Tips Memulai Branding Online untuk Perusahaan

Branding Strategi

Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis, sangat diperlukan adanya brand.

Membuat sebuah brand juga tidan semudah yang kita pikirkan. Ada banyak proses yang harus dilakukan. Brand sendiri pada intinya harus bisa mewakili bisnis yang kita jalani. Dengan adanya brand, produk yang kita pasarkan akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Memulai branding online ada banyak tahapan yang kita lewati. Karena, jika tidak dipikirkan baik-baik, brand yang kita kenalkan justru bisa jadi tidak sesuai dengan target pasar. Kita bisa memulai branding secara online lewat website, media sosial, aplikasi, dan lain-lain. Di era saat ini juga, penggunaan teknologi sudah semakin pesat, jadi tidak ada salahnya bagi kita menyampaikan nilai produk secara online.

Baca Juga: Tips Menyusun Strategi Segmentasi Pasar Secara Digital

Tips Membangun Brand Secara Online

Brand yang akan kita bangun, pastinya memiliki banyak pertimbangan. Mulai dari target pasar, nama brand, logo yang akan digunakan, dan masih banyak lagi. Apa saja langkah-langkah untuk memulai branding online yang perlu kita ketahui? Simak pembahasannya di bawah ini :

1. Menentukan Target Pasar

Target pasar sangat penting saat akan melakukan branding untuk perusahaan kita. Bagaimana caranya agar perusahaan bisa tahu target pasar mana yang cocok untuk produknya? Lakukanlah riset yang mendalam untuk hal ini. Kita bisa mencarinya di banyak sumber, misalnya di website atau melihat kompetitor yang menjual produk sama dengan kita. Dengan begitu, nanti saat brand diluncurkan, kita sudah memiliki target yang tepat.

2. Menentukan Nama Brand

Penentuan nama brand tentunya berdasarkan pada jenis bisnis apa yang kita mulai. Usahakan untuk membuat nama brand yang berbeda dengan pihak lain. Ini juga agar brand kita tidak mudah ditiru. Jika nanti brand yang kita buat akan menjual bermacam produk, buatlah nama yang memiliki arti lebih luas. Melakukan branding online ini juga tentunya akan diikuti logo, domain website, atau akun media sosial.

3. Menentukan Slogan Brand

Peran slogan dalam pembuatan brand sangat berpengaruh. Slogan pada umumnya adalah kalimat atau deskripsi singkat tentang brand perusahaan. Biasanya peran slogan dibuat agar bisa mewakili visi dan misi dari brand itu sendiri. Slogan juga sering ditempatkan pada kartu nama, media sosial, headline website bersamaan dengan logo brand. Slogan brand yang menarik tentu akan mudah diingat oleh konsumen.

4. Menentukan Desain Logo Brand

Brand sangat dikenal selain dari namanya, tentu dari logo yang digunakan. Kita bisa membuat logo itu sendiri atau menggunakan jasa pembuatan logo brand. Logo tersebut secara visual harus bisa mewakili nilai dan tujuan brand. Usahakan membuat logo yang tidak terlalu ramai atau buatlah logo yang sederhana, seperti logo Google, Instagram, Twitter, dan yang lainnya.

5. Menentukan Gaya Brand

Penentuan gaya dalam branding online di sini maksudnya adalah tampilan dari nama brand itu sendiri. Mulai dari nama, logo, atau slogan brand. Penampilan secara visual dari brand harus kita pilih dengan baik. Baik itu warna atau font untuk tulisannya. Sebagai contoh, McDonalds yang memiliki gaya brand unik. Logo huruf M berwarna kuning tentu membuat orang-orang akan mengingatnya dengan mudah.

Setelah mendapat brand yang baik untuk bisnis kita, usahakan selalu mempertahankan reputasi dari brand itu. Memang melakukan branding online tidak semudah yang dipikirkan, maka dari itu butuh persiapan yang matang. Brand juga harus banyak berinteraksi dengan konsumen agar mereka mudah mengingat kita. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan promosi brand ke masyarakat, terutama pada target pasar yang telah kita tentukan.

Baca Juga: Cara Membuat Branding Produk yang Menarik

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.