5 Peran Penting Digital Strategist di Industri 4.0

Digital Marketing

Saat ini kita tengah memasuki era revolusi industri 4.0.

Dalam era ini, internet memiliki peran yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis atau usaha. Oleh sebab itulah dibutuhkan digital strategist untuk membantu perusahaan membuat konsep digital marketing terbaik agar bisa menarik konsumen dengan produk yang ditawarkan. Menjalankan bisnis di era modern seperti sekarang ini, digital marketing merupakan salah satu kunci kesuksesannya. Untuk membuat konten marketing yang menarik, dibutuhkan strategi digital yang tepat pula. Nah, sebenarnya apa peran digital marketing strategist untuk era industri 4.0 ini?

Baca Juga: Social Media Planning untuk Pemula

Peran dan Tugas Digital Strategist di Era Revolusi Industri 4.0

Di era revolusi industri 4.0 ini, internet merupakan kunci untuk menjalankan sebuah bisnis. Semua aktivitas bisnis mulai dari produksi hingga promosi dilakukan secara digital. Membuat konsep bisnis yang bagus, dibutuhkan peran digital strategist. Nah berikut ini beberapa peran digital marketing strategis di era revolusi industri 4.0 :

1. Identifikasi peluang bisnis

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, melakukan identifikasi peluang bisnis sangat penting untuk dilakukan. Peran digital strategist akan mengumpulkan informasi dan menganalisanya sehingga bisa membuat konsep bisnis yang tepat. Dengan begitu, peluang bisnis bisa berhasil di pasaran akan semakin besar. Caranya yaitu dengan melakukan riset pasar, mengatur segmentasi pasar, targeting hingga positioning brand agar bisa menciptakan produk yang bisa disukai oleh konsumen.

2. Merancang Konten Marketing

Peran digital strategist selanjutnya adalah merancang konten marketing untuk produk atau brand perusahaan. Konten marketing merupakan upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan produk agar konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakannya. Konten marketing meliputi berbagai hal seperti website bisnis, video promosi, infografis dan juga foto produk untuk disebarkan ke khalayak luas.

3. Optimasi SEO

Pada era revolusi industri 4.0 ini, aktivitas marketing dan promosi hampir sepenuhnya dilakukan melalui media internet. Di sinilah dibutuhkan peran digital marketing strategist untuk meningkatkan optimasi SEO agar produk bisnis muncul di kolom pencarian utama. Melalui cara tersebut, peluang untuk mendapatkan konsumen akan semakin besar. Optimasi SEO ini biasanya dilakukan menggunakan beberapa cara. Beberapa di antaranya seperti link building, listing bisnis, brand mention media online, google bisnisku, review dan juga share di media sosial. Dengan meningkatkan optimasi SEO, peluang mendapatkan pelanggan masif akan semakin besar.

4. Mengumpulkan data pelanggan

Data pelanggan memiliki peran cukup penting dalam membangun sebuah bisnis. Untuk mengembangkan bisnis, digital strategist harus mampu mengumpulkan data pelanggan agar bisa mendapatkan prospek lebih besar di masa mendatang. Data pelanggan juga bisa dimanfaatkan untuk email marketing ketika perusahaan mengeluarkan produk baru. Dengan cara ini akan semakin mudah mempengaruhi konsumen untuk membeli produk baru tersebut.

5. Monitoring

Digital strategist tidak hanya berperan untuk membuat konsep marketing saja akan tetapi juga bertanggung jawab untuk melakukan monitoring terhadap aktivitas marketing yang telah dilakukan. Monitoring ini dilakukan dengan melihat viewers, likers, dan komentar untuk melakukan engagement dengan audience. Hasil monitoring akan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan aktivitas marketing di masa mendatang.

Memasuki era revolusi industri 4.0 ini, para pelaku bisnis dituntut lebih kreatif jika ingin bisnisnya bisa berkembang. Salah satu caranya adalah memaksimalkan penggunaan media digital sebagai sarana untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan secara lebih luas. Untuk menjalankan aktivitas tersebut, dibutuhkan peran digital strategist untuk membantu membuat konsep produk dan marketing agar lebih optimal.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Jasa SEO

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.