Cara Beriklan di Google Ads untuk Pemula

Digital Marketing

Apa itu Google Ads?

Belakangan ini, berbagai strategi marketing dilakukan secara digital, salah satunya melalui penggunaan Google Adsense atau Google Ads. Cara beriklan di Google Ads ini bisa dibilang susah-susah gampang, namun akan semakin mudah jika Anda paham berbagai tahapnya.

Jika Anda memiliki bisnis dan ingin mencapai pasar yang jangkauannya lebih luas, maka praktik marketing yang satu ini bisa menjadi solusi yang bagus. Simak penjelasan berikut ini hingga tuntas, lalu buatlah iklan terbaik untuk brand Anda!

Google Ads merupakan sebuah layanan iklan digital untuk melakukan berbagai promosi. Hal ini bisa berguna untuk mempromosikan berbagai jenis bisnis, produk, serta layanan. Sebelum bernama Google Ads, layanan iklan ini juga secara umum dikenal dengan nama Google Adwords.

Dengan cara beriklan di Google Ads, maka iklan Anda bisa muncul di berbagai platform yang dimiliki oleh Google. Misalnya, bisa muncul di Penelusuran Google, Google Play, Google Maps, dan sebagainya.

Persiapan Buat Iklan di Google Ads

Untuk bisa membuat iklan terbaik yang sesuai dengan brand Anda, maka lakukan berbagai persiapan berikut ini.

1. Buat Nama Bisnis

Untuk beriklan di Google Ads, maka diperlukan nama bisnis sehingga Anda perlu membuatnya jika belum punya.

2. Ketahui Apa Tujuan dari Iklan Anda

Selanjutnya, Anda harus mengetahui dan tentukan tujuan dari iklan yang akan ditampilkan. Tujuan tersebut bisa berupa pengenalan brand, riset produk, pembelian produk, ataupun jenis transaksi yang lainnya.

3. Riset Kata Kunci

Hal penting lain yang perlu dilakukan sebelum beriklan adalah melakukan riset kata kunci atau keyword. Ini akan membantu Anda menemukan target audiens yang sesuai untuk iklan yang Anda pasang.

4. Pastikan Anda Memiliki Website

Untuk bisa beriklan di Google Ads, maka Anda perlu memiliki website karena iklan akan terhubung ke sana. Jika Anda belum memilikinya, maka Anda perlu membuat website terlebih dahulu.

Cara Beriklan di Google Ads

Setelah mempersiapkan pembuatan iklan dengan baik, maka Anda bisa mulai untuk beriklan. Inilah cara memasang iklan di Google Ads yang bisa Anda ikuti setiap langkahnya.

1. Buka Halaman Google Ads

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu masuk ke halaman Google Ads yaitu https://ads.google.com/intl/en_ID/home/.  

Setelah itu, Anda bisa menekan tombol Get Started yang tertera di sana. Untuk memulai proses pendaftaran, Anda membutuhkan akun Google Adsense. Jika Anda masih belum memiliki akun tersebut, maka Anda perlu membuatnya terlebih dahulu.

Jika sudah punya, maka Anda bisa langsung menggunakannya dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pilih Tujuan dari Iklan Anda

Setelah masuk dengan akun Google Ads, maka Anda perlu memilih tujuan dari iklan yang akan Anda buat dan sebarkan. Berikut adalah berbagai pilihan yang bisa Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan:

  • Sales, untuk membuat penjualan Anda meningkat di berbagai platform, misalnya toko online, aplikasi, atau telepon.
  • Product and brand consideration, yang bisa berguna untuk memperkenalkan produk dari bisnis dan layanan Anda ke berbagai pasar yang lebih luas.
  • Website traffic, untuk membuat orang datang mengunjungi website Anda.
  • Leads, supaya bisa mendorong berbagai kalangan pelanggan yang terkait atau relevan (leads) untuk melakukan sesuatu, misalnya memberikan informasi tentang kontak mereka.
  • Local site visit and promotion, untuk membuat audiens pergi dan mengunjungi toko Anda.
  • App promotion, yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan jumlah orang yang melakukan install aplikasi hingga pendaftaran di aplikasi tersebut.
  • Brand awareness and reach, untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens untuk Anda.

Jika Anda sudah menentukan pilihan sesuai kebutuhan, Anda bisa menekan tombol Continue yang tersedia.

3. Tentukan Tipe Kampanye

Setelah memilih tujuan, maka selanjutnya Anda perlu memilih tipe kampanye. Ada berbagai jenis iklan yang bisa Anda pilih, misalnya:

  • Search, yang nantinya akan muncul di halaman pencarian.
  • Display, yang bisa muncul pada berbagai website, aplikasi, serta games.
  • Video, sehingga iklan bisa masuk ke kanal Youtube.
  • Shopping, yang bisa menampilkan katalog dari produk Anda.
  • Discovery, yang merupakan iklan Google di berbagai penelusuran seperti Gmail, Youtube, dan sebagainya.
  • Performance max, jenis iklan yang nantinya dapat menampilkan iklan secara otomatis untuk sebuah kampanye.

Pastikan Anda menentukan tipe kampanye yang sesuai sehingga iklan Anda bisa tersebar dengan lebih optimal.

4. Pilih Lokasi untuk Menayangkan Iklan Anda

Tahap selanjutnya dari cara beriklan di Google Ads yaitu dengan memilih lokasi untuk menayangkan iklan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memilih penayangan iklan di Display Network ataupun di Search Network.

Jika memilih Search Network, maka iklan dari Anda akan dimunculkan di berbagai hasil pencarian Google serta berbagai jenis layanan lainnya dari Google.

Selanjutnya, jika memilih Display Network, maka akan membuat iklan Anda bisa muncul di berbagai platform selain Google. Misalnya, iklan bisa muncul di aplikasi atau website milik orang lain.

5. Pilih Target Audiens yang Diharapkan

Target audiens juga bisa Anda pilih, yaitu dari segi bahasa, negara, serta berbagai segmentasi yang lebih rinci. Sebagai contoh, dari segi ketertarikan, demografi, dan sebagainya.

Pemilihan target ini perlu dipertimbangkan dengan baik, karena dapat berpengaruh terhadap hasil dari iklan Anda. Pilihlah yang sesuai dengan target pasar dari produk atau brand Anda.

6. Tentukan Budget

Anda bisa memilih budget sesuai dengan kebutuhan, hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap penayangan iklan Anda.

7. Masukkan Keyword atau Kata Kunci

Selanjutnya, masukkan kata kunci yang sesuai untuk iklan Anda. Apabila mengalami kesulitan, carilah rekomendasi melalui Get Keyword Suggestion.

8. Anda Bisa Mulai Membuat Iklan

Setelah menyelesaikan berbagai cara beriklan di Google Ads di atas, maka Anda bisa mulai untuk beriklan. Anda dapat mengatur berbagai hal yang diperlukan, misalnya headline, CTA, serta deskripsi.

Anda juga bisa melihat tampilan yang diperkirakan muncul untuk iklan Anda nantinya melalui halaman Preview.

9. Tahap Pembayaran

Jika sudah selesai, maka selanjutnya adalah tahap pembayaran. Anda bisa melengkapi berbagai informasi pembayaran yang disediakan, misalnya data customer, time zone, billing country, serta kode promo.

Setelah itu, pilihlah metode pembayaran yang diinginkan yaitu dengan cara otomatis maupun manual. Jika memilih manual, maka Anda bisa membayar melalui mobile banking atau ATM. Selanjutnya, jika memilih otomatis, maka Anda bisa memakai fasilitas dari kartu kredit.

Itulah berbagai informasi tentang Google Adsense, termasuk bagaimana cara beriklan di Google Ads. Seperti yang sudah dijelaskan, terdapat berbagai hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk bisa membuat iklan yang sesuai dengan kebutuhan brand Anda.

Seperti yang sudah disinggung di awal, membuat iklan memang bisa dibilang susah-susah gampang. Bagi Anda yang sudah memahami betul setiap tahapnya, hal ini bisa menjadi semakin mudah.

Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan semua prosesnya, maka Anda juga bisa menghubungi Dreambox untuk memanfaatkan berbagai layanan yang terkait dengan marketing. Salah satu layanan yang bisa membantu Anda yaitu layanan digital marketing dari Dreambox

Dreambox akan membantu Anda dalam melakukan berbagai proses digital marketing, termasuk cara beriklan di Google Ads. Anda bisa memanfaatkan layanan ini dengan baik sehingga brand Anda bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.