Jenis – jenis Merek yang Mungkin Jarang Anda Ketahui Berikut Diantaranya

Branding Strategi

Setiap pemilik bisnis tentunya harus memahami jenis – jenis merek, terutama yang memperoleh perlindungan hukum di Indonesia.

Jenis – jenis merek tentunya mencegah kejadian seperti yang beberapa waktu lalu pernah rame di media sosial. Merek sendiri merupakan sebuah identitas, sehingga tidak hanya terbatas pada nama, logo, atau produknya, melainkan juga sebuah ide dibaliknya. Merek bisa diperoleh siapa saja, selama memiliki inovasi bisa menciptakan mereknya sendiri. Dalam dunia persaingan bisnis, terkadang terdapat pihak – pihak yang secara sengaja memanfaatkan popularitas brand besar untuk kepentingannya sendiri. Seperti membuat brand yang memiliki nuansa serupa dengan brandnya. Untuk melindungi dari kejadian semacam ini, diberikanlah perlindungan. Di Indonesia dikenal dengan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), sehingga ide dan keberadaannya diakui serta dilindungi oleh hukum.

Baca Juga: 3 Kegunaan Backlink Profile Bisnis Anda dalam Bidang Branding

Jenis – Jenis Merek yang Dilindungi dan Mungkin Jarang Anda Ketahui

Dalam kegiatan bisnis, ternyata memiliki berbagai macam bentuk, akibatnya brandnya juga memiliki berbagai macam jenis. Agar mampu lebih melindungi, dibagi menjadi beberapa kelompok mereknya, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Merek Dagang

Brand ini merupakan sebuah identitas yang melekat pada sebuah produk yang diperdagangkan atau ditawarkan kepada konsumen. Biasanya melekat pada kemasan, baik berupa nama, logo, atau simbol – simbol lainnya. Melalui brand tersebut seorang pelanggan langsung bisa mengenali produk dan karakteristiknya, meskipun terdapat produk lain yang serupa. Terdapat tiga jenis brandnya, biasanya disematkan pada akhir nama brandnya, yaitu ™, ℠, dan ®

2. Merek Jasa

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun ini melekat pada penawaran jasa pada pelanggannya. Melalui ini, seorang pemilik bisnisnya bisa melindungi ide serta konsep layanan jasanya. Sehingga tidak memungkinkan diambil keuntungan oleh pihak lainnya. Sama seperti dengan jenis brand dagang, memiliki identifikasi berbeda apabila sudah terdaftar. Menggunakan simbol sama, yaitu TM, SM, dan R. Sehingga perlindungannya juga lebih baik bagi para pemilik bisnis.

3. Merek Kolektif

Terkadang terdapat barang atau jasa dengan karakteristik sama serta diperdagangkan oleh berbagai perusahaan. Untuk memberikan identitas maupun perlindungan, dikelompokkanlah pada jenis merek kolektif.

4. Merek Fungsional

Functional brand merupakan pemberian identitas dan persepsi pada sebuah barang atau jasa sesuai dengan keunggulan fungsionalnya. Contohnya ketika ingin membangun jasa ekspedisi super cepat, diberikan nama KILAT. Pemberian nama tersebut tentunya langsung melekat pada benak konsumen bahwa jasa yang ditawarkan sangat cepat. Apalagi jika dibarengi dengan ditepatinya layanan jasa pengirimannya tersebut. Antara fungsi, layanan, dan brand semuanya saling menguatkan.

5. Merek Citra

Di antara jenis – jenis merek lainnya, Brand ini memfokuskan pada pemberian nilai manfaat terhadap penggunanya, sehingga ketika penggunanya menggunakan produknya bisa lebih mengekspresikan dirinya. Karena dengan menggunakan produknya bisa meningkatkan citranya. Contohnya ketika menggunakan produk Iphone, akan menumbuhkan citra bahwa seseorang tersebut kaya. Pemberian identitas pada penggunanya untuk meningkatkan citranya disebut dengan image brand. Ini juga dilindungi dengan HAKI.

6. Merek Eksperiensial

Brand eksperiensial berusaha menunjukkan identitas produknya melalui pengalaman yang dilalui oleh penggunanya ketika menggunakan produknya. Mulai dari setting, desain produknya, aksesoris, disesuaikan untuk menunjang pengalaman penggunanya. Setiap jenis brand memiliki keunggulannya masing – masing dalam menggapai konsumen. Menciptakan identitas kuat sangat diperlukan dalam membangun kesadaran dari para konsumen serta membedakan dari produk sejenisnya.

Baca Juga: Unsur – unsur Branding Ini Harus Bisnis Anda Miliki, Apa Saja?

Indonesia memiliki lingkungan yang baik dalam mengembangkan brand, karena memiliki HAKI sebagai perlindungan hukum pemilik brandnya. Karenanya harus memahami jenis – jenis merek terlebih dahulu, agar mampu mengoptimalkan perlindungannya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.