Pentingnya Branding Campaign untuk Bisnis

Branding Strategi

Dongkrak Brand Awareness produk Anda dengan Branding Campaign

Dalam menjalankan bisnis, penting sekali bagi perusahaan untuk melakukan branding campaign. Ini merupakan kampanye yang dilakukan untuk mendongkrak brand awareness. Tujuannya tentu agar audiens lebih mengenal merek Anda.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa kampanye yang dilakukan baik secara online maupun offline hanya dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran produk. Padahal, kampanye sendiri memiliki beragam tujuan, salah satunya adalah memperkuat branding.

Secara alami, pelanggan cenderung membeli produk atau layanan yang telah mereka kenali mereknya. Dengan demikian, merek menjadi modal kuat bagi perusahaan untuk memperoleh penjualan tinggi 

Untuk itu, penting sekali mengadakan promosi yang dimaksudkan untuk mengkampanyekan brand. Apa saja kampanye branding yang bisa Anda jalankan? Dan bagaimana cara menjalankannya? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Mengenal Branding, Design, dan Logo dalam Membangun Bisnis

Apa Itu Branding Campaign?

Campaign dapat didefinisikan sebagai kegiatan strategis dan terorganisir yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Di dunia bisnis, campaign sering dikaitkan dengan kegiatan  mempromosikan sesuatu melalui berbagai media baik online maupun offline.

Misalnya sosial media, website, iklan televisi, radio, event, dan sebagainya. Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah kampanye branding sama dengan kampanye pemasaran? Keduanya memang memiliki sejumlah kesamaan, hanya saja upaya yang dilakukan berbeda.

Secara teknis, branding campaign merupakan serangkaian kegiatan strategis yang dilakukan untuk menciptakan, mengembangkan, mengubah, atau meningkatkan kesadaran merek. Berbeda dari marketing campaign yang berfokus pada perolehan penjualan.

 Tujuan Kampanye Branding

Setiap kampanye pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Dalam konteks bisnis, kampanye diadakan untuk mencapai pertumbuhan bisnis atau perusahaan. Kampanye branding memiliki dua tujuan utama, yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness bukan hanya memastikan bahwa masyarakat mengetahui merek Anda. Melainkan juga memastikan bahwa mereka memahami apa yang Anda lakukan dan apa sebenarnya Anda.

Mempromosikan merek dan bisnis perusahaan sebanyak mungkin kepada target audiens adalah inti branding campaign. Selama audiens membicarakan brand Anda dengan alasan yang tepat, ini akan membantu perkembangan bisnis dalam jangka panjang.

2. Meningkatkan Penjualan

Penjualan bukan hanya terbatas pada penjualan produk. Melainkan juga mencakup apa saja yang meningkatkan pendapatan Anda. Misalnya trafik web yang dimonetisasi, pendaftaran premium membership, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Alasan Branding Strategy Memberikan Keuntungan Jangka Panjang

Kapan Anda Perlu Kampanye Ini?

Kampanye branding mampu berkontribusi terhadap meningkatnya brand awareness dan penjualan. Lantas, kapan saat yang tepat untuk melakukan campaign ini?

1. Launching Brand

Ketika Anda memiliki brand yang siap diluncurkan, maka branding campaign adalah hal wajib. Kampanye ini bukan hanya menampilkan nama dan logo saja. Akan tetapi juga mencakup produk/jasa, pernyataan misi, cita-cita, dan apapun tentang merek Anda.

2. Rebranding

Terkadang perusahaan perlu melakukan rebranding karena berbagai alasan. Misalnya mengganti nama, logo, atau mengubah citra. Rebranding adalah hal yang cukup sulit, Anda harus menyiapkan strategi yang kuat agar berhasil.

3. Launching Produk

Alasan lain menjalankan kampanye ini adalah untuk memperkenalkan produk baru yang ditawarkan perusahaan. Yakinkan target audiens bahwa mereka membutuhkan produk Anda.

4. Alasan Musiman

Campaign ini dapat meningkatkan kesadaran publik terhadap produk maupun layanan yang Anda tawarkan pada musim-musim tertentu. Misalnya Lebaran, Natal, Ramadhan, Imlek, dan sebagainya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menciptakan Ekuitas Merek? 

7 Tips dalam Menjalankan Branding Campaign 

Terdapat sejumlah pertimbangan penting yang perlu diperhatikan ketika Anda merencanakan brand campaign. Kendati kebutuhan tiap-tiap perusahaan berbeda, ada beberapa tips untuk menjalankan kampanye merek yang efektif, antara lain: 

1. Sampaikan Pesan dari Waktu ke Waktu 

Kampanye yang dimaksudkan untuk re-positioning merek, ini bukanlah pekerjaan mudah. Ada banyak pesan yang perlu disampaikan sampai positioning baru Anda dipahami publik. 

Namun terkadang perusahaan melakukan kesalahan dengan mempercepat perubahan secara drastis dan menginvestasikan nominal besar di awal. Alih-alih berfokus pada memadatkan frekuensi, ada baiknya branding campaign lebih menekankan durasi. 

Sebaiknya hindari membuang uang untuk kampanye yang terlalu cepat. Sebaliknya, investasikan uang Anda untuk membangun pesan secara konsisten dari waktu ke waktu. Dengan begitu, audiens dapat lebih memahami positioning baru merek Anda.

2. Pahami Target Audiens Anda

Salah satu cara termudah menjalankan campaign yang efektif yaitu dengan mengenali siapa target audiens Anda. Dengan memahami audiens, Anda bisa menyampaikan pesan yang beresonansi dengan mereka. 

Mulailah dengan membuat persona pembeli untuk membantu bagaimana pesan seharusnya disampaikan. Buyer persona yang disusun secara tepat memudahkan Anda membuat pesan secara lebih spesifik yang efektif untuk berbagai audiens.

3. Lakukan Penyampaian secara Eyecatching  

Branding campaign harus memikat dan mudah di ingat oleh pelanggan. Menyampaikan banyak pesan dalam satu iklan kemungkinan akan membuat target audiens Anda kebingungan. 

Mereka mungkin hanya menangkap satu pesan saja dan mengabaikan lainnya. Brand campaign dikatakan sukses apabila audiens mengetahui sesuatu yang baru secara mudah, untuk itu Anda dapat menampilakan sisi menarik dari brand tersebut. 

4. Jalankan Kampanye di Berbagai Media

Jika Anda ingin kampanye merek yang dijalankan berhasil, pertimbangkan untuk menyebarkan iklan di berbagai media. Audiens yang melihat iklan Anda di beberapa media seperti sosial media, website, brosur, billboard, hingga radio cenderung lebih terpengaruh.

Iklan yang mereka jumpai di beberapa media berbeda cenderung menghasilkan pengaruh positif. Cara ini juga efektif karena menghindarkan audiens dari kebosanan terhadap kampanye Anda karena iklan yang terus-menerus sama di satu tempat. 

5. Utamakan Efisiensi daripada Efektivitas

Pikirkan bagaimana branding campaign yang Anda lakukan berjalan dengan efisien. Eksposur tinggi terhadap kampanye tentu sangat dibutuhkan. Ada baiknya Anda memiliki media yang bagus sebagai pondasi menjalankan kampanye. 

Memanfaatkan layanan iklan di sosial media atau Google berpotensi menghasilkan eksposur tinggi dengan biaya lebih rendah. Untuk efektivitas lebih maksimal, selanjutnya Anda bisa melakukan content placement di platform-platform besar.

6. Lakukan Pemantauan

Menerapkan mekanisme pengukuran sangat penting untuk memberikan feedback secara real time. Dengan item-item yang terukur, Anda bisa melihat kinerja kampanye serta menggunakannya untuk meningkatkan kampanye saat masih berjalan. 

7. Tetapkan Metrik yang Jelas

Tujuan kampanye merek adalah untuk meningkatkan brand awareness. Tetapkan metrik yang jelas untuk menyatakan sukses tidaknya kampanye. Hasil pelacakan terhadap metrik tersebut bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan pesan dan saluran media di masa depan. Jenis-Jenis Branding Campaign 

Baca Juga: Memilih Jasa Promosi Produk Jakarta yang Tepat? Begini Caranya

Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan kampanye merek, antara lain:

a. Campaign Televisi, Radio, Podcast 

Jika Anda yakin target audiens perusahaan menghabiskan banyak waktu di depan televisi, radio, atau podcast maka tiga saluran ini adalah media yang tepat untuk melancarkan kampanye. Anda dapat membuat tayangan iklan sendiri atau dibawakan oleh seseorang. 

b. Email 

Branding campaign melalui email adalah metode yang sangat efektif untuk menjangkau audiens tertarget. Biasanya, alamat email mereka telah terdaftar di sistem Anda karena sudah pernah membeli, mendaftar, atau berlangganan newsletter.

c. Media Sosial 

Media sosial adalah platform yang berpotensi menghasilkan keberhasilan menakjubkan. Banyaknya pilihan dengan audiens yang sangat masif memberikan peluang tidak terbatas. Selama Anda bisa menjalankannya secara efektif menurut demografi target audiens dan sesuai dengan karakteristik masing-masing media sosial, metode ini berpotensi memberikan dampak luar biasa. 

d. Contest Campaign

Kampanye dengan metode kontes atau giveaway adalah cara yang sangat efektif. Giveaway mendorong keterlibatan pelanggan sehingga membuat brand awareness meningkat  Saat brand Anda siap diluncurkan, perusahaan memperkenalkan produk baru, atau mengubah citra merek, inilah saat tepat untuk memperhatikan pentingnya melakukan branding campaign.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.