...

Cara Kerja, Tips, dan Aturan Algoritma Reels Instagram

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Algoritma-reels-instagram-dreambox

Jika Anda akan membuat berbagai konten Instagram, maka ada baiknya memperhatikan sistem algoritma yang bekerja. Hal ini juga berlaku jika Anda akan membuat konten Reels, sehingga sebaiknya Anda pahami cara kerja dan pemicu algoritma Reels Instagram.

Apakah pembahasan seperti ini sudah cukup familier untuk Anda? Atau mungkin, selama ini Anda hanya fokus untuk membuat konten terbaik tanpa mempertimbangkan algoritma?

Ikuti penjelasan dalam artikel ini dan mari lebih mengena tentang algoritma Reels pada media sosial Instagram. Perhatikan juga cara mudah untuk membuat dan mengelola konten Reels! Anda juga dapat memahami Cara Terbaik Menentukan Jadwal Post TikTok di 2024.

Bagaimana Cara Kerja Reels?

Jika bicara tentang Reels dan bagaimana konten tersebut dapat tersebar, maka hal yang akan dibicarakan selanjutnya yaitu tentang algoritma Reels Instagram.

Sama halnya dengan berbagai aplikasi dan sistem digital lainnya, Instagram dapat menyebarkan berbagai jenis kontennya sesuai dengan sistem algoritma yang disusun. Maka dari itu, jika Anda ingin penyebaran konten secara maksimal, maka inilah yang perlu dipelajari.

Tidak hanya itu, ada baiknya Anda juga mengetahui algoritma Instagram terbaru dan tips yang bisa dilakukan.

Pemicu Algoritma Reels Instagram pada Feed dan Story

Pada praktiknya, ada berbagai hal yang bisa menjadi pemicu munculnya Reels tertentu pada bagian Feed dan Story. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut terkait setiap faktor yang sebaiknya Anda pahami jika ingin memanfaatkan sistem algoritma:

1. Relevansi

Pemicu pertama dari munculnya Reels yakni terkait relevansinya dengan pengguna tertentu. Jadi, sistem dalam Instagram akan melihat dan menentukan seberapa tinggi tingkat relevansi antara sebuah konten dan pengguna tertentu yang ditargetkan untuk menonton.

Jadi, jika Anda ingin memanfaatkan relevansi ini dalam membuat konten Reels, maka ada berbagai hal yang bisa diperhatikan. Misalnya, analisis konten dan penggunaan audio, pemakaian hashtag yang tepat dan relevan, pertimbangan tentang interaksi, dan memperhatikan waktu posting. Hal tersebut dapat menjadi tips Raih 1000 Follower Instagram.

2. Interaksi

Faktor pemicu yang kedua yaitu adanya interaksi yang yang terjadi antara pengguna dan akun Instagram yang lainnya. Hal ini akan menjadi salah satu analisis penting dalam sistem Instagram, sehingga algoritmanya akan berpengaruh.

Untuk pengguna yang sering melakukan interaksi terhadap akun tertentu, maka Reels terbaru dari akun tersebut dapat lebih mudah untuk masuk ke dalam rekomendasi. Jika Anda pembuat konten atau pebisnis yang akan memanfaatkan Reels untuk kebutuhan pemasaran, maka faktor pemicu yang satu ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Anda bisa memanfaatkan Reels untuk memberikan berbagai informasi atau penawaran, sehingga kemungkinan terlihat oleh pengguna yang sering berinteraksi akan menjadi lebih tinggi.

3. Popularitas

Selanjutnya, ada pemicu algoritma Reels Instagram berupa tingkat popularitas. Maksudnya, berbagai umpan balik yang positif dapat membuat Reels Instagram menjadi lebih populer dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mencapai algoritma yang lebih luas.

Dapat dikatakan bahwa like, komentar, dan share menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah Reels, jika ingin konten tersebut lebih mudah tersebar dan ditonton banyak pengguna.

4. Jam Posting

Jam posting juga menjadi hal yang dipertimbangkan oleh sistem algoritma yang berjalan di Instagram, sehingga penting untuk diperhatikan bagi setiap pembuat konten Reels.

Instagram cenderung akan memprioritaskan Reels yang masih tergolong baru, jika dibandingkan dengan konten yang sudah terbilang lama.

Jadi, ada baiknya Anda benar-benar mempertimbangkanwaktu yang tepat ketika akan mengunggah Reels. Usahakan untuk mendapatkan waktu terbaik dan sesuai dengan konten yang dibuat.

