Apa Saja Tujuan CRM? Ketahui Sebelum Menerapkannya!

Digital Marketing

Salah satu tujuan CRM adalah memudahkan pengelolaan data pelanggan

Tujuan CRM adalah meningkatkan hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan. Namun tak hanya itu saja, ada banyak tujuan dari CRM yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis Anda. CRM atau Customer Relationship Management sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam bisnis Anda. 

Mengapa demikian? Tentu saja jika Anda menghendaki kepuasan pelanggan yang meningkat sehingga berujung kepada meningkatkan profit Anda, CRM bisa menjadi salah satu jalan ke arah sana. Pada artikel ini akan kami ulas lebih lanjut mengenai CRM, simak sampai bawah ya!

Apa itu CRM dan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkannya?

Customer Relationship Management atau CRM sesuai dengan namanya adalah sebuah sistem yang dapat memanajemen atau mengatur hubungan baik antara bisnis Anda dan para pelanggan. CRM dapat menjadi sebuah sistem dan strategi bagi Anda untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. 

Sehingga dapat mendongkrak kepuasaan dan loyalitas pelanggan yang berujung pada pertumbuhan bisnis Anda. Bagaimanapun, pelanggan merupakan aset dan poros dari jalannya sebuah bisnis.

Tujuan CRM adalah membantu Anda untuk menciptakan bisnis yang berorientasi pada pelanggan. Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa bisnis Anda jelas membutuhkan sistem CRM:

1. Memudahkan Pengelolaan Data Pelanggan

Jika Anda memiliki bisnis yang mulai berkembang ke skala lebih besar, tentu Anda tidak bisa lagi mengandalkan pengelolaan data manual. Database pelanggan harus mulai dibuat dengan sistem khusus yang memudahkan Anda dan juga pelanggan itu sendiri. 

Melansir dari Findstack, sebanyak 92% bisnis sudah memakai database CRM guna melakukan penyimpanan informasi data pelanggan. Mulai dari pengumpulan sampai pengelolaannya agar lebih mudah untuk dimanfaatkan demi kelancaran promosi bisnis Anda.

2. Otomatisasi Laporan Penjualan Penjualan

Dengan sistem CRM, bahkan Anda juga bisa mendapatkan laporan penjualan dari produk atau jasa Anda secara otomatis. Sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam memonitoring pertumbuhan bisnis Anda secara berkala. 

Sebanyak 82% bisnis telah memanfaatkan sistem CRM guna otomatisasi laporan penjualan mereka. Hal ini dapat membuat kinerja perusahaan jadi lebih efisien.

3. Meningkatkan Penjualan

Bahkan masih melansir dari riset yang dilakukan Findstack, banyak bisnis mengakui bahwa dengan mengimplementasikan CRM di bisnis mereka dapat meningkatkan hingga 32% penjualan mereka. 

Sebab banyak sekali aplikasi CRM yang mudah diakses sehingga banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi, tidak mengherankan jika kemudian dapat mendorong terjadinya sales. 

Sehingga inovasi teknologi berbasis CRM bisa membantu perusahaan dalam mencapai goals mereka.

4. Menjadi Bisnis yang Customer-centric

Tujuan CRM adalah meningkatkan hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Sehingga, sangat mendukung bisnis Anda yang hendak menciptakan ekosistem bisnis yang customercentric

Akan sangat memudahkan pelanggan dengan penerapan CRM, karena pelanggan juga lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dan produk terbaik dengan lebih cepat dan akurat. 

Sehingga dapat mendorong loyalitas dan meningkatkan kepuasaan pelanggan. Saat ini banyak customer yang cerdas dan pemilih, service terbaik yang cepat dan tepat selalu menjadi hal yang banyak dicari di dunia digital yang begitu cepat ini.

Tujuan CRM Bagi Bisnis Anda

Berikut ini merupakan tujuan dari penerapan sistem CRM dalam bisnis yang harus Anda ketahui, sehingga semakin menguatkan keinginan Anda untuk bisa segera mengimplementasikan sistem yang satu ini.

1. Menjadi Lebih Dekat dengan Pelanggan

Sebagaimana fungsi CRM untuk mendekatkan pelanggan dengan bisnis Anda, CRM bisa mengumpulkan interaksi yang terjadi antara Anda dan pelanggan dari berbagai platform. 

Pada akhirnya lebih mudah bagi Anda untuk menengok pada riwayat percakapan atau transaksi untuk setiap pelanggan. Hal ini tentu membuat bisnis Anda lebih mudah untuk mendekatkan diri kepada para pelanggan.

2. Mendorong Loyalitas Pelanggan

CRM akan memudahkan Anda untuk memberikan layanan pelanggan paling tepat dan cepat. Sehingga pelanggan tidak akan dibuat menunggu terlalu lama dalam setiap prosesnya. 

Anda juga dapat dengan lebih mudah dalam menyajikan pelayanan terbaik. Sehingga pelanggan yang menerima kepuasan bisa kembali lagi untuk melakukan repeat order, hal ini bisa menciptakan ekosistem pelanggan yang setia pada bisnis Anda.

3. Efisiensi Biaya Operasional

Dengan memanfaatkan tujuan CRM, tentu Anda akan lebih mudah dalam melakukan banyak proses bisnis. Sehingga akan lebih menghemat biaya operasional. Jika satu pekerjaan biasanya dilakukan oleh dua orang, maka dengan CRM bisa dirampingkan. 

Sebab segalanya sudah dibantu untuk diotomatisasi. Anda hanya tinggal melakukan cross check saja, sehingga Anda tidak memerlukan banyak karyawan.

4. Membantu Mengambil Keputusan

Anda bisa memperoleh banyak data atau laporan yang sifatnya real time dan berupa data statistic yang bisa dianalisis lebih jauh. Mulai dari bagaimana interaksi pelanggan, laporan penjualan, laporan keuangan bahkan hingga memonitoring kinerja karyawan Anda. 

Semuanya terintegrasi pada satu sistem CRM. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil keputusan, dengan mempertimbangkan sajian data yang CRM berikan. Evaluasi kinerja juga bisa Anda lakukan dan membuat maneuver strategi jadi lebih mudah berkat laporan dari CRM. 

5. Mendongkrak Penjualan

Promosi ataupun proses jual beli menjadi lebih sederhana dengan satu aplikasi berbasis CRM. Karena Anda dapat memanfaatkan keseluruhan fitur dan inovasi teknologi yang canggih.

Mulai dari GPS, WhatsApp API, dan banyak lainnya yang dapat mengotomasi setiap aktivitas yang terjadi antara Anda dan pelanggan. Sehingga, dapat memudahkan setiap transaksi yang bisa mendorong pada peningkatan penjualan.

6. Membuat Segmentasi Pelanggan

Untuk bisnis yang mulai besar, pasti banyak sekali data pelanggan yang harus dikelola. Jika harus mengolah ribuan kontak secara manual tentu akan menghabiskan banyak waktu. 

Dengan memanfaatkan sistem CRM, Anda bisa membuat pengelompokkan segmen pelanggan. Anda bisa mengaturnya berdasarkan ragam kriteria yang Anda inginkan. Mulai dari berdasar data demografi atau tahapan customer journey mereka. 

Jadi, jika Anda ingin menghubungi pelanggan tertentu atau sedang membuat program dengan kriteria pelanggan tertentu jadi lebih mudah menemukan kontaknya. 

Contoh Bisnis yang Telah Menerapkan CRM

Setelah mengetahui tentang tujuan CRM, Anda mungkin bertanya-tanya apakah bisnis Anda cocok untuk mengimplementasikan sistem ini? Berikut ini adalah beberapa bisnis di berbagai industri yang telah melakukan penerapan CRM.

1. Bisnis Kesehatan

Untuk bisnis di bidang kesehatan, CRM diaplikasikan dalam pengelolaan data pasien, peralatan medis, data karyawan, obat-obatan dan lain sebagainya. Akan lebih mudah bagi pemilik bisnis dalam mengolah data karena sudah terotomasi di aplikasi CRM.

2. Bisnis Retail

Selain itu pada bisnis jenis retail, penggunaan CRM dapat mempermudah perhitungan stok, laporan penjualan serta aktivitas akuntansi. Apabila dikerjakan secara manual tentu akan memakan waktu yang lama. 

Dengan sistem CRM bisa lebih mudah dalam prosesnya serta meminimalisir adanya human error

3. Bisnis Konstruksi

Dalam bidang bisnis ini, CRM diterapkan guna membina hubungan baik dengan klien dan mempermudah dalam pencarian proyek baru. 

4. Bisnis Manufaktur

Dengan keunggulan CRM dalam melakukan pelacakan pipeline serta memantau proses bisnis secara real time, CRM menjadi pilihan cerdas bagi manufaktur agar pengelolaannya jadi lebih efisien.

5. Bisnis Perhotelan

Pelayanan yang diberikan hotel kepada pelanggan haruslah maksimal agar pelanggan merasa puas dan bisa memberikan review terbaik. CRM bisa mempermudah bisnis di bidang ini dalam melakukan promosi dan berinteraksi dengan pelanggan.

Setelah mengetahui tujuan CRM, tentu Anda kini paham mengapa bisnis Anda begitu membutuhkan sistem ini bukan? 

Untuk itu, jika Anda hendak memulai untuk mengimplementasikan CRM di bisnis Anda, temukan partner yang tepat! Anda bisa mendiskusikannya bersama tim Dreambox

Mulailah dengan penerapan strategi digital marketing yang dapat mempermudah bisnis Anda mencapai tujuan dari CRM itu sendiri. Dapatkan informasi layanan kami dengan lebih lengkap di sini, atau konsultasikan masalah Anda disini

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.