4 Contoh Digital Marketing Plan Terpopuler

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
digital-marketing-plan-dreambox

Pahami Berbagai Contoh Digial Marketing Plan

Berbagai contoh digital marketing plan secara konkret akan membantu Anda lebih akurat memahami tren pemasaran bisnis saat ini. Pengaruh teknologi digital besar sekali dalam berbagai aspek. Sudah banyak hal beralih ke penggunaan internet, salah satunya bisnis.

Sekarang, Anda tidak memerlukan tatap muka secara langsung untuk melakukan promosi maupun pemasaran. Asalkan ilmunya diaplikasikan secara tepat, maka dengan modal media sosial, situs, email dan sebagainya, Anda bisa meraih sebanyak mungkin jumlah pembeli.

Baca Juga: Campaign Marketing dan Manfaatnya untuk Brand dan Bisnis

Apa Itu Digital Marketing Plan?

Sebelum masuk ke pembahasan apa saja contoh digital marketing plan, mari pahami dulu apa itu digital marketing plan. Secara mudah, pengertiannya sama dengan tindakan pemasaran produk maupun bisnis yang dilakukan menggunakan media internet atau online.

Tujuannya sama seperti pemasaran konvensional, yakni untuk memberikan kesadaran merek dari masyarakat. Setelah merek disadari keberadaannya, maka selanjutnya proses pemasaran produk bisa berlangsung lebih lancar hingga akhirnya memberikan keuntungan yang banyak.

Beberapa alat yang digunakan untuk melancarkan kegiatan pemasaran online adalah situs, media sosial, email, serta mesin pencari. Jika terdapat ruang khusus obrolan dengan pelanggan, maka ruang obrolan tersebut juga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Berbagai contoh digital marketing plan akan berhasil menarik pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan lama. Kuncinya adalah konsisten melakukan pemasaran serta melakukan rencana sesuai dengan riset dan tentunya berdasarkan kebutuhan pasar.

Menjalani digitalisasi bisnis merupakan sebuah upaya untuk bertahan di tengah perkembangan zaman. Selain itu, hal ini berguna untuk mempersiapkan diri agar selalu bersiap berkompetisi dengan para kompetitor yang mana tindakan ini bisa dilakukan secara tim.

Anda tidak perlu melakukannya sendirian, sekalipun idenya dari Anda semua. Bentuklah sebuah tim agar engagement nya juga bagus. Atau, Anda juga bisa bekerjasama dengan jasa profesional supaya mendapatkan pelayanan terbaik.

Hal terpenting dari pemilihan anggota tim adalah memastikan visi misi serta tujuan bisnisnya sama. Dalam contoh digital marketing plan, Anda dapat berperan sebagai pengawas. Biarkan tim bekerja sesuai kapabilitasnya dan Anda mengawasi setiap progress-nya.

Baca Juga: 8 Social Media Marketing Strategi yang Tepat Sasaran

Bagaimana Cara Membuat Strategi Digital Marketing?

Pembahasan materi terkait pemasaran online sudah cukup banyak, lalu seperti apa cara pembuatannya? Kurang lebih ada 6 langkah dalam menyusun strategi, diantaranya keenam langkah tersebut meliputi beberapa hal berikut:

1. Menentukan Tujuan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pemasaran online adalah menentukan tujuan. Misal, tujuan utamanya tentu agar produk bisa laku keras di pasaran. Namun, sebagai pebisnis maka Anda harus membuat tujuan itu terdeskripsi secara rinci.

2. Melakukan Riset

Langkah atau contoh digital marketing plan setelah penentuan tujuan adalah riset mendalam. Riset ini bisa dilaksanakan melalui berbagai hal, salah satunya adalah melihat kompetitor serta menganalisis kekurangan apa yang bisa Anda hadirkan dalam produk.

3. Mengumpulkan Data Audiens

Seorang pebisnis sejak awal harus sudah tahu siapa saja yang akan ditarget dalam pemasaran produk. Data lengkap, terkait umur, jenis kelamin, tempat tinggal, selera, hobi, bahkan sampai penghasilan dapat membantu Anda melakukan rencana secara matang.

4. Memahami Digital Marketing Funnel

Digital marketing funnel adalah proses transaksi oleh pelanggan, dari mulai edukasi produk. Maksudnya adalah, sebagai pebisnis, Anda harus merencanakan secara matang bagaimana caranya memberitahukan produk kepada pelanggan.

Setelah itu, Anda bisa menentukan seperti apa strategi tepat untuk membuat pelanggan tertarik pada produknya hingga akhirnya membeli. Salah satu contoh digital marketing plan ini menjadi sangat penting dalam proses pemasaran online.

5. Membuat Content Plan

Content plan adalah rencana pembuatan konten untuk membantu memasarkan produk secara online. Content plan ini dibuat secara rinci hingga ke penentuan tanggalnya. Nantinya, tim yang bekerja akan menyesuaikan kegiatan mereka sesuai tanggal di kalender.

6. Evaluasi dan Analisis

Terakhir, salah satu cara membuat strategi pemasaran online adalah melalui evaluasi dan analisis. Evaluasi dilakukan terhadap berbagai tindakan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Apakah terdapat kekurangan atau perlu ditingkatkan lebih lanjut.

Evaluasi ini dapat diterima setelah adanya analisis tajam. Contoh dari digital marketing plan yang terakhir ini menentukan keputusan serta tindakan untuk fase selanjutnya seperti apa. Apakah perlu dibuat rencana baru atau justru mempertahankan rencana lama.

Baca Juga: Pentingnya Jasa Iklan Instagram Ads dalam Era Digital

4 Contoh Digital Marketing Plan yang Sering Digunakan

Berbeda dengan pemasaran konvensional, pelaksanaan pemasaran online menitikberatkan pada penggunaan internet. Sebagai contoh, kami memberikan empat ilustrasi konkretnya dalam penjelasan berikut:

1. Blogging

Blogging merupakan tindakan yang sudah lama dilakukan dengan membuat konten online. Bedanya, sebelum bisnis online melejit, kegiatan blogging biasanya hanya untuk hobi. Namun, seiring semakin berkembangnya teknologi maka blogging menjadi alat komersial.

Sekarang, sudah banyak perusahaan membuat web company dengan tujuan mempublikasikan informasi kepada khalayak. Isinya bukan hanya berkaitan dengan produk, tetapi juga mengenai profil perusahaan lengkap serta visi-misinya.

Salah satu contoh digital marketing plan ini bisa menggunakan jasa profesional agar konten terkelola secara baik. Sementara itu, Anda bisa fokus mengurusi bisnis pada bagian internal perusahaan. Anda bisa juga merekrut karyawan baru dengan kapabilitas yang dibutuhkan.

2. Marketing di Media Sosial

Penggunaan media sosial saat ini bukan hanya sebagai ajang komunikasi santai, melainkan sudah digunakan oleh banyak pebisnis. Mulai dari forum, grup tertutup maupun terbuka, serta fitur khusus untuk melakukan kegiatan jual beli langsung telah tersedia.

Pelaksanaan pemasaran melalui media sosial juga sudah didukung oleh fasilitas yang cukup memadai karena Anda bisa memposting tulisan, membuat catatan, memposting foto, maupun video. Peran penting profesional dapat membantu bisnis Anda dari sini.

Berbagai contoh digital marketing plan melalui media sosial sudah dapat banyak terlihat di mana saja. Misal, Facebook memiliki forum jual beli, Instagram hadir dengan Instagram Shop, Tiktok hadir dengan Tiktok Shop. Anda tinggal memilih salah satunya.

3. Email Marketing

Email marketing adalah pesan yang disebarkan kepada semua pelanggan, baik pelanggan lama maupun baru dengan kalimat persuasif. Biasanya, contoh email marketing yang baik membuat penerima tidak merasa dipaksa membeli, tetapi justru membuat psikologis mereka merasa spesial.

Karena kebanyakan, email yang baik seolah mengirimkan pesan pemasaran ke satu orang, padahal dikirimkan ke banyak orang. Frekuensi pengiriman email mesti diperhatikan karena jika terlalu sering berpotensi menimbulkan kotak masuk dikategorikan spam.

Salah satu contoh digital marketing plan ini juga tidak kalah mesti dikerjakan oleh profesional. Karena selain sifatnya soft selling, untuk mendapatkan data pelanggan juga membutuhkan usaha serius.

4. Pay per Click 

Terakhir, pemasaran online yang populer tetapi berbayar adalah menggunakan bantuan mesin pencari Google. Anda dapat memasang iklan produk secara online melalui situs maupun media sosial. Nantinya, ketentuan bayar berapa setiap satu kali klik bisa diatur sendiri.

Untuk contoh terakhir ini, pastikan Anda telah mempelajarinya secara seksama. Tujuannya agar budget pemasaran tidak berlebihan dan output yang didapatkan bisa semaksimal mungkin. Selesai sampai sini, pasti Anda sudah lebih paham seperti apa pemasaran online. Sekarang, melalui berbagai contoh digital marketing plan di atas, silakan praktikkan dan lakukan evaluasi serta analisa secara konsisten.

Baca Juga: Ketahui Pengertian dan Contoh Iklan PPC 

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms