...

Ketahui Manfaat, Bentuk, dan Cara Kerja Brand Activation

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-kerja-brand-activation-dreambox

Memperkuat identitas brand adalah kunci menyiasati kompetisi bisnis yang sengit.

Bagaimana Anda dapat memantapkan posisi brand bisnis dalam ingatan pelanggan? Brand activation, atau terkadang juga disebut dengan istilah branding activation, menjadi kunci untuk strategi pemasaran bisnis Anda. Spesifiknya, apa saja yang menjadi aspek brand activation? Mari kita pelajari pengertian, manfaat, ragam, dan cara kerjanya secara lebih mendalam.

Apa Itu Brand Activation?

Dalam dunia marketing, branding activation adalah usaha bisnis menjalin kedekatan dengan pelanggan. Sebelum menciptakan hubungan tersebut, tentunya calon konsumen atau pengguna harus mengetahui keberadaan serta identitas usaha Anda terlebih dahulu.

Maka dari itu, salah satu tujuan utamanya sangat berkaitan erat dengan brand awareness. Harapannya, konsumen semakin tertarik dengan keunikan yang ditawarkan bisnis Anda, dan mereka akan terus mengingatnya. Itulah mengapa kata aktivasi ada pada istilah brand activation.

Manfaat Brand Activation

Tentunya kini Anda sudah memahami definisi branding activation dan hasil yang ideal dari strategi tersebut. Keuntungan apa yang akan Anda peroleh dengan menerapkan brand activation? Berikut beberapa manfaat brand activation bagi bisnis Anda.

1. Memperkuat identitas brand

Brand activation tidak hanya berfokus pada peningkatan brand awareness; kesetiaan pelanggan terhadap usaha pilihan mereka atau brand loyalty juga menjadi aspek penting dalam upaya pemasaran ini.

Jika dipadukan dengan kualitas layanan dan produk yang konsisten, mereka akan tetap memilih brand tersebut sebagai andalan untuk kebutuhan mereka. Tentunya Anda hanya bisa mencapai hal tersebut dengan identitas brand yang lebih kuat dibandingkan dengan kompetitor.

2. Mengumpulkan data pelanggan

Untuk mempererat hubungan bisnis dengan konsumen, komunikasi yang tepat sasaran dan rutin adalah kunci yang dibutuhkan. Anda tidak dapat memulai komunikasi dengan calon pelanggan jika tidak memiliki data kontak mereka.

Brand activation dapat mengatasi masalah seperti ini. Saat mengadakan acara atau kampanye untuk memasarkan bisnis, Anda bisa meminta calon konsumen mengisi suatu formulir. Setelah itu, mereka akan terus mendapatkan kabar terkini tentang acara atau promosi berikutnya dari bisnis Anda.

3. Memperoleh kritik dan saran dari pelanggan

Bisnis Anda dapat berkembang berkat adanya feedback dari pembeli. Brand activation akan membantu Anda mendengarkan serta mengumpulkan umpan balik pelanggan baru maupun lama.

Sebagai contoh, Anda bisa mengajak konsumen berbincang-bincang secara kasual saat menghadiri event promosi bisnis Anda. Sesi obrolan ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk mendapatkan kritik dan saran dari mereka secara dua arah.

4. Menjangkau lebih banyak pelanggan baru

Berkat brand activation, pelanggan yang tertarik dengan keunikan usaha Anda akan menceritakan pengalaman mereka kepada orang lain. Mereka akan menyebarkan cerita mereka dari mulut ke mulut atau melalui sosial media.

Pengalaman positif tentunya akan membuat orang yang belum pernah mendengar tentang brand Anda tertarik berkenalan. Pemasaran Anda akan tersebar ke semakin banyak orang, dan Anda dapat memperoleh lebih banyak pelanggan baru untuk dipertahankan.

Bentuk Brand Activation

Setelah tergiur dengan keuntungan brand activation bagi bisnis, mungkin Anda tertarik mempelajari jenis-jenis yang dapat diterapkan. Simak beberapa ragamnya pada daftar berikut ini.

1. Experimental activation

Dengan experimental activation, Anda dapat mengajak calon pembeli berpartisipasi dalam kampanye marketing. Melalui strategi ini, mereka dapat merasakan langsung manfaat usaha Anda dalam kehidupan sehari-hari. 

Mereka juga akan membagikan pengalaman mereka untuk menarik lebih banyak partisipan. Tidak mengherankan jika jenis brand activation satu ini dianggap sebagai salah satu yang paling sukses. Lalu, seperti apakah contoh experimental activation? Salah satu contoh yang paling populer adalah menggelar wahana bermain di kota tertentu atau membuat challenge di TikTok.

2. Sponsorship activation

Selain mengadakan tantangan atau mengundang partisipasi pelanggan, Anda juga bisa mencoba sponsorship activation untuk meningkatkan brand awareness. Caranya, Anda cukup menjadi sponsor untuk suatu acara.

Dengan demikian, logo brand Anda akan terpampang pada setiap publikasi acara yang bersangkutan. Anda juga akan mendapatkan tempat untuk menggelar stand promosi, sehingga Anda bisa memasarkan bisnis Anda kepada pengunjung acara.

Rahasia di balik kesuksesan sponsorship activation adalah memilih acara yang sesuai dengan branding Anda. Misalnya, Anda dapat mensponsori acara festival kuliner jika bisnis Anda menawarkan produk untuk memasak.

3. Promotion activation

Pelanggan mana pun tentunya ingin berhemat saat berbelanja. Oleh sebab itu, mereka akan memanfaatkan potongan harga atau promosi bonus untuk mendapatkan lebih banyak produk tanpa menghabiskan terlalu banyak uang.

Di sinilah promotion activation berperan untuk meningkatkan brand awareness dan brand loyalty bagi bisnis Anda. Promotion activation terdiri dari berbagai jenis bentuk, di antaranya giveaway, voucher diskon, dan sampel gratis. Brand ambassador terkenal juga merupakan salah satu contoh promotion activation yang populer.

4. Social media activation

Bertambahnya penggunaan media sosial dewasa ini telah menarik perhatian banyak bisnis. Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan menunjukkan identitas brand Anda.

Beberapa contoh dari social media activation yang kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah buletin berkala yang dikirimkan melalui e-mail, permainan interaktif di timeline Instagram, dan hashtag untuk berbagi cerita di Twitter. Metode ini memungkinkan interaksi dua arah pada platform media sosial untuk brand activation.

5. Marketing event activation

Acara marketing yang diadakan setiap bulan atau tahun sayang jika dilewatkan oleh pelaku bisnis. Pasalnya, antusiasme pengunjung acara trade show industri terus meningkat setiap tahun, terutama saat ekonomi sudah lebih pulih dibandingkan dengan masa pandemi.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk brand activation dengan mendaftarkan diri sebagai partisipan pameran bisnis. Kelebihan lain dari jenis aktivasi ini adalah banyaknya kesempatan mencoba beraneka ragam metode promosi, baik itu potongan harga maupun memberikan sampel gratis, untuk mendapatkan pelanggan baru.

Cara Kerja dan Contoh Brand Activation

Mungkin Anda sudah punya gambaran tentang ragam brand activation yang ingin dicoba. Namun, bagaimana contoh penerapannya di kehidupan nyata? Mari kita pelajari contoh-contoh brand activation yang sukses dari kedua merek ternama di bawah ini.

1. Apple

Perusahaan teknologi ini menggabungkan metode experimental activation dan social media activation untuk memperkenalkan fitur low-light kamera iPhone 7 melalui kampanye One Night on iPhone 7. Selain menyewa fotografer profesional, Apple juga mengajak calon pelanggan memfoto lingkungan sekitar mereka dengan kamera iPhone 7 melalui media sosial. 

Partisipasi aktif dari pengguna dan kualitas foto yang bagus, bahkan dengan minimnya pencahayaan alami di luar, menjadikan kampanye brand activation ini sangat sukses. Sampai hari ini pun, iPhone terkenal dengan kamera smartphone yang tak tertandingi.

2. Lipton Iced Tea

Contoh brand activation lainnya bisa Anda pelajari lewat Lipton Iced Tea. Siapa yang menyangka kalau Anda bisa menemukan perosotan air di tengah kota, terutama saat berangkat kerja pada pagi hari? Namun, itulah yang disaksikan oleh banyak masyarakat Kota London berkat kampanye #BeADayBreaker dari Lipton Iced Tea.

Bisnis minuman ini memperkenalkan lini produk teh dingin dengan memasang perosotan air dari karet sepanjang 100 meter di dekat stasiun ramai. Siapa pun yang berpartisipasi akan mendapatkan segelas es teh gratis dari Lipton. 

Elemen kejutan pada experimental activation ini sangat disukai. Karena perosotan ini juga hanya tersedia setiap Jumat pagi, orang-orang pun bersemangat menantikan hari tersebut, bahkan jika mereka harus bekerja.

Meningkatkan brand loyalty dan brand awareness membutuhkan strategi brand activation yang efektif. Anda harus melakukan riset secara menyeluruh terhadap kebutuhan dan latar belakang target pasar bisnis Anda agar berhasil. Namun, Anda tidak perlu cemas karena Anda bisa memercayakannya pada Dreambox. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms