Jasa Pembuatan Logo Perusahaan Memperhatikan 10 Unsur Ini

Branding Strategi

Jasa Pembuatan Logo dapat merepresentasikan citra perusahaan Anda

Sebagai pengelola usaha, pasti Anda akan membutuhkan jasa pembuatan logo perusahaan, agar usaha Anda bisa lebih mudah dikenal oleh publik. Memiliki nama atas bisnis Anda memang sudah cukup, namun publik lebih mudah mengingat suatu hal yang berkaitan dengan visual.

Maka dari itu hampir semua usaha baik berskala kecil hingga besar memiliki logonya tersendiri, Anda bisa membuatnya melalui nama usaha atau membuat gambar yang melambangkan usaha tersebut, hal terpenting adalah membuat logo sedemikian rupa menarik.

Jasa pembuatan logo perusahaan memang membantu pebisnis, yang tidak punya kemampuan di bidang desain khususnya, bisa memiliki lambang usahanya sendiri. Kehadiran logo pada suatu bisnis dianggap sebagai identitas, dan memiliki makna tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Dalam pembuatannya, pebisnis tidak hanya sekedar membuat desain unik atau menarik, namun juga memiliki makna tersendiri terhadap perusahaannya. Kebutuhan pebisnis akan jasa pembuatan logo cukup tinggi, karena semakin banyak perusahaan berdiri di Indonesia.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan logo perusahaan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa fungsi dari pembuatan simbol tersebut. Apakah hanya sekedar pembeda antara usaha Anda dengan pesaing, atau memiliki makna tertentu yang perlu diketahui oleh pebisnis?

1. Identitas Perusahaan

Seperti kita ketahui bahwa pebisnis membutuhkan logo bagi usahanya, yang akan menjadi pembeda dengan usaha lain. Di dalam logo, pebisnis juga bisa menambahkan unsur-unsur yang menjadi ciri khas dari perusahaan itu sendiri, bukan sekedar nama atau gambar tanpa makna.

Memasukkan ciri khas usaha Anda ke dalam simbol tersebut, juga berfungsi agar tidak akan kesamaan dengan simbol dari pebisnis lain. Sehingga saat konsumen melihat atau membeli produk pebisnis, mereka dapat membedakan kualitas brand Anda dengan pesaing.

2. Menyampaikan Citra Perusahaan

Jasa pembuatan logo perusahaan juga bisa membantu pebisnis, dalam membuat simbol yang memuat citra perusahaan didalamnya. Citra seperti apa ingin disampaikan kepada publik, selain itu pebisnis juga bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan brand impression.

Buatlah simbol yang memiliki font, warna, corak juga tagline seperti apa yang ingin disampaikan dalam simbol tersebut. Kami sarankan untuk tidak memasukkan terlalu banyak kata didalamnya, karena pada umumnya ukuran logo tidak begitu besar, sehingga tulisannya juga kecil.

3. Memberi Kepercayaan kepada Publik

Tanpa disadari ketika Anda memiliki simbol perusahaan tersendiri, konsumen akan lebih percaya untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Bagaimana jadinya jika mereka tidak mengetahui asal usul produk atau jasa yang digunakan? Tentu mereka akan ragu untuk membelinya bukan.

4. Pemasaran

Jasa pembuatan logo perusahaan juga bisa membantu pebisnis dalam urusan pemasaran, karena ketika Anda memasarkan produk atau jasa, simbol perusahaan tentu harus diperkenalkan secara publik, agar mereka bisa mengetahui dengan baik bahwa usaha Anda berdiri.

Baca Juga: Pelajari 5 Cara Membuat Logo Profesional dan Bermakna

Untuk mengenal lebih baik fungsi dari logo, kami akan memberikan informasi mengenai jenis dari simbol tersebut beserta perbedaan diantara ketiganya. Terdapat logo yang hanya berupa inisial perusahaan misalnya, atau ada juga yang hanya terdiri dari sebuah simbol atau susunan huruf.

1. Logomixed

Sebelum menggunakan jasa pembuatan logo perusahaan, akan lebih baik jika Anda mengetahui salah satu jenisnya yaitu logomixed. Jenis ini memuat gabungan simbol dan susunan huruf, dan sudah banyak pula pengelola usaha menerapkan jenis ini.

Dalam pembuatan logomixed, pebisnis bisa memiliki simbol terbuat dari nama perusahaan atau Anda juga bisa membuat susunan huruf maupun singkatan. Hal terpenting adalah jangan terlalu banyak jumlah kata, jika terlalu banyak kata maka semakin sedikit space tersedia.

2. Logotype

Jenis lainnya bernama logotype, memuat susunan huruf didalam simbol. Biasanya pebisnis memilih untuk memasukkan kata yang memuat citra perusahaan, baik dalam ejaan lengkap atau singkatan dengan jenis huruf disesuaikan.

Untuk membuatnya tampak berbeda, pebisnis bisa memilih desain unik dan akan menjadi ciri khas usaha Anda nantinya. Pastikan bahwa huruf yang tercantum bisa dibaca dengan jelas, dan akan lebih baik jika ukurannya tidak terlalu kecil atau memuat kata sulit dibaca.

3. Logogram

Jasa pembuatan logo perusahaan juga bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam pembuatan jenis logo lainnya yaitu logogram, untuk jenis satu ini simbol hanya memuat gambar atau bentuk tertentu saja, dan simbol jenis ini harus dibuat unik dan berbeda dari kebanyakan logogram lain.

Anda juga bisa membuat logogram yang memuat nama atau inisial perusahaan, dengan desain tertentu terlampir pada logogram, akan lebih mudah bagi masyarakat mengenalnya. Untuk mempermudah konsumen mengingat, akan lebih baik jika memuat 2 sampai 3 kata saja.

Baca Juga: Percayakan Branding Agency Jakarta Membangun Branding Bisnis Anda

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatannya

Memang mudah menemukan jasa pembuatan logo perusahaan, namun perlu Anda ketahui jika dalam pembuatan simbol tersebut, ada beberapa hal harus diperhatikan, agar hasil logo diinginkan oleh pebisnis bisa sesuai dengan kebutuhan juga brand itu sendiri.

1. Kenali Brand Perusahaan Anda

Sebelum membuat simbol, pebisnis perlu mengenal brand perusahaan terlebih dulu. Maksudnya adalah memahami visi misi perusahaan, bagaimana tujuan ingin dicapai kedepannya. Akan lebih baik jika Anda juga bisa mengenali karakter konsumen, untuk menyesuaikan elemen logo.

Maka dari itu setiap pebisnis harus bisa memahami brand perusahaannya sendiri, karena dalam pembuatan simbol, Anda tidak bisa sembarangan memasukkan elemen yang tidak ada kaitannya dengan citra ataupun visi misi perusahaan.

2. Memilih Warna dan Desain yang Sesuai

Jasa pembuatan logo perusahaan juga bisa membantu Anda dalam memilih warna dan desain yang sesuai, apabila pebisnis bingung memilih desain yang tepat. Perlu diketahui bahwa warna yang digunakan bisa memberi efek emosi berbeda-beda bagi siapapun yang melihatnya.

Maka dari itu jenis usaha yang Anda dirikan perlu disesuaikan dengan warna yang hendak dipakai, seperti halnya warna merah yang memberikan kesan semangat dan energik. Warna merah bisa memicu meningkatnya nafsu makan, bisa dilihat bahwa warna ini memang banyak diaplikasikan pada usaha makanan cepat saji.

Sebelum menggunakan jasa pembuatan logo perusahaan, akan lebih baik jika Anda menentukan jenis logo yang diinginkan. Diskusikan dengan baik bersama tim, jenis seperti apa yang dipilih, pastikan bahwa pilihan Anda mampu mempresentasikan identitas pebisnis dengan baik.

Baca Juga: 8 Alasan Branding Strategy Memberikan Keuntungan Jangka Panjang

4. Desain Aplikatif

Selain itu pebisnis juga perlu memilih desain yang aplikatif, maksudnya ialah logo ini bisa terlihat jelas dan menarik apabila diaplikasikan ke berbagai instrumen promosi, baik berukuran kecil atau besar.

Karena dalam pemasaran nantinya, tentu Anda akan menggunakan berbagai instrumen. Selain itu jangan lupa dengan desain yang diaplikasikan, pastikan bahwa nama atau susunan huruf ingin digunakan dapat terbaca dengan jelas bagi masyarakat.

5. Setiap Elemen Memiliki Kisah Tersendiri

Jasa pembuatan logo perusahaan juga bisa membantu pebisnis, dalam menemukan makna pada setiap elemen logo yang ingin diaplikasikan. Akan lebih baik jika Anda memiliki cerita tersendiri pada setiap elemen, dan akan membuat identitas perusahaan menjadi lebih bermakna.

Saat Anda mengunjungi toko atau membeli suatu produk dari brand tertentu, biasanya brand tersebut memiliki logo yang menjadi identitas dari usaha mereka. Dengan melihat logo tersebut, maka konsumen bisa dengan mudah kembali membeli produk Anda jika cocok.

Tentunya hal tersebut bisa menguntungkan pebisnis, hanya dengan mengeluarkan biaya Jasa pembuatan logo perusahaan sekali saja, maka keuntungan didapat bisa bertahan lama. Ini merupakan suatu investasi jangka panjang, dan penting dilakukan oleh semua pebisnis.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.