Cara Kerja Digital Content Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

Digital Marketing

Pemasaran yang dilakukan secara digital ada banyak caranya, salah satunya yaitu digital content marketing.

Strategi pemasaran melalui digital content marketing memainkan peran penting untuk mencapai keberhasilan Anda. Strategi ini dapat dijalankan oleh berbagai jenis usaha dengan skala berbeda-beda. Mulai dari skala besar sekelas korporasi hingga usaha UMKM maupun bisnis rumahan.

Peluang keberhasilan yang tinggi dengan biaya efisien membuat strategi ini jadi salah satu andalan untuk mengembangkan usaha. Lantas bagaimana cara melakukannya, apa saja jenis-jenisnya, dan apa manfaat yang akan diterima dari konten marketing?

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Menggunakan Jasa Digital Marketing Agency

Memahami Apa Itu Digital Content Marketing

Sebelum  berlanjut ke pembahasan yang mendalam, Anda perlu memahami apa yang dimaksud content marketing atau pemasaran konten. Ini merupakan salah satu strategi dalam pemasaran digital yang dilakukan dengan membuat dan mendistribusikan konten.

Konten yang dimaksud adalah unggahan yang relevan untuk menjawab permasalahan konsumen dan memberikan manfaat bagi konsumen. Pemasaran konten dilakukan untuk menarik perhatian target audiens agar mau membeli produk.

Selain itu, digital content marketing juga dilakukan sebagai strategi untuk melibatkan audiens. Keterlibatan berpeluang mendatangkan pelanggan baru maupun membentuk loyalitas pelanggan lama.

Teknik pemasaran ini perlu memenuhi 3 syarat, yakni relevan, bermanfaat (mengandung informasi penting atau edukatif), dan konsisten. Dengan memperhatikan 3 syarat ini, Anda dapat menciptakan konten yang ideal.

1. Relevan

Pembuatan konten harus didasarkan pada relevansi. Apabila bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, maka kontennya juga harus relevan dengan industri tersebut. Digital content marketing yang tidak relevan justru bisa menimbulkan pertanyaan di benak audiens.

2. Bermanfaat

Sebelum mengunggah content, pertimbangkan apakah itu penting diketahui audiens atau memberikan manfaat. Unggahan yang baik menawarkan kebermanfaatan, baik itu berupa informasi, edukasi, tutorial, hiburan, atau kebermanfaatan lainnya.

3. Konsisten

Konsistensi adalah kunci keberhasilan teknik pemasaran ini. Anda tidak bisa mengandalkan satu gambar, video, atau artikel saja. Konten yang dibuat secara berkualitas nyaris percuma jika tidak diimbangi dengan konsistensi.

Baca Juga: Pelajari Pentingnya Jasa Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Jenis-Jenis Digital Content Marketing

Pada dasarnya, pemasaran konten digital adalah konten-konten yang disebarkan melalui berbagai platform digital. Bentuk kontennya beragam dan memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut ini adalah bentuk-bentuk teknik pemasaran konten 

1. Media Sosial 

Dalam pemasaran digital, terdapat teknik social media marketing yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur ads, menggunakan skema endorsement, hingga memberikan giveaway. Yang tidak kalah signifikan dalam social media marketing yaitu content marketing.

Konten organik pada umumnya mendapat tempat yang lebih istimewa di mata audiens. Anda dapat menerapkan strategi digital content marketing di sosial media untuk publikasi informasi, promosi, branding yang efektif untuk meningkatkan engagement.

2. Video

 Dari waktu ke waktu, konten video sangat disukai masyarakat. Dulu, untuk kegiatan pemasaran digital dengan video masih mengandalkan televisi. Saat ini, kehadiran platform berbagi video seperti YouTube memperluas peluang untuk menyebarkan konten.

Video memberi kesempatan audiens untuk mengenali pesan yang Anda sampaikan dengan lebih baik. Entah itu mempromosikan produk, launching produk baru, event perusahaan, atau lain-lain.

Maka, tidak heran jika media audio visual ini mendatangkan engagement tinggi bahkan mendorong perolehan konversi. 

3. Blog

Digital content marketing berikutnya yaitu blog. Blog bisa diberi predikat sebagai bentuk fundamental dari strategi pemasaran konten. Melalui blog post, Anda bisa memberikan informasi maupun gagasan secara lengkap dan lebih komprehensif.

Di samping itu, blog dapat bertindak sebagai investasi tersendiri karena keabadian kontennya. Blog post yang biasanya berupa artikel dan dipadukan dengan elemen gambar hingga video memiliki ketahanan lebih baik.

