Tips Membuat Branding yang Bertahan Lama

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Kegiatan branding harus dilakukan terus menurus, hasilnya dapat bertahan lama jika dilakukan dengan benar.

Berusaha untuk membangun atau membuat branding akan dilakukan oleh setiap perusahaan, apapun jenis perusahaan tersebut. Sebab yang namanya brand masuk ke dalam jenis aset tidak berwujud yang efektif mendatangkan pemasukan. Proses untuk branding ini tentu memakan waktu tidak sebentar dan menguras banyak modal.

Baca juga: 3 Tips Jitu Membangun Branding UMKM

Oleh sebab itu, banyak perusahaan mencoba melakukan branding yang bisa bertahan dalam jangka panjang. Hanya saja, belum banyak perusahaan yang memiliki kemampuan untuk membangun branding yang tahan lama tersebut. Padahal bisa jadi bisa dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana.

Tips Membuat Branding yang Tahan Lama

Membantu memudahkan proses membuat branding yang kuat dan tahan lama, maka bisa mencoba sejumlah tips berikut ini:

1. Teliti Memilih Partner Desain

Perusahaan yang sedang membangung brand dijamin akan membutuhkan partner desain yang bisa bekerja profesional. Partner desain ini akan membantu membangun logo dan juga unsur desain lain yang diperlukan selama proses branding. Bayangkan jika kamu keliru dalam memilih partner desain? Bisa jadi proyek ini terputus di tengah jalan. Oleh sebab itu pilih dengan teliti, pastikan profesional, dan punya komitmen membantu kamu untuk branding secara optimal.

2. Nama Brand Sesuai Audiens

Menentukan nama brand adalah bagian penting pada saat membangun atau membuat branding. Sebab nama brand inilah yang akan diingat oleh audiens atau target pasar. Oleh sebab itu, penting untuk menyiapkan nama yang menarik dan juga unik sebab bisa menjadi ciri khas yang memberi nilai lebih pada brand yang dibangun.

3. Kualitas yang Terjaga

Kualitas perlu dijadikan sebagai prioritas, sebab langkah ini akan memudahkan brand yang dimiliki dipercaya oleh target pasar. Ketika kualitas ini tidak sesuai ekspektasi maka target pasar bisa dengan mudah beralih ke brand lain. Menghindarinya, maka menjaga kualitas adalah hal sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan lama sekaligus menggaet pelanggan baru.

4. Mudah Diucapkan dan Diingat

Kembali ke topik nama brand, sebaiknya menyusun nama yang mudah untuk diingat dan juga diucapkan. Sebab sekalipun unik dan menarik belum tentu target pasar bisa dengan mudah mengingatnya. Sehingga malah menurunkan profit atau pemasukan perusahaan. Oleh sebab itu selalu gunakan kata yang sederhana, mudah diucapkan, dan juga mudah untuk diingat.

5. Menerima Masukan Pelanggan

Dalam bisnis dijamin akan menerima komplain dari pelanggan, tidak selalu didapatkan namun sesekali bisa ditemukan. Hal ini wajar karena sebagus apapun produk dan layanan kemungkinan terjadi komplain tetap ada. Kuncinya adalah pada respon yang diberikan pasca komplain diterima.

Usahakan menerima komplain sebagai masukan yang membangun, kemudian berikan respon positif. Sehingga memberikan pengalaman menarik kepada pelanggan, yang tadinya kecewa bisa menjadi puas. Inilah salah satu tips membuat branding yang tahan lama yang tentu perlu dicoba.

Keuntungan Branding

Membangun branding dengan tips di atas akan terasa lebih mudah, dan usahakan untuk konsisten menjalankannya. Sebab kerja keras membangun brand tersebut akan sebanding dengan segunung keuntungan setelah sukses terbangun. Yaitu:

  • Kemudahan untuk mempertahankan omset sekaligus meningkatkannya secara berkala.
  • Lebih mudah menjaring pelanggan baru karena kredibilitas brand sudah dikenal luas.
  • Memberi kemudahan untuk mengembangkan bisnis, sebab bisnis yang diketahui sudah kredibel sangat memudahkan untuk menjalankan program referral.
  • Membangun hubungan baik dengan pelanggan, sehingga memiliki banyak pelanggan setia yang membantu mempertahankan pemasukan sekalipun di tengah kondisi yang sulit.

Branding adalah langkah terbaik untuk membangun bisnis besar dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sebab dengan branding inilah perusahaan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dan memperoleh profit maksimal. Jadi, terapkan sejumlah tips membuat branding yang tahan lama di atas.

Baca juga: Proses Membuat Nama Brand dan Kaitannya Dengan Strategi Branding

Anda bingung harus mulai branding dari mana? Profesional di Dreambox siap membantu Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms