Jenis Social Media Network yang Sering Digunakan Kaum Milenial

Digital Marketing

Ketahui Jenis jenis social media berikut ini

Ada banyak jenis sosial media yang digunakan seluruh masyarakat dunia saat ini. Namun, ternyata jika dikumpulkan maka sosmed tersebut adalah social media network. Dikatakan demikian karena ternyata penyebutan untuk setiap jenis bisa berbeda-beda.

Ini saatnya Anda mengetahui fakta di balik setiap sosmed yang digunakan. Dalam kepentingan berbisnis, mengetahui istilah penyebutan tepat dapat membantu mendorong promosi secara tepat. Jenis-jenisnya kami rangkum dalam pembahasan berikut:

Baca Juga: Strategy Social Media Marketing Bagi Pebisnis

Social Media

Pertama, jenis sosial media yang dikenal banyak orang memiliki istilah yang paling banyak digunakan. Socmed memiliki peranan untuk mewadahi banyak orang menuangkan ide dan berbagi cerita secara online dari akun pribadi maupun akun bisnis.

Selain memiliki istilah social media, kategori pertama ini juga disebut sebagai social networking. Secara tidak sadar sebenarnya saat ini banyak orang menggunakan social networking untuk bisa terhubung secara digital melalui adanya fasilitas internet.

Jika disebutkan contoh-contohnya maka beberapa social networking meliputi Twitter, Facebook, dan juga Linkedin. Linkedin menjadi sarana untuk setiap pemilik akun mendapatkan informasi lowongan pekerjaan atau menyebarkan info lowongan pekerjaan.

Media Sharing

Kedua, jenis sosial media bernama media sharing dan biasanya fokusnya untuk memberikan atau berbagi konten postingan cantik secara visual. Terdapat dua fokus konten yang selalu di post melalui media sharing, yakni foto atau contoh lainnya adalah postingan video.

Sebenarnya Anda sering menemukan bahkan menggunakannya setiap hari. Contoh, Instagram, Tiktok, Youtube, dan juga Snapchat termasuk ke dalam jenis media sharing. Kebanyakan orang memposting konten untuk berbagi keindahan visual.

Beberapa yang kami sebutkan itu biasanya hanya digunakan untuk membagikan postingan, bukan untuk melakukan komunikasi dua arah secara intensif. Misal, konten para Youtuber yang diunggah setiap hari atau pada waktu tertentu hanya bertujuan sebagai tontonan.

Begitu juga setelah kehadiran Tiktok yang melahirkan berbagai konten kreator dengan kreativitas masing-masing. Mengenal berbagai jenis sosial media secara tepat dapat membuat pengikut Anda bertambah secara organik dengan penerapan ide kreatif.

Baca Juga: Social Media Agency Jakarta, Ketahui 4 Tanggung Jawabnya

Discussion Forums

Forum diskusi adalah sebuah sarana untuk para pemilik akun melakukan diskusi, baik topik serius atau topik ringan. Dapat dikatakan yang satu ini termasuk kategori tertua dan masih digunakan sampai sekarang untuk berbagi informasi secara daring bersama orang banyak.

Anda dapat membayangkan Kaskus, Quora, dan juga Reddit sebagai contoh akuratnya. Ketika membuka situs tersebut, tidak banyak fasilitas diberikan untuk terhubung satu sama lain. Anda dapat melemparkan pertanyaan kemudian melihat jawaban dari banyak orang.

Bahkan, sebagai salah satu jenis sosial media forum diskusi, Kaskus juga memuat informasi lowongan pekerjaan tipuan. Bukan pemilik akun sekalipun dapat informasi valid dan bermanfaat setelah membaca keseluruhan informasi yang diunggah Kaskus.

Social Blogging

Sekarang untuk bisa menjadi seorang blogger tidak hanya dapat dilakukan melalui media situs. Anda dapat memanfaatkan social media yang tepat. Yang satu ini cocok sekali bagi pengguna dengan hobi menulis dan rajin membagikan konten tulisan kepada publik.

Penggunaannya bisa untuk kepentingan pribadi, bisa juga untuk mendapatkan atensi audiens melalui akun bisnis. Tumblr dan Medium adalah contoh tepat untuk menggambarkan jenis sosial media social blogging.

Pembatasan jumlah kata yang lebih longgar dapat dimanfaatkan sebagai sarana menuangkan berbagai ide kreatif di internet. Sebagai contoh, dulu ada peristiwa pribadi yang viral terkait pengalaman mistis saat seseorang menaiki bus Cikarang-Leuwi Panjang.

Awalnya kisah itu dituliskan melalui Instagram Story, namun kemudian sang pemilik pengalaman menuliskan lengkap kejadiannya di akun Medium pribadi. Berbagai contoh penulisan kreatif lainnya bisa ditemukan dari dua social blogging tersebut.

Baca Juga: Ketahui Strategi Rahasia dari Jasa Digital Marketing Jakarta

Social Audio

Kali ini jenisnya berbeda dari beberapa contoh sebelumnya karena pembagian konten bukan melalui ketikan, melainkan melalui suara. Setiap postingan yang dipasang adalah hasil rekaman suara tiap pemilik akun dan sifatnya publik atau bisa dinikmati semua pengguna.

Contoh social audio adalah keberadaan Twitter Space dan juga Clubhouse. Melalui dua jenis sosial media ini, pemilik akun dapat melakukan berbagai kegiatan berbagi informasi maupun ide kreatif lainnya melalui rekaman suara tanpa harus capek-capek mengetik lagi.

Konten yang biasa diunggah pada dua social audio tersebut adalah podcast. Ibaratnya seperti siaran radio, namun ini lebih mengarah ke versi digitalnya. Bagi Anda yang suka mendengarkan radio dapat menggunakan dua aplikasi di atas sebagai sarana siaran.

Karena jika siaran radio asli tentu tidak semua orang bisa berperan sebagai penyiar, namun melalui social audio siapapun dapat menjalankan peranan tersebut dengan bebas. Selama memiliki akun maka Anda dapat melatih kemampuan public speaking di tempat umum.

Anda juga berkesempatan mendengarkan rekaman suara pengguna lain sesama pemilik akun di dua jenis sosial media tersebut. Dari saling mendengarkan rekaman bisa berkembang menjadi hubungan baik yang siapa tahu dapat menguntungkan satu sama lain.

Live Streams

Siaran langsung sepertinya menjadi hal yang saat ini banyak dilakukan untuk membagikan informasi pribadi maupun menjalankan bisnis. Siapapun pemilik akun dapat melakukan broadcast kepada khalayak dan berperan menjadi orang streamer konten apa saja.

Sama seperti social audio, live stream ini lebih mengarah kepada penampilan suara dari masing-masing pengguna. Berbagai konten yang dapat disajikan bisa berupa penampilan musik, podcast, konten DIY, dan banyak lagi yang membutuhkan postingan konten video.

Sebagai salah satu jenis sosial media yang terbilang masih kecil gaungnya, jika ingin menjadi pelopor maka Anda dapat memulainya dari sekarang. Contoh aplikasinya adalah Youtube. Tentu melalui media ini sudah terlalu sulit saingannya.

Maka Anda dapat mencoba menggunakan Twitch, media live stream yang juga peranannya tidak jauh berbeda seperti Youtube. Jika penasaran bisa memulai dari sekarang dengan terlebih dahulu mempersiapkan skrip konten karena tentunya pengambilan video langsung.

Siaran langsung menjadi tantangan tersendiri supaya dalam perekamannya terjadi minim permasalahan, baik teknis maupun non-teknis. Semakin sering berlatih dapat membantu kesalahan tidak terlihat sama sekali atau tidak disadari khalayak ramai.

Review

Terakhir, sarana review terhadap sesuatu juga termasuk ke dalam salah satu jenis medsos. Jika ingin membagikan pengalaman menggunakan jasa, produk, atau hal lainnya dari perusahaan tertentu maka Anda dapat menuliskannya di sini.

Informasi yang Anda tuliskan nantinya sangat berguna untuk para pengguna baru lainnya. Dalam dunia bisnis, media review menjadi alat bagi para pemasar mengetahui respons masyarakat terhadap produk maupun jasa yang Anda keluarkan.

Contoh medsos review adalah Glassdoor dan Yelp. Namanya di Indonesia tidak setenar lainnya, namun jika ingin mendirikan bisnis, Anda dapat menggunakan dua sarana tersebut untuk mencari tahu review langsung dari para pelanggan di lapangan.

Ternyata selama ini sosmed yang kita gunakan ada ragam jenisnya. Tidak hanya disebut sebagai sosial media belaka, namun terdapat juga berbagai istilah penyebutan lainnya. Berbagai jenis sosial media yang kami sebutkan adalah berbagai bukti keragaman tersebut.

Baca Juga: 8 Social Media Marketing Strategi yang Tepat Sasaran

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.