calon pelanggan, metode ini dapat diterapkan dengan memanfaatkan layanan jasa advertising pada setiap platform sosial media, seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan banyak lagi. Namun sebelum melakukan iklan, sebaiknya perusahaan menentukan target audience yang dituju, bahkan lebih baik lagi apabila dipertimbangkan produk mana yang akan menjadi highlight dari ikla tersebut, selain itu perusahaan juga bisa menambahkan promo pada iklan yang dilakukan agar menambah kesan lebih menarik.

Semantara itu pada Kolabrosi Bisnis bertujuan untuk menggapai calon pelanggan baru melalui rekan perusahaan lain, seperti yang kita ketahui setiap perusahaan tentunya memiliki pasarnya masing-masing, dengan dilakukannya kolaborasi ini maka kedua perusahaan akan sama-sama mendapatkan audience yang mereka miliki. Metode ini dapat bekerja apabila proses yag dilakukan sesuai dan menawarkan branding yang menarik bagi calon pelanggan.

 

  • Memaksimalkan SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah kedua hal yang saling terikat, metode ini bertujuan untuk meningkatkan traffic audience dari website perusahaan agar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Metode ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan tampilan dan konten yang dibuat pada website perusahaan, apabile rutinitas unggah suatu website sering dilakukan dan traffic audience meningkat maka website tersebut akan bisa menempati halaman utama dari mesin pencari.

SEO dan SEM juga dapat dimaksimalkan melalui tautan yang tertera pada website, dengan adanya tautan maka kemungkinan website tersebut untuk dikunjungi semakin besar. Selain itu denga melakukan iklan pada mesin pencari juga dapat meningkatkan kunjungan pada website Anda, pada dasarnya semakin sering website tersebut melakukan unggahan pada suatu mesin pencari, maka algoritme mesin pencari tersebut akan semakin mengenal website tersebut dan membuat website menempati halaman utama pencarian dalam keyword tertentu.

Itu dia tips memaksimalkan digital marketing untuk perusaan, 3 hal tersebut tentunya membutuhkan skill dan kegigihan untuk bisa mencapai target yang diinginkan. Semoga bermanfaat, Selamat mencoba!

Baca juga: Kapan Saatnya Brand Anda Membutuhkan Brand Rejuvenation? Simak 5 Tandanya di sini

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.