...

8 Social Media Marketing Strategi yang Tepat Sasaran

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
social-media-marketing-strategi-dreambox

Bagaimana cara membuat social media marketing strategi lebih maksimal?

Kami akan membahas sosial media marketing strategi yang memberikan kesempatan untuk pebisnis bersaing dengan kompetitor di masa sekarang. Tingginya atensi masyarakat Indonesia dalam penggunaan sosmed menjadi salah satu alasan bisa berbisnis di sini.

Terbentuknya profesi social media specialist merupakan sebuah pertanda bahwa bisnis di Indonesia siap memasuki era digital. Untuk itu, kami merangkum delapan cara pemasaran melalui sosmed agar bisnis dapat berkembang secara lebih pesat. Strateginya adalah:

Menentukan Tujuan

Hal pertama yang harus diperhatikan dari penerapan sosial media marketing strategi adalah menentukan tujuan promosi. Biasanya yang sering menjadi alasan memasarkan produk maupun jasa adalah keinginan untuk menciptakan kesadaran merek di masyarakat.

Dengan terbentuknya tujuan sejak awal maka lebih mudah kepada pihak pengelola sosmed membuat rencana konten. Perencanaan termasuk dengan waktu posting, desain, dan juga penggunaan kata-kata sebagai tautan persuasif dalam setiap postingan.

Penentuan tujuan ini yang nantinya dapat menjadi aturan untuk semua cara memasarkan produk maupun jasa di internet. Semakin jelas tujuannya maka semakin mudah setiap strategi dijalankan dan lebih mudah juga target pelanggan didapatkan.

Baca Juga: Jasa Marketing Digital Dapat Memberikan Berbagai Keuntungan

Melakukan Competitor Analysis

Competitor analysis atau analisis kompetitor adalah sebuah hal yang tidak kalah penting untuk melakukan pergerakan pasar. Menganalisis kompetitor adalah salah satu sosial media marketing strategi yang dilakukan dengan cara melihat peluang eksternal.

Kemampuan dan keberhasilan kompetitor dapat menjadi inspirasi untuk Anda berbisnis. Sementara itu kekurangan kompetitor dapat menjadi sarana Anda mencari solusi dan membuat pelayanan lebih baik agar memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Anda dapat melakukan riset ke beberapa kompetitor untuk mengkombinasikannya dan mendapatkan kesimpulan terbaik. Pastikan hasil penilaiannya sesuai dengan value bisnis Anda sehingga sekalipun inovasi, tetap tidak keluar dari visi misi pada saat awal berbisnis.

Cari Tahu Keinginan Audience

Hal penting berikutnya adalah mencari tahu keinginan audience dengan tepat. Jawaban tepat dapat diterima setelah Anda melakukan sosial media marketing strategi melalui riset pelanggan. Risetnya dapat berupa kuesioner atau berbagai cara lainnya.

Ketika mendirikan bisnis, setiap keputusan harus dikembalikan ke selera pasar. Anda tentu perlu memiliki nilai, namun idealis dan tidak fleksibel bukan tipikal seorang pebisnis. Dalam dunia bisnis, segala sesuatunya harus mudah beradaptasi dan menciptakan inovasi.

Jika enggan memberikan perubahan maka besar kemungkinan bisnis yang dikelola dalam waktu lama sekalipun akan gulung tikar. Riset selera pasar ini tidak hanya dilakukan satu kali, namun bisa dilakukan sesuai jadwal tertentu untuk menyesuaikan selera terkini.

Penilaian terhadap selera pasar merupakan salah satu cara Anda mengetahui trend yang sedang banyak digandrungi saat ini. Semakin tepat penerapan sosial media marketing strategi maka semakin besar peluang bisnis kian berkembang.

Baca Juga: Ketahui Platform hingga Strategi Social Media Marketing

Membuat Konten yang Unik dan Menarik

Konten menarik menjadi garda terdepan sebagai upaya menarik perhatian audiens. Pembuatan konten menarik bukan hanya mengarah ke caption saja, tetapi juga desain postingan dengan melibatkan profesional di bidangnya.

Jika konten hanya dibuat biasa maka tidak ada bedanya dengan akun sosmed pribadi. Terlebih sekarang sudah banyak beredar aplikasi khusus desain konten yang bisa digunakan siapa saja. Ini salah satu alasan kenapa tim kreatif di sosmed dibutuhkan.

Karena sebagai sarana untuk menonjolkan ciri khas bisnis yang nantinya dapat menerapkan citra baik di benak masyarakat. Pembuatan konten unik serta menarik mesti di posting dalam kurun waktu tertentu secara konsisten.

Konsistensi ini menjadi kunci keberhasilan sosial media marketing strategi selain memang kontennya harus menarik. Semakin sering konten di posting dalam waktu tepat maka semakin besar peluang meningkatkan engagement ke pelanggan.

Menentukan Konten Plan dan Kalender

Hal yang satu ini sudah sering disinggung dari poin-poin sebelumnya. Menentukan rencana konten dan waktu mempostingnya adalah hal wajib. Profesi sosial media specialist bukan hanya asal posting tanpa riset maupun perencanaan yang matang.

Biasanya jadwal pembuatan dan posting konten ini terstruktur sampai satu bulan atau lebih. Jika nantinya pada saat pelaksanaan ternyata terjadi kendala maka akan dievaluasi oleh tim pemasaran digital. Setiap permasalahan harus mendapatkan solusi terbaik.

Sebagai bentuk sosial media marketing strategi, penetapan jadwal secara teratur harus dipatuhi dengan baik. Karena jadwal tersebut dibuat dengan maksud supaya tujuan promosi dapat terlaksana dalam waktu paling efektif.

Dalam rangka mewujudkan jadwal dari kalender kerja, tim sosmed akan memiliki tenggat waktunya masing-masing. Biasanya, jika ada satu yang terlambat maka pengaruhnya bisa membuat terlambat para kru lainnya. Kerja sama tim sangat penting untuk hal ini.

Baca Juga: Ketahui Strategi Rahasia dari Jasa Digital Marketing Jakarta

Research Matrix Social Media

Dalam rangka riset metrik ini terdapat beberapa hal harus diperhatikan. Paling sering biasanya metrik berdasarkan jumlah pengikut yang bisa dilacak. Selain itu, bisa juga menentukan fokus terhadap engagement yang dihasilkan dari setiap postingan.

Anda juga dapat berfokus pada rasio konversi sebagai salah satu upaya sosial media marketing strategi secara tepat. Click through menambah daftar fokus lainnya yang bisa Anda lakukan dalam rangka menyusun strategi pemasaran melalui sosmed.

Untuk hasil lebih optimal, Anda dapat menerapkan penggunaan tools yang berbeda-beda. Contoh sederhananya begini, jika menggunakan Facebook untuk beriklan maka strategi per klik dapat memberikan solusi terbaik untuk melakukan strategi pemasaran digital.

Tetapi, jika iklannya di Linkedin maka matriks click through dapat disebut sebagai pilihan terbaik. Jika ingin meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek maka media terbaik ada pada Instagram. Penilaian ini berdasarkan riset pada masing-masing sosmed.

Hal terpenting dari penerapan berbagai cara di atas adalah menghitung engagement demi mendapatkan insight terbaik. Berbagai cara sosial media marketing strategi dalam sebuah bisnis tentunya mesti disesuaikan dengan karakteristik bisnis itu sendiri.

Bekerjasama dengan Influencer

Yang saat ini banyak dilakukan adalah menjalin kerja sama dengan para influencer. Sebab peranan selebriti internet saat ini sepertinya jauh lebih berpengaruh bagi generasi muda dibandingkan aktor dan aktris yang tampil di televisi.

Pergeseran pengaruh ini menjadi salah satu kesempatan bagi pebisnis untuk mengajak influencer bekerjasama. Namun, kerjasama yang baik juga membutuhkan pemilihan influencer secara tepat. Influencer terpilih mesti sesuai dengan konsep bisnis Anda.

Misal, Anda berbisnis kerudung maka akan sangat tepat memilih influencer berhijab untuk mengaplikasikan sosial media marketing strategi secara akurat. Atau contoh lainnya Anda bisnis cimol maka pilihlah influencer yang hobinya makan cimol.

Baca Juga: Menentukan Anggaran Digital Marketing Tips untuk Bisnis

Evaluasi

Terakhir, jangan lewatkan proses evaluasi dalam keseluruhan cara menggaet konsumen melalui sosmed. Dari setiap postingan konten di sosmed, Anda tentu akan mendapatkan respon dari pelanggan. Perhatikan respon tersebut dan perbaiki jika ada kekurangan.

Sementara itu jika responnya cukup positif maka tingkatkan atau pertahankan hal tersebut untuk menjaga loyalitas pelanggan. Berbagai hal sampai yang paling kecil sekalipun harus turut menjadi sarana evaluasi demi perkembangan bisnis selanjutnya.

Evaluasi sebaiknya dijadwalkan dalam waktu tertentu dan dilaksanakan secara patuh oleh semua pihak terlibat. Karena demi mencapai sosial media marketing strategi yang tepat dibutuhkan kerja sama tim yang hebat.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms