Tips Meningkatkan Kepuasan Online Buyers agar Melakukan Repurchase

Digital Marketing

Pemanfaatan website dapat meningkatkan minat online buyer.

Bagaimana meningkatkan kepuasan online buyers agar melakukan repurchase atau pembelian ulang produk? Pertanyaan tersebut lazimnya menjadi salah satu hal yang sering ditanyakan pebisnis online maupun offline. Memang membuat pelanggan agar tertarik membeli produk kembali adalah tantangan terbesar bagi pebisnis. Dengan kata lain pelanggan yang membeli ulang produk biasanya memiliki tingkat kepuasan tinggi terhadap bisnis Anda, sehingga pelanggan tersebut langsung tertarik untuk membeli produk yang sama. Bahkan setelah mendapatkan tingkat kepuasan tinggi para pelanggan setia menambah jenis pembelian produk lainnya dengan brand yang sama.

Baca Juga: Gunakan Cara Membuat Iklan Online Terbaik ini untuk Bisnis Anda

Sebaliknya jika pelanggan merasa kurang puas dengan produk atau layanan yang diberikan umumnya mereka tidak akan melakukan repurchase. Bahkan hal tersebut dapat berujung pada pemberian nilai ulasan yang rendah. Terdapat banyak cara agar pelanggan mendapatkan kepuasan dan melakukan aktivitas repurchase. Diantaranya memanfaatkan website, membuat konten yang menarik, menerapkan strategi khusus hingga menarik minat pelanggan dari media sosial.

Memanfaatkan Website untuk Meningkatkan Kepuasan Online Buyer

Salah satu hal penting yang dapat dimanfaatkan demi meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan memaksimalkan situs website. Secara umum bisnis online lebih cepat berkembang apabila didukung dengan situs website. Situs website dapat menjadi media untuk mendongkrak kepuasan pelanggan selain kualitas produk dan layanan. Website tidak hanya menampilkan informasi penting mengenai perusahaan melainkan ulasan produk.  Bagaimana cara memanfaatkan website untuk meningkatkan kepuasan online buyers agar melakukan repurchase? Cermati beberapa cara di bawah ini agar situs website bisnis Anda berjalan optimal.

1. Optimalkan kecepatan loading situs website

Pelanggan pada dasarnya menyukai situs website yang mempunyai tingkat kecepatan tinggi, sehingga mereka dapat mengakses semua informasi dan melihat berbagai produk dengan mudah dan cepat.

2. Pilih desain website yang responsive

Tambahkan situs website bisnis Anda dengan tampilan antar muka yang menarik dan responsive. Selain itu pastikan desain website yang digunakan juga ramah digunakan pelanggan melalui smartphone.

3. Tampilkan produk lengkap dengan deskripsi

Online buyers cenderung mencari detail informasi produk sebelum memutuskan membeli barang tersebut. Oleh karena itu lengkapi produk dengan kalimat deskripsi informatif dan gambar yang menarik.

4. Sistem navigasi simple dan profesional

Tata letak navigasi atau tombol multifungsi di dalam situs website menjadi salah satu hal yang diperhatikan pelanggan. Sebaiknya pilihlah tata letak navigasi yang mudah dijangkau pelanggan namun tetap berkesan profesional.

5. Sediakan opsi pembayaran yang efektif

Pembayaran yang rumit seringkali membuat pelanggan membatalkan niatnya untuk membeli produk. Untuk mengatasinya sediakan berbagai opsi pembayaran yang efektif dan mudah dijangkau konsumen maupun pengunjung website.

6. Lengkapi dengan layanan call center

Pelanggan memerlukan layanan call center agar dapat menyelesaikan pemesanan dan pembelian produk. Sematkan nomor telepon atau alternatif call center lainnya yang mudah dihubungi pengunjung website.

Membuat Konten yang Menarik Minat Online Buyers

Meningkatkan kepuasan pelanggan online juga dapat dilakukan melalui berbagai konten website. Hal ini didasarkan pada tujuan pengguna internet yang mengunjungi situs website bisnis setiap harinya. Alasan pengguna internet mengunjungi halaman website adalah untuk mencari informasi penting. Selain itu para pengguna internet juga membuka situs website atau toko online untuk membeli barang yang sedang dibutuhkan. Sebagian lainnya mengunjungi toko online untuk mencari referensi agar menemukan informasi maupun produk tertentu, sehingga untuk menjangkau minat dan keinginan pelanggan tentunya Anda perlu mempertimbangkan konten website yang menarik. 

Seperti apa konten yang menarik bagi pengunjung website maupun toko online? Salah satunya yang mengandung informasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pengunjung website bisnis Anda. Sederhananya online buyers mengunjungi website untuk mencari informasi tentang suatu hal. Namun karena melihat konten website yang ditampilkan menarik dan terpercaya maka orang tersebut memiliki niat membeli produk, sehingga konten yang menarik minat bagi calon pelanggan tidak ada patokan khusus. 

Kendati demikian Anda dapat menjaring lebih banyak konsumen dengan menerapkan strategi konten berbasis SEO. Konten tersebut bisa berupa tulisan artikel, video audio, infografis dan lainnya yang berpotensi meningkatkan pengunjung website. Dengan melihat informasi yang lengkap pengunjung website lebih tertarik untuk membeli produk dan repurchase.

Menerapkan Strategi Produk yang Diminati Online Buyers

Penerapan trik pemasaran sudah seharusnya berbanding lurus dengan strategi produk. Sederhananya apapun trik pemasaran yang dilakukan dan diterapkan tetap kurang optimal tanpa dukungan strategi produk. Strategi produk merupakan upaya untuk melihat minat pembeli melalui produk dan analisa yang mendalam. Untuk menyusun strategi produk yang efektif Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti di bawah ini.

1. Harga produk atau layanan

Sebaiknya harga produk atau layanan yang ditawarkan sesuai dengan kualitas barang, sehingga hal tersebut memunculkan rasa kepuasan tersendiri bagi para konsumen yang telah membeli barang.

2. Kualitas produk atau layanan

Cermati kembali apakah produk dan layanan sudah sesuai kualitasnya dengan keinginan konsumen. Online buyers memiliki potensi untuk melakukan repurchase jika melihat kualitas produk sesuai dengan harga yang ditawarkan.

3. Kesesuaian target pasar

Produk sebaiknya harus sesuai dengan target pasar sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen. Target pasar diklasifikasikan berdasarkan usia pengguna produk, gender, lokasi hingga kesukaan pembeli.

4. Analisis kompetitor produk

Sebelum menetapkan produksi dan memasarkan produk sebaiknya cermati kompetitor bisnis Anda. Langkah ini juga dapat dimaksimalkan dengan membuat produk unggulan yang tidak ditemukan pembeli di pihak kompetitor.

5. Konten dan promosi produk

Cermati kesesuaian antara konten promosi dengan produk yang ditawarkan sehingga menimbulkan daya tarik bagi konsumen. Sementara itu pilih media promosi yang tepat sesuai sebaran target market.

Memaksimalkan Media Sosial untuk Menarik Online Buyers

Terakhir tips meningkatkan kepuasan pelanggan dapat dilakukan melalui pemanfaatan media sosial. Peran media sosial sangat penting dalam hal bisnis online dan pemasaran berbasis digital modern. Semua orang saat ini mengakses lebih dari satu macam media sosial setiap harinya. Seperti diantaranya Facebook, Instagram dan Twitter yang setiap hari ramai menjadi media berbincang warganet. Sebagai pebisnis online tentunya wadah yang fleksibel tersebut tidak boleh diabaikan. Melaui berbagai media sosial tersebut Anda dapat mempromosikan produk dengan dan mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs website.

Baca Juga: Beberapa Tips Online Marketing Terbaik untuk Kelancaran Bisnis Anda

Jadi, semua hal bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mereka tertarik untuk repurchase. Dengan melakukan tips tersebut tingkat kepuasan online buyers dapat terukur dan produk tepat sasaran. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.