...

Ini Dia Jenis Digital Marketing yang Cocok untuk Usaha Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Digital Marketing memiliki beragam cara agar penerapannya dapat sesuai dengan target yang dituju.

Anda yang sedang menjalankan bisnis dan berencana melakukan pemasaran, ada baiknya mengenal berbagai jenis digital marketing. Sebab pemasaran secara digital ini memang sangat efektif mendukung perkembangan bisnis. Jenis yang beragam semakin memudahkan pebisnis untuk memilih media digital marketing yang dianggap paling efektif. 

Baca Juga: Strategi Endorse di Media Sosial untuk Bisnis

Jenis Digital Marketing Untuk Usaha

Untuk membantu menjalankan pemasaran secara digital, maka kenali dulu beberapa jenis pemasaran digital popular berikut ini: 

1. Instant Message Marketing 

Teknik pertama dalam pemasaran digital adalah instant message marketing yaitu pemasaran dengan menggunakan aplikasi pesan instan. Sebut saja seperti Line, WhatsApp, Facebook Messenger, dan lain sebagainya. Tekniknya adalah mengirimkan promosi, atau sekedar memperkenalkan merek ke calon pelanggan secara langsung dan personal. 

2. Email Marketing

Email juga bisa dijadikan media pemasaran secara digital, disebut dengan teknik email marketing. Sesuai namanya, teknik ini dilakukan dengan mengirimkan promo bentuk apapun secara personal ke alamat email target pasar. Biasanya dalam bentuk perkenalan produk baru, promo di waktu tertentu, dan penawaran khusus. 

3. Content Marketing 

Pemasaran digital juga bisa dilakukan dengan teknik content marketing yakni proses menyediakan konten pemasaran secara konsisten, relevan, bernilai, dan juga meningkatkan engaging konsumen. Jenis konten untuk teknik pemasaran ini beragam sebut saja seperti konten blog, video, e-book, podcast, dan lain sebagainya. 

4. Social Media Marketing 

Media sosial juga menjadi salah satu jenis digital marketing potensial, sebab digunakan banyak orang dan juga tersedia fitur untuk promosi. Sosial media bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendekatkan diri dengan konsumen. Anda bisa membangun katalog produk dan jasa di sini. Selain itu, bisa pula digunakan untuk menaikkan iklan lewat fitur ads yang disediakan. 

5. Affiliate Marketing 

Teknik affiliate marketing juga tepat untuk diterapkan agar bisnis yang dimiliki bisa terus berkembang. Teknik ini pada dasarnya merupakan teknik promosi dengan berkolaborasi, misalnya saja dengan influencer. Kolaborasi ini bisa dalam bentuk konten media sosial, konten di blog, dan sebagainya. 

6. Search Engine Optimize (SEO)

Pernah mendengar istilah SEO? Bagi pelaku bisnis online dijamin sangat familiar dengan salah satu jenis digital marketing populer satu ini. Teknik SEO pada dasarnya upaya pengelolaan sebuah website untuk bisa masuk ke ranking pertama atau di halaman awal mesin pencari. 

SEO sendiri sifatnya organik dan tidak berbayar dimana teknik di dalamnya sangat beragam. Dimulai dari penentuan domain yang mudah diingat dan ditemukan target pasar. Ada pula penambahan kata kunci untuk setiap konten yang di post di website tersebut. Berhubung sifatnya organik maka efeknya tidak instan. 

7. Pay Per Click (PPC) 

Jenis dari pemasaran digital terakhir adalah Pay per Click atau PPC, dan cukup populer sebagai teknik pemasaran digital dalam angka pendek. PPC sendiri merupakan model iklan berbayar di mesin pencari, misalnya seperti Google. Iklan akan ditampilkan di beberapa website atau blog dengan jumlah pengunjung tinggi. 

Metode ini memungkinkan blog atau website bisnis bisa dikenal luas oleh pengguna internet. Biaya dari iklan berbayar ini terbentuk ketika papan iklan yang tampil di sebuah website diklik oleh pengunjungnya. Biasanya teknik PPC dilakukan untuk memperkenalkan bisnis baru maupun memasarkan promo, seperti diskon akhir tahun. 

Tips Memilih yang Terbaik 

Ada banyak teknik pemasaran secara digital seperti yang dijelaskan di atas, apakah perlu menggunakan semuanya? Tentu tidak. Pada dasarnya, sangat penting untuk memilih salah satu yang dirasa efektif dan mudah dijalankan. Sebab jika menjalankan banyak teknik maka akan sulit mengetahui mana yang paling efektif dan sebaiknya. Ada baiknya memilih jenis digital marketing yang popular dan banyak pengguna, karena hasilnya akan lebih efektif. Selamat mencoba!

Baca Juga: 3 Tips Jitu Membangung Branding UMKM

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms