Viralkan Brand Anda dengan Trending Topic di Twitter

Digital Marketing

Istilah trending topic twitter tentunya sudah tidak asing bagi semua orang.

Biasanya dibutuhkan banyak cara untuk membuat topik menjadi trending topic twitter . Karena ini baru bisa terjadi bila semua orang membicarakannya langsung. Topik terhangat yang ramai diperbincangkan di dunia maya biasanya disampaikan di Twitter, Ig, dan Facebook. Meski Instagram mempunyai pengguna terbanyak daripada platform lain. 

Bahkan platform ini memiliki militan penggemar setia yang dapat meningkatkan isu dengan cepat sampai viral. Keterbatasan jumlah karakter bukan halangan besar bagi pengguna untuk menulis caption teks panjang secara langsung.

Maka dari itu sebaiknya pahami lebih lanjut tentang hal tersebut supaya bisa merasakan manfaat dari menjadi viral seperti ini. Selebihnya sebaiknya cek informasinya lebih lanjut di bawah ini untuk penjelasannya.

Baca Juga: Manfaat Membuat Hashtag Twitter untuk Konten Marketing Anda

Trending Topic Twitter

Untuk bisa menjadi hot trend disini harus menggunakan hastag yang sama seperti milik banyak orang dalam tweetnya. Trend seperti ini dipopulerkan platform ini yang membuatnya sukses meledak. Berikut serba-serbi tentangnya:

  1. Umumnya trend ini ditentukan berdasarkan algoritma. Jadi semuanya dilihat berdasarkan yang diikuti pengguna, lokasi, dan minatnya. Namun Anda juga dapat mengubah trend berdasarkan lokasi, sehingga pengguna lain bisa melihat topiknya.
  2. Bila Anda berpikir bahwa trending topic twitter itu dilihat dari jumlah tweetnya, ini salah besar. Tren ini memperlihatkan apa yang sedang hangat dibicarakan di platform tersebut. Jadi dilihat dari diskusinya.
  3. Untuk mengetahui tweet menjadi trending itu bisa dilihat pada daftar untuk mengetahui hasil pencarian terpopuler. Maka disitu akan terlihat semua tweet yang isinya kata, frasa, serta tagar. Semuanya sangat praktis.
  4. Menariknya semua orang dapat menjadi trending topic twitter bila berhasil berada dalam bagian percakapan orang-orang. Namun biasanya platform ini menyaring pencarian orang-orang untuk mendapatkan kualitas terbaik, sehingga semuanya terlihat jelas.
  5. Terkadang hot trend itu ada keterangannya. Misalnya seperti konteks, tweet, semuanya dapat dipersonalisasi berdasarkan ruang lingkup jaringan melakukan obrolan kepada siapa saja. Anda bisa mengecek jumlah tweet masuk secara langsung.
  6. Biasanya ada topik yang dibatasi dalam ruang lingkup trending topic twitter. Tujuannya adalah supaya setiap diskusi yang dilakukan dalam platformnya itu sehat. Jadi terkadang ada beberapa konten yang tidak dimunculkan.
  7. Dalam hal ini supaya menjadi hot trend itu tidak berbayar disini. Karena semuanya bekerja secara organik berdasarkan parameter aturan dari platform itu sendiri. Ini tidak bisa diubah, namun ada layanannya.

Dengan menggunakan platform ini, Anda akan menemukan 2 pilihan cara supaya bisa menjadi hot trend disini. Yaitu trend melalui promosi dan spotlight. Hal tersebut biasanya bisa langsung populer dengan cepat.

Cara Menjadi Trending Topic di Twitter

Umumnya setiap kreator media sosial itu bisa mengangkat bahasan untuk menjadi hot trend. Artinya tema yang diangkat oleh semua pengguna akan di tweet terus-menerus. Berikut cara supaya menjadi hot trend:

1. Temukan Isu yang Populer

Tidak dapat dipungkiri bila hot trend itu selalu berganti setiap waktu. Anda dapat melakukan analisis segala jenis cuitan yang dapat menjadi viral. Beberapa cuitan yang cepat viral berkaitan banyak hal.

Misalnya seperti politik, horor, komedi, selebritis Korea, dan produk yang dikemas dan dipromosikan dengan cara unik. Maka dari itu lakukan analisis dan penelitian dulu untuk mendapat gambaran tentang konten viral.

2. Gabung Pengalaman Pribadi

Biasanya kisah unik itu berasal dari diri sendiri. Karena masing-masing orang punya pengalaman berbeda sehingga dapat menjadikannya sebagai cara terbaik menjadi trending topic twitter. Itu karena biasanya kisahnya menarik diikuti.

Sehingga hal tersebut disukai banyak orang, terlebih bila disampaikan dengan cara unik. Disinilah biasanya membuat netizen penasaran dengan kisah cerita selanjutnya. Itulah kenapa akan lebih menarik bila ditambahkan potongan gambar.

3. Tambahkan Tagarviralkan-brand-anda-dengan-trending-topic-di-twitter-dreambox

Salah satu cara lain untuk menjadi trending topic twitter adalah dengan menambahkan tanda tagar. Tapi jangan terlalu panjang supaya mudah mengingatnya. Hastag juga harus jelas berdasarkan topik cerita yang diangkat.

Selain itu, pastikan semuanya harus unik, sehingga dengan menggunakan tagar yang unik akan menjadikan netizen bisa menemukan karakter tersendiri. Itulah kenapa perhatikan tagar dulu sebelum membuat cuitan. Namun jangan banyak.

4. Tag Akun Terkenal

Cobalah melakukan tag pada akun populer untuk menjadi trending topic twitter. Misalnya melakukan tag pada salah satu akun official atau artis, sehingga kontennya cepat viral karena bisa saja mereka menyukainya.

Beruntungnya jika salah satunya melakukan retweet. Tentunya ini bisa menarik warganet supaya mengunjungi profil Anda dan membaca kisah yang dimaksudkan, sehingga bila banyak orang yang tahu, otomatis kepopuleran akun meningkat.

5. Pilih Waktu Terbaik

Sebaiknya pilih waktu terbaik ketika membuat cuitan. Setidaknya pilih saat pengguna sedang aktif memakai media sosial. Misalnya setelah magrib atau ketika jam makan siang, sehingga kemungkinan trending semakin tinggi.

Baca Juga: Pelajari Fungsi Hashtag dan Cara Penggunaannya

Ulasan di atas cukup membantu Anda agar bisa menjadi trending. Tentunya dengan menerapkan strategi di atas, hal tersebut akan membantu pelaku bisnis menjadi trending topic twitter supaya viral dengan mudah.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.