Pemicu Algoritma Reels Instagram Fitur Explore

Selanjutnya, ada pula pemicu algoritma dari Reels Instagram untuk fitur Explore, antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Kualitas Konten

Pertama, berkaitan dengan kualitas konten. Algoritma pada Reels akan cenderung memberikan peluang yang lebih tinggi untuk konten foto dan video Reels yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu, caption dan hashtag yang digunakan pun dapat berpengaruh terhadap penilaiannya.

2. Minat Pengguna

Setelah algoritma Reels Instagram bekerja dengan baik, bagian Explore di Instagram akan cenderung memperlihatkan konten Reels yang sesuai dengan minat Anda. Hal ini memiliki cara kerja yang serupa dengan konsep umpan balik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, kali ini berlaku untuk interaksi pengguna terhadap konten dengan topik tertentu.

3. Batasan

Untuk halaman Explore, ada hal-hal lain yang cenderung diperhatikan secara lebih oleh sistem algoritma, yaitu batasannya. Jika dianggap melanggar ketentuan, maka konten tidak dapat ditampilkan di halaman tersebut,

Sebenarnya, sistem algoritma memang umum dipakai untuk berbagai media, termasuk mesin pencari Google. Jika Anda adalah pebisnis yang melakukan berbagai strategi digital marketing, maka selain algoritma Instagram, pelajari juga tentang algoritma Google terbaru.

Aturan Buat, Unggah, dan Mengelola Reels Instagram

Selain memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan algoritma Reels Instagram terbaru, ada pula aturan-aturan yang perlu diperhatikan. Pihak Instagram telah membuat berbagai aturan yang terkait syrat konten, cara mengunggah, serta pengelolaan Reels Instagram yaitu sebagai berikut:

1. Syarat dan Aturan Konten Reels Instagram

Tentunya, setiap media sosial memiliki syarat dan aturannya tersendiri terhadap pengunggahan konten. Untuk Reels Intagram, berikut adalah persyaratan yang perlu diketahui supaya tidak salah ketika akan membuat konten:

  • Rasio aspek yang bisa digunakan yaitu antara 9:16 dan 1,91:1
  • Reels perlu memiliki frame rate sebesar minimal 30 FPS atau frame per detik
  • Resolusi minimal 720 piksel
  • Konten telah memenuhi pedoman komunitas, karena jika ada pelanggaran maka konten tersebut dapat dilaporkan
  • Ukuran dari sampul foto Reels yang disarankan yaitu sebesar 420 x 654 piksel atau dengan rasio 1: 1,55. Lalu, perlu diperhatikan bahwa untuk saat ini Anda tidak bisa menyunting foto sampul yang telah diunggah
  • Anda bisa memilih kualitas Reels dari bagian profil, pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

2. Cara Menjadwalkan Reels di Instagram

Selanjutnya, jika Anda berniat untuk menjadwalkan postingan Reels di Instagram, maka berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Ketuk tanda untuk membuat Reels
  3. Pilihlah video atau foto yang akan diunggah
  4. Tambahkan keterangan, efek, filter jika diperlukan
  5. Ketuk tanda untuk melanjutkan proses unggah
  6. Ketuk bagian “Pengaturan Lanjutan”
  7. Pilih waktu dan tanggal yang Anda inginkan, dapat dipilih hingga 75 hari dari hari ketika Anda menjadwalkan
  8. Ketuk “Jadwalkan”

3. Cara Mengelola Postingan Reels

Anda juga dapat melakukan pengelolaan Reels Instagram yang terjadwal, yaitu dengan langkah sebagai berikut:

  1. Buka bagian profil Instagram Anda
  2. Ketuk tanda di kanan atas, lalu pilihlah bagian “Konten Terjadwal”
  3. Ketuk tanda di bagian samping Reels yang akan dikelola atau disunting
  4. Pilih bagian “Jadwalkan Ulang”

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Reels

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, mungkin saja sebagian orang sudah bisa langsung memahami dan menerapkan strategi yang tepat. Biasanya, akan semakin mudah untuk membuat dan mengelola konten Reels ketika Anda sudah memiliki pengalaman sebelumnya, sehingga sudah mendapatkan alur perencanaan yang dianggap tepat.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat dan mengelola Reels, atau tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukannya, maka ada solusi tepat bagi Anda!

Percayakan algoritma Reels Instagram Anda kepada jasa layanan digital marketing dari Dreambox Branding Agency. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan jasa terbaik ini, silakan segera hubungi kami! Jangan tunda-tunda, segera buat Reels Instagram terbaik dan pastikan algoritmanya maksimal!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms