...

Tutorial Creator Studio Instagram untuk Pemula dan Manfaatnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
creator-studio-instagram-dreambox

Dalam era yang serba digital dan sangat memanfaatkan media sosial ini, rasanya Instagram bukan lagi media yang asing bagi banyak orang. Media ini terbilang cukup populer di kalangan masyarakat dan ternyata juga cocok untuk berbagai keperluan bisnis. Dalam hal ini, salah satu strategi pentingnya yaitu dengan memanfaatkan Creator Studio Instagram.

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah pengelolaan Instagram yang satu ini? Jika belum, atau jika ingin mempelajarinya lebih lanjut, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat. Ikuti informasinya hingga akhir dan pastikan akun Instagram terkelola dengan baik! Pelajari juga Cara Cek Engagement Rate Instagram dan Tips Meningkatkannya untuk instagram Anda yang lebih optimal.

Mengenal tentang Creator Studio Instagram

Sebelum masuk ke tutorial dan manfaat, ada baiknya dibahas terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan fitur Instagram yang satu ini.

Creator Studio Instagram adalah salah satu fitur gratis yang diberikan oleh Instagram supaya para pengguna dapat membuat konten dengan mudah dan mengelola akun secara optimal. Fitur ini juga terbilang sangat praktis dan dapat dinikmati secara gratis.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari fitur ini, misalnya mempermudah monetisasi dan melakukan analisis konten. Berbagai aktivitas dalam media sosial yang satu ini pun dapat lebih mudah untuk terpantau secara efektif.

Tutorial Creator Studio Instagram

Bagi para pemula, mungkin saja merasa ini adalah hal asing yang sulit untuk dipelajari. Padahal, Anda juga bisa menggunakan studio ini dengan cukup mudah, asalkan bisa mempelajari cara berikut dengan baik:

1. Cara Menghubungkan Akun

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum bisa memakai Creator Studio yaiyi dengan menyambungkan akun Instagram dengan fasilitas tersebut, caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Buka bagian Creator Studio Instagram
  2. Klik bagian “Facebook login
  3. Masukkan akun Anda dengan email dan kata kunci facebook, lalu klik bagian “login
  4. Setelah memasukkan akun Facebook, maka kini Anda bisa secara langsung mengelola kedua akun secara bersama dalam satu dashboard, yakni Instagram dan Facebook
  5. Fitur yang akan tersedia dalam dashboard ini yaitu buat postingan, invite people, balas pesan, dan penjadwalan unggahan

2. Cara Membuat Postingan

Sekarang, mari masuk ke fitur yang pertama yaitu membuat postingan atau unggahan, caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke bagian “Buat Postingan”
  2. Masukkan media yang hendak diunggah, misalnya video, foto, serta template konten yang sudah ada
  3. Lanjutkan dengan membuat caption di bagian “Detail Postingan”
  4. Anda bisa menjadwalkan unggahan tersebut, bisa untuk langsung diterbitkan, dijadwalkan, atau disimpan terlebih dahulu sebagai draf
  5. Selanjutnya, atur juga privasi dari postingan tersebut, misalnya akan diunggah secara publik atau terbatas untuk pengguna tertentu
  6. Jika sudah sesuai, klik bagian “Terbitkan”

3. Cara Mengundang

Fitur kedua yaitu invite people, Anda bisa mengundang berbagai pengguna yang telah menanggapi unggahan tersebut dalam kurun waktu 6 bulan terakhir supaya dapat mengikuti akun Anda, berikut langkahnya:

  1. Pilih bagian “Invite People”
  2. Pilih pengguna yang akan Anda undang, lalu klik bagian “Kirim Undangan”

4. Cara Membalas Pesan

Fitur menarik selanjutnya yaitu Anda bisa membalas pesan yang masuk ke akun Instagram tanpa perlu membuka akun tersebut, inilah langkahnya:

  1. Pilih bagian menu “Balas Pesan”
  2. Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju halaman pesan atau direct message (DM), kemudian Anda bisa membalas pesan tersebut

5. Cara Membuat Jadwal Unggahan

Selanjutnya, inilah langkah-langkah untuk membuat jadwal unggahan pada akun Instagram Anda:

  1. Masuk ke fitur ‘Jadwalkan Postingan’
  2. Masukkan media yang akan Anda unggah, misalnya video, foto, atau template konten yang sudah ada
  3. Selanjutnya, masukkan caption di bagian “Detail Postingan”
  4. Lalu, Anda bisa mulai mengatur jadwal postingan, mulai dari tanggal hingga jam yang diinginkan. Selanjutnya, privasi pun dapat diatur sesuai kebutuhan dan keinginan
  5. Jika sudah selesai, klik bagian “Jadwalkan”

6. Mari Melihat Hasil Kerja!

Jika Anda ingin melihat hasil kinerja dari setiap postingan, maka Anda bisa melihatnya melalui bagian Insight.

Itu tadi berbagai tutorial yang sebaiknya Anda pahami jika ingin menggunakan Creator Studio. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menyambut tahun 2024 dalam pengelolaan Instagram. Selanjutnya, pelajari juga berbagai tips mencapai 1000 followers Instagram.

Manfaat Creator Studio Instagram

Penggunaan Creator Studio ini menjadi cukup populer di kalangan banyak pengguna, terutama yang ingin memanfaatkan hal ini untuk melakukan berbagai pemasaran digital.

1. Menyediakan Dashboard untuk Mengelola Akun

Pertama, Anda bisa memanfaatkan dashboard yang sudah tersedia untuk melakukan pengelolaan akun.

Dengan dashboard ini, maka Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia, sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Selain itu, ada juga fitur yang dapat mempermudah monetisasi dalam akun Instagram Anda.

2. Manajemen untuk Banyak Akun menjadi Lebih Mudah

Manfaat kedua yaitu tentang mempermudah dalam memanajemen banyak akun. Anda bisa memantau dan memanajemen beberapa akun sekaligus. Anda hanya perlu masuk ke dalam dashboard, lalu melakukan berbagai tindakan yang diperlukan.

3. Mempermudah Proses dari Monetisasi

Manfaat ketiga ini sudah sempat disinggung pada bagian sebelumnya, yaitu dapat mempermudah monetisasi. Anda bisa memberikan tanda tanda untuk unggahan yang ingin dijual dan berkolaborasi dengan pihak lain.

Dengan begitu, maka Creator Studio akan menyambungkan akun Anda dengan berbagai pihak pengiklan yang sesuai. Selanjutnya, kemungkinan Anda mendapat keuntungan pun akan lebih besar dan maksimal.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memahami berbagai informasi tentang cara berbisnis di Instagram, supaya bisa lebih mendukung pengelolaan dan pemasaran di media sosial yang satu ini.

4. Melakukan Analisis Postingan

Seperti yang sudah dibahas pada bagian tutorial, Anda bisa melakukan analisis postingan dengan memanfaatkan fitur insight. Dengan demikian, maka Anda bisa melihat konten mana yang kinerjanya sudah baik dan konten mana yang terbilang masih kurang.

5. Mengelola Profil dengan Lebih Optimal dan Fleksibel

Berbagai pengelolaan profil bisnis akan menjadi lebih mudah, optimal, dan fleksibel dengan memanfaatkan Creator Studio. Anda dapat memutuskan berbagai informasi yang akan ditampilkan atau disembunyikan dalam akun profil.

6. Adanya Kalender Konten

Manfaat selanjutnya yaitu Anda dapat melihat tampilan kalender konten. Fitur ini dapat membuat Anda lebih mudah melihat dan memantau berbagai jadwal postingan dan konten yang sebelumnya telah diterbitkan. Rentang waktu yang bisa dilihat dapat berupa bulanan atau mingguan.

Tingkatkan Instagram Anda dengan Creator Studio Instagram

Itulah penjelasan tentang Creator Studio pada media sosial Instagram. Anda kini sudah lebih mengetahui tentang tutorial dan berbagai manfaatnya, sehingga akan lebih mudah jika ingin menggunakannya untuk berbagai kepentingan.

Pada dasarnya, tutorial di atas adalah salah satu cara untuk melakukan digital marketing atau pemasaran digital. Bagi sebagian orang, penjelasan di atas mungkin sudah cukup mudah untuk dipahami dan langsung dipraktikkan dalam berbagai unggahan konten.

Namun, mungkin saja masih banyak orang yang belum terbiasa untuk melakukan berbagai praktik marketing ini. Tenang saja, saat ini sudah banyak jasa digital yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan media sosial Anda.

Jika ingin menggunakan Creator Studio Instagram dengan baik, maka jasa layanan digital marketing dari Dreambox Branding Agency bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut tentang jasa terbaik dari kami, silakan hubungi kontak kami. Jangan tunda lagi, segera buat publikasi Instagram yang lebih optimal!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms