Hal yang Harus Diperhatikan saat Menyusun Strategi Pemasaran Online

Digital Marketing

“Menggunakan sebuah strategi pemasaran memang sangat diperlukan.”

Tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena bisa berdampak pada usaha Anda. Begitu juga dengan strategi pemasaran online yang kini sedang marak digunakan oleh pelaku usaha. Strategi pemasaran satu ini tidak bisa lepas dari peranan teknologi dan internet, karena kedua hal tersebut merupakan sarana untuk menggunakan strategi ini.

Baca Juga: Pentingnya Elemen Visual dalam Strategi Branding Anda

Namun, ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menyusun strategi pemasaran secara online ini. Kira-kira apa saja sih yang perlu diperhatikan? Nah, simak informasi selengkapnya hanya dengan scroll pelan-pelan halaman ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyusun Strategi Pemasaran Online

Secara sederhana, pemasaran online atau biasa disebut juga dengan digital marketing dapat diartikan sebagai ajang promosi, dengan menggunakan media digital. Namun, sebelum memulai menyusunnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Penyusunan Strategi

Seperti yang Anda ketahui, bahwa strategi merupakan sebuah rencana untuk mencapai tujuan yang dapat diukur dengan baik. Dalam memulai strategi, Anda memerlukan beberapa hal untuk dilakukan. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Memastikan bahwa target sudah didapatkan. Dengan demikian, terdapat angka yang bisa digunakan untuk mengukur hasil akhirnya.
  • Menentukan kerangka waktu pelaksanaan strategi pemasaran online (kegiatan pemasarannya) dan aktivitas apa saja yang perlu dilakukan untuk memberikan dorongan positif pada pelaksanaannya.
  • Mengidentifikasi waktu yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan yang telah ditentukan. Contohnya, ketika tanggal tua seharusnya Anda tidak mengadakan promo hard-selling untuk konversi penjualan.

 

2. Memahami Konsumen

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah konsumen, karena ia merupakan faktor penting dalam keberhasilan strategi pemasaran online. Konsumen harus Anda pahami dengan sebaik mungkin, mulai dari segmentasi daya beli dan latar belakangnya. Dengan begitu, Anda akan mengerti dan memahami cara seperti apa yang efektif guna menyampaikan pesan dari sebuah promosi.

Maka dari itu, Anda perlu memikirkan konsumen seperti apa yang membutuhkan produk dari usaha Anda, dengan cara memilih jenis konsumen berdasarkan karakteristik yang dimilikinya.

3. Menyiasati Kompetisi Usaha

Jika ingin tahu tentang lawan Anda dengan tujuan dapat belajar tentang kemenangan maupun kesalahan, maka harus menyiasati kompetisi usaha dengan menganalisa kompetitor. Hal ini perlu menjadi perhatian Anda, karena dengan mempelajari kompetitor, Anda bisa mengambil celah untuk membuat strategi yang lebih unik dan berbeda dari lainnya meskipun tujuannya sama.

4. Memilih Media yang Dijadikan Sebagai Lapak Promosi

Menjalankan strategi pemasaran secara online tidaklah sama dengan strategi pemasaran offline, sehingga lapak yang digunakan pun berbeda. Ada banyak media yang bisa Anda gunakan sebagai lapak promosi, di antaranya adalah:

  • Website
  • Social Media
  • Blog Profesional
  • Market Place
  • Email Marketing, dll.

Pilihlah media yang sesuai dengan kebutuhan Anda, untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memanfaatkan semua media yang ada daftar di atas. Namun, perlu Anda ketahui, untuk menggunakan website atau blog profesional sudah seharusnya Anda mempelajari tentang SEO dan SEM, agar promosi berhasil.

Nah, untuk sosial media dan market place, tentu Anda perlu memilih yang memiliki banyak pengguna. Pasalnya, sosial media dan market place dengan pengguna yang banyak juga dapat meningkatkan keberhasilan strategi pemasaran yang digunakan.

Itulah beberapa hal umum yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menyusun strategi pemasaran online. Strategi ini memang sedang marak digunakan, namun Anda tidak boleh sembarangan ketika menggunakannya. Nah, hal-hal yang perlu diperhatikan yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya digunakan sebagai bahan pertimbangan agar strategi pemasaran dapat mendulang hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Trik Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Usaha Anda

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.