Ketahui Algoritma Instagram Terbaru dan 8 Tips Lainnya

Digital Marketing

Interaksi dengan audience merupakan kunci algoritma instagram terbaru.

Memahami algoritma Instagram terbaru merupakan salah satu kewajiban jika Anda ingin sukses mengembangkan bisnis melalui media sosial ini. Sebab memahami algoritma akan membantu meningkatkan awareness dan engagement konten Anda.  Dengan meningkatnya awareness dan engagement, social media campaign yang dibuat akan mampu menjangkau lebih banyak audience. Silahkan simak penjelasan berikut untuk lebih memahami cara kerja algoritma Instagram serta tips lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping?

Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru

Setiap media sosial pasti memiliki algoritma tersendiri untuk menentukan konten berkualitas di platform mereka. Untuk Instagram, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait algoritma ini yaitu sebagai berikut.

1. Interaksi atau Hubungan

Instagram berharap setiap pengguna akan menghabiskan banyak waktu di platform mereka. Oleh karena itu konten dari akun yang sering berinteraksi akan diprioritaskan untuk membuat pengguna berada di aplikasi lebih lama.

2. Ketertarikan

Instagram juga dapat mengidentifikasi jenis konten yang disukai oleh setiap penggunanya. Dengan begitu Instagram akan memunculkan konten dengan tema menyerupai konten yang membuat pengguna tertarik.

3. Ketepatan Waktu

Waktu postingan masih merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan banyak awareness dan engagement. Konten yang dibuat pada waktu banyak pengguna Instagram online lebih berpeluang mendapatkan awareness dan engagement besar.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Posting secara Konsisten

Memahami cara kerja algoritma Instagram terbaru saja tidak akan cukup untuk meningkatkan akun Anda. Anda juga harus melakukan postingan secara konsisten agar lebih mudah menjangkau audience. Dengan adanya postingan secara konsisten, akan membuat audience selalu melihat konten Anda. Hal ini semakin lama akan membuat mereka tertarik untuk likes, memberi komentar, menyimpan atau membagikan konten tersebut.

Berbeda jika Anda melakukan postingan hanya satu atau dua kali dalam satu minggu. Tentu audience menjadi tidak terlalu mengenal akun Anda sehingga sulit membuat mereka berinteraksi. Tidak perlu terlalu banyak dalam membuat konten untuk akun Instagram. Cukup lakukan posting setidaknya satu hari sekali agar tetap bisa berinteraksi dengan para audiens Anda.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Melakukan Analisis

Selain memiliki algoritma Instagram terbaru, platform ini juga telah menyediakan perangkat untuk menganalisis sebuah akun. Namun pertama Anda harus mengubah jenis akun menjadi akun bisnis atau kreator. Ada banyak tools analisis yang bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja akun Anda. Mulai dari melihat reach, impression, dan banyak lagi. Semua tools tersebut dapat Anda lihat dalam menu insights. Melalui insight ini Anda juga dapat melihat data demografis dari follower di akun Instagram, sehingga akan mempermudah Anda dalam menentukan pembuatan konten sesuai data follower.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Kualitas Konten

Kualitas konten tentu menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pengembangan akun Instagram. Sebab konten yang menarik akan mampu menarik lebih banyak orang untuk melakukan interaksi. Kualitas konten juga akan membantu algoritma Instagram terbaru dalam mempromosikan konten Anda, sehingga konten tersebut bisa dilihat oleh lebih banyak orang walaupun mereka bukanlah follower Anda. Jangan hanya mementingkan jumlah postingan untuk diunggah pada akun Anda. Namun perhatikan juga kualitas dari setiap konten agar bisa mendapatkan lebih banyak awareness dan engagement.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Berikan Reward

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan interaksi dari audience adalah dengan menjanjikan hadiah. Hal ini telah dilakukan oleh banyak bisnis baik dalam lingkup kecil hingga multinasional. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan hadiah pada audience. Salah satu caranya adalah dengan melakukan giveaway atau pemberian produk untuk orang-orang terpilih. Sebagai syarat untuk mendapatkan hadiah tersebut, Anda bisa meminta mereka untuk follow, like dan memberi komentar. Dengan begitu konten yang Anda miliki akan mendapatkan engagement tinggi.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Melakukan Kolaborasi

Kolaborasi juga merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan algoritma Instagram terbaru. Dengan melakukan kolaborasi, Anda bisa mendapatkan perhatian dari audience pihak yang Anda ajak berkolaborasi, sehingga orang-orang yang tadinya belum mengenal brand Anda akan menjadi tahu. Lalu dari konten tersebut, mereka bisa saja tertarik dan mengunjungi akun Instagram milik Anda. Ketika melakukan kolaborasi, tentu Anda harus memberikan feedback pada pihak yang diajak berkolaborasi, sehingga pihak tersebut juga merasa senang dan mendapatkan manfaat dari kolaborasi yang dilakukan.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Tingkatkan Kualitas Interaksi

Jangan pernah hanya berharap mendapatkan likes dan komentar dari para audience saja. Sebab masih banyak interaksi yang bisa Anda lakukan dengan mereka seperti DM, QnA, dan masih banyak lagi. Gunakan setiap kesempatan tersebut untuk membuat interaksi yang berkualitas dengan audience. Sebab semakin tinggi kualitas interaksi, maka semakin besar juga ikatan audience dengan brand Anda. Tentu hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai campaign di masa mendatang. Oleh karena itu tidak perlu malu atau sungkan untuk memulai interaksi dengan audience.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Penggunaan Hashtag

Penggunaan hashtag merupakan salah satu hal penting di dalam algoritma Instagram terbaru. Sebab dengan hashtag, Instagram dapat mengidentifikasi jenis konten Anda dan membagikannya sesuai jenis konten tersebut. Oleh karena itu jangan sembarangan dalam menggunakan hashtag jika ingin konten Anda mendapatkan engagement tinggi. Lakukanlah riset untuk menentukan hashtag yang tepat pada setiap konten. Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda bisa menggunakan hashtag dengan tingkat pencarian besar, sedang dan kecil, sehingga konten Anda akan lebih tersebar dan menjangkau banyak orang.

Tips Memanfaatkan Algoritma, Posting di Waktu yang Tepat

Telah kami sebutkan sebelumnya bahwa waktu postingan merupakan hal penting pada algoritma Instagram terbaru, sehingga pastikan Anda melakukan posting pada waktu yang tepat agar mendapatkan engagement tinggi. Perlu Anda pahami bahwa setiap akun memiliki waktu postingan yang tepat berbeda-beda. Anda bisa melihat pada menu insights untuk melihat kapan waktu follower paling aktif. Hal ini dapat menjadi acuan sebagai waktu terbaik melakukan postingan. Sebab konten Anda bisa langsung diperlihatkan kepada banyak orang yang sedang aktif di dalam Instagram. Penggunaan media sosial untuk pengembangan bisnis sudah bukan menjadi hal aneh. Bahkan saat ini kepemilikan media sosial bagi suatu brand seakan menjadi kewajiban yang harus dipenuhi.

Baca Juga: 3 Cara Menentukan Unique Selling Point (USP) dari Brand yang Anda Tawarkan

Apalagi saat ini penggunaan media sosial seperti Instagram di masyarakat sudah sangat masif, sehingga Anda harus bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan. Dengan adanya akun media sosial seperti Instagram tersebut juga, Anda bisa melakukan pengembangan bisnis. Tentu Anda harus memahami algoritma Instagram terbaru agar lebih mudah ketika melakukannya.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.