Blog post yang diimbangi teknik SEO akan menghasilkan konten powerful. Penerapan SEO pada blog post menghadirkan potensi bagi halaman Anda untuk memperoleh rangking teratas Google serta mendapatkan ribuan kunjungan real time.

4. eBook

E-Book memberikan informasi secara lengkap, detail, dan dalam. Untuk menarik perhatian target konsumen, Anda bisa menawarkannya secara cuma-cuma dengan cara mendaftarkan email. Alamat email tersebut nantinya akan menjadi leads yang berpotensi dikonversi menjadi pelanggan.

5. Email 

Email adalah strategi digital content marketing yang sangat kuat dan efektif. Dalam teknik pemasaran ini, email dapat dijadikan sebagai platform untuk promosi campaign tertentu, pengingat shopping cart, berbagi newsletter, menyampaikan pemberitahuan, dan lainnya. 

6. Podcast 

Popularitas podcast semakin meningkat dengan hadirnya podcaster-podcaster handal. Ini patut dijadikan lahan potensial untuk memasarkan produk maupun brand Anda. Konten di podcast berbentuk rekaman suara yang membawakan topik ringan, santai, namun harus tetap relevan. 

7. Infografik 

Infografik adalah konten yang menyajikan data, informasi, atau hal penting lainnya yang dapat dipahami dengan mudah dan cepat. Infografik biasanya menampilkan diagram, kronologis, atau ringkasan yang dikemas dengan tambahan visual menarik. 

Baca Juga: Ketahui Strategi Rahasia dari Jasa Digital Marketing Jakarta

Manfaat Menggunakan Jasa Digital Content Marketing

 Menjalankan pemasaran konten memerlukan strategi dan perencanaan yang matang. Untuk memperoleh performa pemasaran yang optimal, Anda dapat menggunakan layanan agensi digital marketing untuk menangani pemasaran konten. Manfaat yang diperoleh antara lain: 

1. Membuat Konten Berkualitas

 Jasa content marketing adalah tenaga-tenaga profesional di bidangnya yang berpengalaman menangani berbagai industri. Agensi menangani konten Anda dengan mengutamakan kualitas dan tidak sembarangan. 

Berbeda dari amatir, profesional memiliki dasar-dasar pemikiran dan keterampilan dalam membuat content, sehingga menghasilkan content yang tidak hanya menarik tetapi juga menjual. 

2. Konten Terjadwal 

Jangan lupa, pondasi penting dalam menjalankan digital content marketing salah satunya adalah konsistensi. Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk memperbarui artikel, feed Instagram, atau video. 

Jasa content marketing memiliki kerangka kerja yang terencana dan terstruktur. Dengan begitu, pemasaran konten Anda berjalan secara konsisten dan terjadwal. Ini sangat penting untuk memastikan kinerja pemasaran tetap berada di puncak performa. 

3. Menyesuaikan Tujuan Konten 

Secara umum, kegiatan pemasaran pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta mendorong pertumbuhan bisnis. Namun pemasaran memiliki tujuan-tujuan lain yang tidak kalah pentingnya, seperti:

  1. Menumbuhkan brand awareness
  2. Meningkatkan leads dan prospek
  3. Mempromosikan produk atau layanan baru
  4. Membangun citra produk
  5. Mewujudkan kepuasan konsumen 

Untuk merealisasikan tujuan-tujuan tersebut, maka digital content marketing juga perlu disesuaikan. Konten promosi produk mungkin memiliki perbedaan dengan konten branding.

4. Efektivitas dan Efisiensi 

Mempercayakan pekerjaan ini kepada ahlinya adalah solusi tepat mendapatkan hasil yang efektif. Hasilnya mungkin akan sangat berbeda jika Anda menanganinya sendiri. 

Profesionalisme agensi memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan sehingga tidak ada pengeluaran tambahan yang tidak perlu. Selain itu, Anda hanya membayar untuk layanannya. Jadi, tidak perlu merekrut karyawan tambahan yang prosesnya lama dan memakan biaya.

5, Menawarkan Beragam Layanan Digital Marketing 

Jasa content marketing biasanya juga menawarkan beragam layanan digital marketing lainnya seperti web design & development, SEO, online advertising, social media management, dan lainnya. 

Variasi layanan tersebut memudahkan Anda menentukan strategi mana saja yang ingin diterapkan sesuai kebutuhan bisnis. 

Pemasaran konten menjadi pondasi untuk keberhasilan digital marketing. Untuk menjalankan digital content marketing yang optimal, percayakan kepada digital marketing agency berpengalaman.

Baca Juga: Rekomendasi Konten dan Cara Download Story IG dengan Musik

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.