Kenali Pengertian Pemasaran Online & Manfaatnya untuk Bisnis Kamu

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Pemasaran Online

Pada era digital, pemasaran online telah menjadi salah satu strategi utama bagi bisnis untuk meningkatkan kehadiran mereka di pasar. Sebab saat ini pengguna internet dan platform-platform media sosial semakin banyak. Sehingga pemasaran jalur digital adalah hal yang tepat untuk memperoleh audiens yang lebih luas. 

Untuk itu, apabila Anda masih belum memahami terkait pemasaran digital, sebaiknya segera cari tahu. Artikel ini akan memberikan pemahaman mengenai pemasaran digital termasuk manfaat untuk bisnis Anda. 

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran digital atau digital marketing adalah  adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi digital untuk menjangkau pelanggan dan mencapai tujuan bisnis. Tujuan pemasaran online sendiri adalah untuk memperluas pasar hingga membangun kesadaran merek.

Teknologi yang digunakan seperti situs web, media sosial, email, dan iklan online. Selain itu, melibatkan juga berbagai teknik untuk mendukung digital marketing. Seperti  SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan konten pemasaran untuk meningkatkan visibilitas dan menarik perhatian audiens target.

Mengapa banyak yang beralih dengan pemasaran digital? Berdasarkan Data Reportal, pada tahun 2023 ada 4,76 miliar pengguna aktif media sosial di seluruh dunia. Jumlah ini merupakan 60% populasi di dunia. Perkembangannya sangat pesat selama 10 tahun terakhir, dan diperkirakan akan terus bertambah.

Manfaat Pemasaran Online untuk Bisnis

Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis dengan menerapkan digital marketing yang efektif, di antaranya:

1. Meningkatkan Jangkauan dan Eksposur

Dengan pemasaran digital, bisnis dapat mencapai audiens yang lebih luas dan lebih tersegmentasi. Media sosial dan situs web bisa membuat bisnis jadi lebih luas jangkauannya dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen potensial.

Jangkauan ini bukan hanya ada di sekitar tempat bisnis, namun juga di luar coverage area. Sebab, jangkauan online ini sangat luas dan tidak terbatas tempat, selama ada internet.

2. Mengurangi Biaya Promosi

Apabila harus membandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan televisi atau cetak, pemasaran online seringkali lebih terjangkau dan dapat memberikan hasil yang lebih baik. Dengan menggunakan teknik seperti SEO dan konten pemasaran, bisnis dapat mencapai hasil yang signifikan dengan biaya yang relatif rendah.

Anda bisa memilih promosi secara gratis menggunakan media sosial dan situs web sendiri. Apabila ingin berbayar, Anda bisa memanfaatkan iklan yang harganya lebih murah dengan jangkauan yang sudah tersegmentasi.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat pemasaran online berikutnya adalah membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness. Caranya dengan membuat konten yang menarik dan informatif, serta membangun interaksi dengan pelanggan di media sosial.

Anda bisa membuat berbagai macam konten sesuai dengan kesukaan pelanggan. Mulai dari konten informatif terkait produk, hiburan hingga konten tentang testimoni. Konten inilah yang bisa membantu untuk menambah kepercayaan pelanggan.

4. Interaksi Langsung dengan Pelanggan

Melalui media sosial dan platform online lainnya, bisnis Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Ini memungkinkan untuk mendengar umpan balik langsung, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

5. Meningkatkan Konversi Penjualan

Pemasaran digital juga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan konversi penjualan. Caranya seperti membuat website yang mudah dinavigasi, menawarkan promo dan diskon, dan memberikan layanan pelanggan yang baik. Penjelasan lengkap terkait pembuatan website terbaru baca di sini.

Anda juga bisa langsung mengukur kinerja dari pemasaran dengan lebih akurat.  Dengan alat analisis yang tersedia, bisnis dapat melacak metrik seperti jumlah pengunjung situs web, tingkat konversi, dan ROI (Return on Investment).

Kelebihan dari Menerapkan Pemasaran Online

Selain manfaat-manfaat di atas, pemasaran digital juga memiliki beberapa kelebihan lain, di antaranya:

1. Targeting yang Lebih Tepat

Dengan menggunakan alat targeting yang tersedia di platform online, bisnis dapat mencapai audiens yang lebih spesifik dan relevan. Ini memungkinkan untuk meningkatkan efektivitas kampanye dan mengurangi pemborosan.

2. Lebih Fleksibel

Kelebihan pemasaran online yang kedua adalah jauh lebih fleksibel. Sebab, media digital memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan strategi mereka dengan mudah berdasarkan data dan kebutuhan pelanggan.

3. Melebihi Batasan Geografis

Pemasaran digital membuat bisnis memiliki banyak audiens di seluruh dunia tanpa terbatas oleh geografis. Hal ini membuka peluang baru untuk ekspansi dan pertumbuhan bisnis.

4. Lebih Cepat

Kecepatan pemasaran sangat dibutuhkan pada era ini. Tentu saja, digital marketing memiliki hal tersebut. Pemasaran digital memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan dengan lebih cepat dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

5. Lebih Terukur

Anda bisa untuk melacak dan mengukur hasil pemasaran digital dengan mudah. Sehingga Anda dapat mengetahui strategi bisnis mana yang efektif dan yang tidak jadi lebih cepat dan tepat.

Cara Tepat untuk Melakukan Pemasaran Online

Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran digital. Cara terbaik akan berbeda-beda tergantung pada jenis bisnis, target audiens, dan tujuan bisnis. Berikut adalah 3 cara melakukan pemasaran online:

1. Identifikasi Tujuan dan Target Audiens

Langkah pertama dalam pemasaran digital adalah mengidentifikasi tujuan bisnis Anda dan siapa target audiens Anda. Ini akan membantu dalam menentukan strategi yang tepat dan platform yang sesuai untuk digunakan.

Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan pelanggan yang saat ini sudah langganan bisnis Anda. Apabila bisnis Anda baru saja mulai, maka lakukan riset melalui pelanggan kompetitor.

2. Kembangkan Konten Berkualitas

Setelah melakukan identifikasi, Anda akan menemukan platform yang tepat untuk pemasaran digital. Beberapa platform di antaranya adalah website hingga sosial media.

Website adalah platform utama untuk mempresentasikan produk dan layanan bisnis kepada calon pelanggan. Pastikan website Anda menarik, informatif, dan mudah di navigasi.

Kemudian bangun media sosial untuk memperluas jangkauan pelanggan potensial. Media sosial adalah platform yang tepat untuk membangun brand awareness, meningkatkan engagement dengan pelanggan, dan mendorong penjualan.

Baru setelahnya buatlah konten sosial media. Konten yang berkualitas dan relevan adalah kunci untuk menarik perhatian pelanggan online. Buatlah konten yang informatif, menarik, dan berharga bagi target audiens Anda.

Gunakan Layanan Dreambox untuk Meningkatkan Kinerja Kampanye Anda

Dengan menggunakan layanan Dreambox, Anda dapat mengoptimalkan kinerja kampanye pemasaran digital dengan mudah. Dreambox menawarkan berbagai layanan termasuk manajemen media sosial, strategi branding, pembuatan website dan lain sebagainya. 

Anda cukup menyampaikan kebutuhan bisnis Anda agar Dreambox bisa melayani dengan baik. Misalnya saja ingin mengoptimasi sosial media, membutuhkan website hingga mengoptimasi website. Tim yang profesional bisa membantu Anda dengan cepat dan tepat!

Membangun strategi digital marketing yang efektif membutuhkan waktu, tenaga, dan keahlian yang mumpuni. Bagi banyak bisnis, menggunakan jasa digital marketing profesional menjadi solusi yang tepat.

Maka dari itu, apabila Anda menggunakan layanan Dreambox, persoalan pemasaran online akan segera dilakukan dengan baik. Anda tinggal menunggu report atau laporan dari tim Dreambox terkait hasil dari pemasaran digital yang telah dilakukan. Hubungi Dreambox dan akses laman layanan pemasaran digital untuk informasi lebih lanjut!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms