...

Mengapa Influencer Management Penting bagi Marketing Bisnis?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
influencer-management

Influencer management dapt menjaga citra bisnis Anda.

Influencer management menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk memperlancar strategi digital marketing Anda. Influencer atau biasa disebut juga Key Opinion Leader memiliki peranan penting dalam mempromosikan brand Anda. 

Mereka adalah orang-orang berpengaruh yang memiliki basis penggemar atau pengikut dan aktif yang loyal di platform media sosial.

Tak hanya dari kalangan selebriti saja, banyak juga dari mereka yang merupakan content creator ataupun orang-orang dengan bakat atau spesialisasi khusus. Meski bekerja sama dengan influencer tetap tak secara instan menjamin kesuksesan bisnis Anda. 

Apalagi jika tidak ada manajemen yang mengatur kerja sama tersebut. Simak alasan mengapa penting sekali memiliki management bagi influencer!

Apa itu Influencer Management?

Manajemen khusus untuk influencer sangat diperlukan jika bisnis Anda memang ingin melakukan influencer marketing dengan gencar. Mengapa demikian? Sebab management untuk influencer akan berisikan orang-orang yang memang secara khusus berkolaborasi menjadi penghubung antara brand dan influencer

Tujuannya tentu saja agar kerja sama yang terjalin mampu memberikan impact sesuai goal yang ditetapkan oleh perusahaan. Sementara itu hubungan baik antara pihak influencer dan brand juga tetap terjaga. 

Management dihadirkan agar menyiapkan dan merencanakan campaign bagi influencer, kemudian melaporkan serta menganalisis hasilnya kepada perusahaan atau brand.

Menggunakan influencer untuk marketing berarti termasuk ke dalam native ads. Yaitu sebuah campaign konten berbayar yang dari segi bentuk, fungsi maupun kualitasnya tak kalah bagus dengan konten organic ataupun media iklan lainnya. 

Manfaat Memiliki Manajemen Influencer Bagi Bisnis Anda

Dengan memiliki management khusus untuk influencer tentu akan memberikan banyak manfaat besar untuk marketing bisnis Anda. Apalagi jika kerja sama dengan influencer akan dilangsungkan dalam jangka panjang, maka management ini adalah pemegang kunci penting dalam tolok ukur sukses tidaknya campaign marketing bersama influencer. Apa saja manfaat yang bisa bisnis Anda rasakan?

1. Alur Manajemen yang Teratur

Pada umumnya, kegiatan campaign marketing itu terdiri dari tiga tahapan. Yaitu tahapan pra campaign, saat campaign running dan setelah campaign atau disebut juga evaluasi. Dengan mengandalkan management bagi influencer maka dapat membuat alur yang lebih rapi dan teratur. 

Management akan mengambil peran dan bertanggung jawab untuk tiap-tiap tahapan campaign marketing yang direncanakan. Influencer Management juga dapat bertugas menyiapkan berbagai macam dokumen yang fungsinya menjaga profesionalitas influencer

Seperti perjanjian kerja sama atau Memory of Understanding (MoU). Sehingga baik perusahaan Anda ataupun pihak influencer tidak bisa bertindak sekenanya. Sebab ada perjanjian berkekuatan hukum yang menjaga kerja sama. 

2. Menjaga Citra Bisnis Anda

Influencer sebagai partner bisnis bagi Anda dan merupakan bagian eksternal dari perusahaan Anda. Sehingga penting bagi Anda untuk menjaga nama baik dan citra perusahaan. 

Dengan adanya manajemen yang baik dan teratur maka dapat memberikan pelayanan dan kerja sama yang baik dengan influencer. Sehingga mereka juga mendapatkan pengalaman kerja sama yang memuaskan. 

Tak jarang penilain seperti ini juga akan mempengaruhi reputasi Anda kedepannya ketika hendak bekerja sama dengan influencer lain. Apabila dijalankan dengan manajemen maka bisa lebih terorganisir dan lancar selama proses negosiasi, persiapan dan pembuatan konten, evaluasi hasil kerja sama hingga pembayaran intensifnya. 

3. Lebih Efisien Waktu

Banyak perusahaan atau bisnis yang terkadang kurang aware bahwasanya influencer sejatinya bekerja sama dengan banyak brand. Sehingga dalam pengaturan jadwal juga memerlukan banyak penyesuaian. 

Apalagi untuk influencer dengan rate card dan jam terbang tinggi, seringkali padat jadwal. Terkadang malah perusahaan Anda yang lebih banyak melakukan adjustment dengan schedule mereka. Apabila memakai influencer management hal seperti ini dapat ditangani dengan lancar. Sehingga segala proses juga masih akan tetap berjalan dengan sehat dan tetap on the right track.

4. Riset Influencer yang Sesuai dengan Brand

Tak mudah bagi brand untuk bisa menemukan influencer yang tepat, apalagi jika tujuannya untuk memperkenalkan sebuah brand. Pada fase awareness tentu memilih influencer perlu banyak pertimbangan. Tidak bisa hanya karena seseorang memiliki banyak pengikut maka bisa di-endorse begitu saja. 

Ada banyak aspek penilaian yang perlu Anda perhatikan. Selain followers, engagement rate juga ada faktor lain seperti reputasi dan value mereka. Paling penting juga berapa budget yang dibutuhkan. Penyesuaian dan perencanaan semacam itu jelas membutuhkan riset yang mendalam. 

Dengan memanfaatkan influencer management maka bisa memudahkan proses riset. Bahkan tak jarang mereka membuat bank data atau list khusus berisikan informasi tentang influencerinfluencer yang mereka kategorikan dengan niche dan budget.

5. Meningkatkan Profesionalitas 

Influencer management juga memiliki peran sebagai orang tengah professional yang memang bertugas menjembatani dan memfasilitasi proses kerja sama. Sehingga proses yang terjadi adalah sistem kerja sama yang kolaboratif dan professional. 

Manfaat ini sedikit banyak juga membawa manfaat paa pihak influencer. Karena management akan menjaga komunikasi anatara kedua belah pihak dan membantu influencer memahami kebutuhan bisnis Anda. 

Selain itu, manajemen juga akan membantu brand Anda untuk menyusun brief yang komprehensif bagi influencer. Mereka juga yang akan membuat influencer memahami value dan ringkasan dari brand atau bisnis Anda.

Tujuan atau obyektif serta harapan brand juga dapat di delivery ke influencer agar bisa tercapai. Adanya manajemen ini juga bisa membantu bisnis Anda untuk mendapatkan wawasan kreatif yang lebih banyak, sehingga campaign juga jadi lebih menarik dan ber-impact.

6. Melakukan Evaluasi

Pada tahapan akhir campaign atau bahkan tiap bulannya, Anda bisa menerima laporan hasil evaluasi. Dapat berupa hasil campaign dari platform sosial media influencer, serta tolok ukur lainnya.

Laporan ini tentu saja menjadi penilaian dan key performance indicator sukses atau tidaknya campaign yang dilangsungkan bersama para influencer

Dari sini jadi bisa menentukan apakah kerja sama dengan influencer sudah sesuai tujuan atau belum memenuhi. Hal apa saja yang sekiranya perlu diperbaiki dan bagaimana agar terdapat peningkatan bahkan hasil yang melampaui goal awal. 

7. Menambah Wawasan Kreativitas

Memiliki management influencer tersendiri bagi bisnis Anda juga membuat lebih banyak lagi wawasan kreatif yang akan didapatkan. Sebab tim khusus ini memang berdedikasi untuk campaign bersama influencer

Terjun di dunia ini juga menuntut adanya kreativitas tinggi dan tim berpengalaman untuk pengembangan konten bisa memunculkan banyak ide segar dan brief serta konsep campaign yang berpeluang sukses lebih besar.

Setelah mengetahui manfaat influencer management bagi marketing bisnis Anda, semoga dapat menambah keyakinan Anda. Saatnya untuk menggunakan management yang mengelola kerjasama dengan influencer dan menyukseskan tujuan bisnis Anda. 

Dreambox menyediakan jasa management untuk influencer yang bisa membantu perusahaan Anda mengelola hubungan dengan influencer agar dapat menjadi agen pemasaran terbaik yang sesuai bagi brand dan target audience Anda. 

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!  

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms