Bagaimana Cara Kerja dan Manfaat Search Engine?

Digital Marketing

Salah satu manfaat search engine adalah meningkatkan traffic website.

Banyak orang di era modern sudah merasakan manfaat search engine untuk menunjang berbagai kepentingan. Bisa sebagai pendukung dalam menempuh pendidikan, bisa juga memperlancar urusan bisnis serta pekerjaan. Ibu rumah tangga bahkan bisa contek resep. Adanya mesin pencari merupakan bukti perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi masa kini. Banyak orang menggunakan internet dan memanfaatkan mesin pencari untuk mencari jawaban secara lebih cepat dan menimbang berbagai sumber berita.

Baca Juga: Tips Membuat Tagline Iklan Eye Catching

Sekarang ini untuk mendapatkan update kabar terbaru negeri maupun dunia sudah secepat kilat melalui berita di internet. Misal, Anda ketik kata kunci “Tom Liwafa” pada mesin pencari maka akan muncul berbagai kabar dan data terkait Crazy Rich Surabaya tersebut. Hasil serupa akan keluar ketika Anda mengetikkan kata kunci lainnya. Jika ingin yang spesifik maka kata kuncinya harus lebih spesifik juga. Misal, tuliskan “Bagaimana cara menanak nasi Jepang” maka akan muncul tutorial dari berbagai sumber terkait metode menanak nasi Jepang.

Manfaat Menggunakan Mesin Pencari

Manusia modern seperti kita sudah pasti banyak merasakan manfaat search engine dalam kegiatan sehari-hari. Jika harus dijabarkan maka kurang lebih seperti ini manfaat yang diperoleh:

1. Mudah Masuk ke Alamat Situs Tertentu

Pengguna internet diberikan kemudahan untuk masuk ke alamat situs tertentu tanpa harus mengingat alamat URL-nya. Anda cukup menuliskan kata kunci, misal “PT Sehat Dinanti” maka Google akan memunculkan hasil pencarian berikut alamat web di bagian bawah judul.

2. Menampilkan Referensi Hasil Pencarian

Hasil pencarian Google akan memberikan jawaban sesuai kata kunci yang dimasukkan. Misal, Anda ingin mencari referensi harga handphone iPhone terbaru, maka bisa ketik kata kunci bersangkutan, termasuk harga baru atau second, kemudian Google akan menampilkan referensi harganya.

3. Mendukung Browsing Internet

Selanjutnya manfaat search engine lainnya adalah memiliki efisiensi dalam memberikan jawaban ketika pengguna internet browsing. Dalam situasi terdesak sekalipun, Google dapat memberikan jawaban akurat, asalkan Anda pintar memilih sumber secara online. Contohnya, ketika anak sakit dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, bisa ketik gejala pada anak. Kemudian setelah itu cari sumber paling terpercaya dan baca informasinya, bila perlu bisa membandingkan antara satu sumber terpercaya dengan sumber terpercaya lainnya. Saat ini mesin pencari bukan hanya berguna untuk memberikan informasi, namun juga bisa sebagai ajang berjualan. Untuk menampilkan halaman web pada halaman terdepan Google, tim digital marketing harus berusaha keras membangun optimasi web dari dalam dan luar.

Cara Kerja Search Engine

Garis besar manfaat search engine adalah memberikan hasil penelusuran sesuai dengan kata kunci yang diinput. Semakin detail kata kuncinya maka semakin detail pula informasi yang diberikan.

Kenapa begitu? karena cara kerja mesin pencari itu ada 3, meliputi:

1. Crawling

Crawling adalah sebuah proses dimana mesin pencari menemukan jawaban dari kata kunci yang diinput. Dari mana jawabannya? dari telusuran ke setiap WWW atau World Wide Web di seluruh wilayah bersangkutan. Ketika Anda melihat hasil pencarian paling atas, itu artinya Google telah melakukan berbagai proses yang meyakinkan bahwa web paling atas adalah sumber paling terpercaya. Berurutan ke bawah adalah sumber-sumber dengan rank lebih rendah.

2. Indexing

Setelah proses crawling selesai maka semua hasil penemuan web akan dimasukkan ke dalam indeks atau daftar tertentu. Namun, penting diketahui bahwa nantinya hasil terakhir hanya menampilkan website yang relevan saja dengan kata kunci pencarian. Dengan begitu, manfaat search engine akan lebih efektif karena menyeleksi sumber jawaban secara akurat. PR untuk para pembuat konten di web tertentu harus memperhatikan berbagai aspek supaya Google tidak membacanya sebagai rank terendah.

3. Ranking

Terakhir, Google akan menampilkan urutan hasil pencarian dari halaman terdepan sampai halaman terakhir, dari urutan teratas sampai urutan paling bawah. Semua itu merupakan proses ranking atau peringkat, dimana web paling relevan muncul pada bagian atas. Banyak pengguna internet ketika sudah merasa cukup membuka satu atau dua web maka web di bawahnya tidak akan dibuka sama sekali. Ini salah satu manfaat search engine, yakni memberikan kemudahan para penjelajah internet mendapatkan jawaban secara cepat.

Secara general. cara kerja mesin pencari seperti ketiga proses di atas. Sementara itu proses di dalam indexing, crawling, dan ranking secara teknis pasti diisi oleh kode-kode matematis yang hanya dipahami para ahli IT.

Macam-macam Search Engine di Dunia Selain Google

Google adalah mesin pencari sejuta umat, namun ternyata bukan hanya Google satu-satunya search engine di berbagai negara. Kami merangkum beberapa mesin pencari lainnya, yaitu:

1. Bing

Bing dikeluarkan oleh Microsoft dan menempati sebanyak 20% penggunaan di internet. Persentase penggunanya memang tidak sebesar Google, namun meskipun minim inovasi, Bing sampai saat ini masih digunakan beberapa populasi pengguna internet di dunia.

2. Yandex

Mahir berbahasa Rusia? mungkin Anda bisa mengambil manfaat search engine Yandex yang hasil pencariannya full menggunakan bahasa Rusia. Orang-orang Indonesia umumnya mungkin tidak familiar dengan mesin pencari ini, namun skalanya cukup besar menurut data dari Alexa.

3. Duckduckgo

Duckduckgo ini agak berbeda dengan mesin pencari lain karena meniadakan iklan dalam setiap hasil penelusurannya. Akses menggunakan duckduckgo juga lebih privasi sehingga pengguna bisa lebih nyaman dan merasa relate dengan hasil yang dikeluarkan oleh duckduckgo.

4. Yahoo

Yahoo yang dulu populer sebagai alamat email juga memiliki mesin pencari. Ketika masuk ke halaman situsnya, Anda akan lebih banyak disuguhkan berita terkini seputar hiburan, berita terupdate, dan pencarian bisa dilakukan melalui kolom paling atas.

5. Ask

Ask pada mulanya merupakan situs tanya jawab semata, namun pada akhirnya mengembangkan diri memberikan manfaat search engine serupa beberapa mesin di atas. Saat ini Anda bisa mengakses berbagai informasi penting dunia melalui kanal Ask.

6. Ecosia

Ingin berperan dalam penghijauan bumi? Anda bisa menggunakan Ecosia sebagai mesin pencari karena alokasi dana Ecosia digunakan untuk penanaman pohon. Sekedar informasi, Ecosia bermitra dengan Bing dalam menampilkan hasil pencarian para pengunjung juga. Itu dia berbagai manfaat, cara kerja, dan beberapa mesin pencari lainnya di dunia selain Google. 

Baca Juga: Pelajari Fungsi Hashtag dan Cara Penggunaannya

Kini wawasan Anda sudah semakin luas, bukan hanya Google yang berperan sebagai pemberi informasi cepat, namun ada juga beberapa mesin pencari lainnya. Semuanya tentu memberikan manfaat search engine melalui cara kerja sistem terbaiknya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.