...

Catat! Biaya Pembuatan Website Bisnis Terbaru 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
website bisnis

Dengan perkembangan era digital, website bisnis adalah salah satu strategi bisnis dan marketing yang sebaiknya tidak diabaikan. Jika ingin penjualan dan jangkauan pasar digital Anda semakin luas, maka tidak ada salahnya untuk membuat website.

Namun, mungkin saja Anda bertanya tentang berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membuat website semacam itu. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang hal tersebut, termasuk pertimbangkan penting ketika akan membuat website dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga pembuatan website.

Mengenal tentang Website Bisnis dan Pertimbangan ketika Membuat

Jika bicara tentang pengertian secara umum, bisa dikatakan bahwa ini merupakan jenis website yang digunakan untuk berbagai keperluan bisnis.

Ketika akan membuat sebuah website, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan berbagai hal terlebih dahulu, misalnya berikut ini:

  • Merek dan Berbagai Aspek Terkait

Sebelum memulai bisnis secara online, maka pastikan Anda telah memiliki nama merek yang akan dijual. Selain itu, penting untuk memperhatikan hal-hal terkait, misalnya logo dan tagline. Hal ini nantinya akan menjadi unsur penting dalam desain website Anda, supaya lebih dikenal pembaca.

  • Memilih Domain dan Hosting

Hal pertama yang sebaiknya dipertimbangkan yakni pemilihan nama domain yang diinginkan. Pastikan hal ini dapat mencerminkan brand Anda, dan akan lebih baik jika mudah untuk diingat pengunjung.

Selanjutnya, pemilihan hosting juga sebaiknya dipertimbangkan secara matang. Untuk memahami hal ini lebih lanjut, sebaiknya Anda ketahui juga perbedaan hosting, server, dan domain.

  • Fungsi Website

Sebelum membuat website, maka sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu akan memanfaatkan website tersebut untuk apa saja.  Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda, misalnya hanya untuk mengenalkan produk atau bisa melakukan pembelian melalui website tersebut.

  • Rencanakan Berbagai Aspek Desainnya

Jika sudah tahu akan membuat website seperti apa, maka sebaiknya Anda rencanakan membutuhkan desain yang seperti apa. Misalnya, berkaitan dengan navigasi yang diperlukan, berapa jumlah halamannya, unsur visual apa saja yang diperlukan, dan sebagainya.

  • Rencanakan Berbagai Konten

Ada baiknya, Anda sudah memiliki gambaran tentang konten apa saja yang ada di dalam website. Hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap desain dan kustomisasi yang akan dibuat.

Hal-hal yang menjadi Faktor Mahalnya Biaya Pembuatan Website Bisnis

Banyak orang yang menyebutkan bahwa membuat website membutuhkan biaya yang mahal. Memang benar, harga untuk pembuatan website memang tidak bisa dibilang murah, terlebih jika Anda ingin jenis website yang kompleks.

Di bawah ini adalah berbagai hal menjadi faktor mahalnya biaya pembuatan website. Jika ingin biaya yang lebih murah, maka Anda bisa menyesuaikannya lagi, tentunya dengan menurunkan standar website yang diinginkan.

  • Model dan Fungsi Website

Seperti apa model website yang akan dibuat? Bisa jadi, sebuah pembuatan website bisa dilakukan secara sederhana, namun kadang juga membutuhkan kemampuan dan pengetahuan e-commerce yang luas.

Salah satu faktor yang menyebabkan mahalnya jasa pembuatan website salah satunya jika Anda ingin jasa dengan kemampuan dan pengetahuan e-commerce yang luas.

  • Desain Website

Selanjutnya, bicara tentang desain website yang tentu saja menjadi pertimbangan untuk harga pembuatan. Jika Anda ingin desain website yang bagus, komplek, dan dan kaya akan aspek visual, maka harga yang dibayar pun akan lebih mahal.

Jika ingin harga yang lebih murah, maka Anda bisa pertimbangkan untuk membuat website dengan desain sederhana.

  • Kustomisasi

Faktor selanjutnya yaitu ada atau tidaknya kustomisasi pada suatu website yang dipesan. Jika banyak kustomisasi, terlebih untuk hal-hal yang rumit, maka biaya pembuatannya bisa jadi akan jauh lebih besar dibanding jenis website yang terbilang sederhana.

  • CMS atau Content Management System

Ada berbagai pilihan CMS yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan website, hal ini juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi harga pembuatannya.

  • Jasa Pembuatan

Siapa yang mengerjakan pembuatan website bisnis tersebut, apakah dikerjakan oleh sebuah perusahaan/agensi atau oleh pekerja freelancer? Biasanya, para freelancer menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan agensi besar.

Namun, perlu dipertimbangkan dengan baik kemampuan dan sepak terjangnya, jangan sampai salah pilih.

  • Grafis dan Multimedia

Faktor selanjutnya yang membuat jasa pembuatan website menjadi mahal yakni berbagai aspek grafis dan multimedia. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan gambar, video, serta berbagai animasi dengan kualitas yang tinggi.

Hal ini perlu disesuaikan juga dengan kepentingan bisnis Anda, karena sebagian jenis bisnis memang memerlukan berbagai aspek visual seperti itu.

  • Optimasi SEO

SEO menjadi hal penting untuk diperhatikan setiap pemilih website, sebab ini dapat mempengaruhi peringkat website dan jangkauan pengunjung.

Jika Anda ingin menggunakan jasa pembuatan website sekaligus mengoptimalkan SEO, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal. Namun, tentu saja hal ini dapat sangat membantu pengembangan bisnis Anda, karena website akan lebih mudah terbaca mesin pencari.

  • Pemeliharaan Website

Ketika Anda membuat website, maka hal yang perlu diperhatikan bukan hanya membuat dan meluncurkan website tersebut. Penting juga bagi Anda untuk memperhatikan dan memahami apa saja yang perlu dilakukan dalam memelihara website tersebut.

Anda bisa mempertimbangkan biayanya, misalnya apakah akan menggunakan jasa pembuatan sekaligus pemeliharaan, atau mencari jasa terpisah, sesuaikan dengan rencana keuangan Anda.

Berapa Biaya Pembuatan Website Bisnis?

Jika Anda bertanya tentang biaya pembuatan website untuk bisnis, maka jawabannya akan bervariasi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk faktor-faktor yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Secara umum, semakin rumit suatu website yang akan dibuat, maka biaya pembuatannya pun dapat menjadi semakin tinggi. Jadi, jika Anda ingin website dengan biaya pembuatan yang lebih rendah, maka pertimbangkan untuk membuat jenis website yang sederhana.

Supaya tidak salah memilih, penting bagi Anda untuk memahami faktor penentu biaya pembuatan website dan estimasinya.

Harga untuk pembuatan website memang tidak bisa disebut murah, karena perlu memuat berbagai unsur di dalamnya. Jika dilihat dari kisaran harganya, berikut adalah kisaran harga pembuatan website untuk bisnis:

  1. Website bisnis kecil atau website informasi bisnis, biasanya memuat antara 8-16 halaman, kisaran harganya antara $3.000 sampai $8.000.
  2. Website perusahaan, biasanya memuat antara 25-75 halaman, kisaran harganya antara $10.000 sampai $16.000.
  3. Website E-commerce, biasanya memuat antara 100-1.000 halaman, kisaran harganya antara $20.000 sampai $40.000.
  4. Aplikasi situs website, biasanya memuat antara 20-2.000 halaman, kisaran harganya antara $15.000 sampai $75.000 ke atas.

Itulah penjelasan tentang pembuatan website, khususnya jika akan digunakan untuk kegiatan bisnis. Sebelum membuat website tersebut, maka ada berbagai pertimbangan yang sebaiknya Anda ketahui, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Melalui penjelasan di atas juga Anda bisa melihat kisaran harga ketika akan membuat sebuah website untuk bisnis. Harga tersebut didasarkan berbagai faktor, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Selain itu, jika Anda menganggap harga pembuatan website terbilang mahal, maka sebaiknya perhatikan kembali apa saja yang dapat menyebabkan mahalnya harga tersebut.

Pada dasarnya, memiliki website bisnis adalah salah satu strategi penting jika akan bersaing dalam era bisnis digital seperti saat ini. Jika saat ini Anda akan membuatnya, maka Layanan Website dari Dreambox dapat menjadi solusi tepat untuk bisnis Anda, segera hubungi kami untuk berbagai informasi selengkapnya!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms