06 October 2021

Impression Instagram adalah salah satu indikator konten menarik.

Impression Instagram adalah salah satu metrik insights yang digunakan untuk mengukur efektivitas konten. Metrik tersebut mempunyai cara kerja yang cenderung berbeda dengan reach pada Instagram. Instagram adalah salah satu jejaring media sosial yang digunakan ratusan juta orang di dunia. Media sosial tersebut mengalami perkembangan yang lumayan signifikan berkat update fitur.  Beberapa fitur yang tersedia di dalamnya seperti berbagi foto, video pendek, live streaming, direct message dan lainnya. Namun selain fitur dasar tersebut Instagram juga dibekali dengan pengukur kinerja konten.

Baca Juga: Cara Penerapan dan Contoh Brand Equity Model

Fitur yang satu ini sangat bermanfaat bagi penggunanya yang memilih tipe Instagram bisnis. Tentunya sesuai namanya akun Instagram tersebut digunakan untuk menjalankan bisnis secara online.Impression Instagram adalah bagian dari fitur yang dijalankan pada di kategori bisnis. Salah satu tujuannya adalah membantu pebisnis untuk mengetahui perkembangan iklan marketing yang dijalankan lewat media sosial tersebut. Fitur ini memang tidak sama dengan reach namun keduanya sama-sama bekerja bersamaan untuk mengoptimalkan konten marketing. Mari lihat perbedaan keduanya di bawah ini agar bisa mengoptimalkan kinerjanya.

Impression Instagram Adalah Pengukur Tayangan Konten

Instagram adalah jejaring sosial yang seringkali digunakan untuk berbagai ]macam konten. Seperti konten pada beranda yang terdiri dari foto dan video serta tulisan singkat sebagai pelengkap keterangan. Pengguna Instagram juga dimudahkan dengan pengeditan konten menggunakan fitur dasar. Tidak hanya itu saat ini media sosial tersebut telah dilengkapi dengan fitur postingan yang bisa dishare ke follower lain.

Menariknya Instagram juga membekali menunya dengan fitur reels. Fitur yang satu ini sangat populer bagi pengguna Instagram karena memuat konten video musik berdurasi singkat dan unik.Bahkan berbagai kalangan saat ini menggunakan fitur-fitur baru di  Instagram untuk mendongkrak bisnis online digital. Semakin banyak tayangan konten hasilnya bisa disandingkan dengan data isinya.

Namun, bagaimana cara menghitung jumlah tayangan konten reels, postingan video dan foto? Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan agar bisa melihat seberapa banyak jumlah tayangan Instagram adalah impressions. Impression Instagram adalah ukuran hitungan seberapa kali para pengguna Instagram melihat konten yang sudah Anda posting. Dengan fitur tersebut pebisnis dapat mengetahui jangkauan iklan yang ditayangkan melalui fitur Instagram. 

Hal tersebut tentunya berbeda dengan reach yang terdapat pada Instagram. Reach dirancang untuk tujuan yang sama yaitu melihat seberapa besar jangkauan konten marketing yang telah dibuat. Kendati demikian reach menjalankan metode yang berbeda dengan impressions. Dalam hal ini hasil impressions dan reach nantinya akan disandingkan untuk melihat keefektivitasannya dalam menjangkau user Instagram.

Reach Instagram Adalah Pengukur Jumlah Akun Unik dalam Tayangan

Jika impression Instagram adalah pengukur jumlah tayangan konten rupanya lain halnya dengan reach. Istilah yang satu ini memang sering ditemukan di beberapa media sosial diantaranya Facebook, Twitter, dan Instagram. Reach dijalankan untuk mengetahui efektivitas dari konten yang sebelumnya telah Anda posting. Pada dasarnya reach adalah alat yang bisa digunakan untuk melihat seberapa banyak akun unik dalam Instagram.

Akun-akun unik Instagram yang telah melihat postingan Anda akan dihitung menggunakan sistem reach. Misalnya terdapat 200 akun yang telah menyaksikan konten dan postingan di Instagram bisnis Anda. Berdasarkan data tersebut dapat diambil kesimpulan jumlah reach yang didapat sekitar 200. Tentunya cara kerja reach tersebut berbeda dengan impressions yang Anda temukan di berbagai media sosial ads. Impression instagram adalah fitur yang bekerja dengan acuan berapa kali konten dilirik setelah ditampilkan di layar pengguna. Dalam hal ini jelas bahwa target kerja reach dan impressions berbeda. 

Reach menargetkan akun-akun unik di dalam sebuah tayangan atau postingan Instagram. Sementara impression mengarah pada intensitas jumlah tayangan yang telah diposting di beberapa fitur media sosial seperti Instagram. Sebagai contoh konten yang telah Anda unggah ke dalam Instagram telah tayang di 400 layar pengguna. Jika dihitung maka total impressions yang telah didapat konten postingan Instagram tersebut sebanyak 400.

Jumlah Impressions Instagram Lebih Tinggi dari Perolehan Reach

Impression Instagram adalah fitur yang sering digunakan untuk melihat efektivitas strategi marketing dalam sebuah tayangan konten. Namun pernahkah Anda melihat jumlah impressions yang didapat berbeda dari reach? Rupanya hal tersebut memang wajar terjadi di berbagai platform yang mempunyai fitur ads. Secara umum jumlah impressions yang didapat memungkinkan lebih tinggi dari perolehan reach Instagram.

Namun jangan khawatir karena pada akhirnya Anda bertugas untuk membandingkan hasil akhir dari penggunaan reach maupun impressions., sehingga setiap hasil yang didapat dari reach dan impression digunakan sebagai dasar evaluasi. Jumlah impression yang lebih tinggi dari perolehan reach dikarenakan berbagai macam faktor. Salah satunya karena setiap satu user Instagram dapat menghasilkan lebih dari satu impressions.

Impression Instagram adalah hitungan tayangan dari setiap user yang telah melihat postingan. Sebagai contohnya Anda membuat satu postingan berisi konten iklan dengan menggunakan media sosial tersebut. Suatu saat konten tersebut dilihat oleh salah satu user Instagram yang telah mengikuti akun Instagram Anda. Namun jumlah tayangan yang didapat untuk satu user Instagram tersebut bisa bervariasi. Pemilik akun Instagram tersebut bisa jadi akan melihat kembali konten dan postingan yang telah Anda unggah, sehingga hal tersebut yang akan memengaruhi jumlah impression di dalam setiap unggahan konten.

Post Impressions Instagram Memiliki Beragam Jenis

Post impressions yang terdapat di Instagram bisa berasal dari berbagai fitur dan jenis. Berikut adalah jenis post impressions yang didapat dari platform jejaring sosial Instagram:

1. Home yang diperoleh dari Feed Follower

Setiap follower memungkinkan untuk berpartisipasi dalam jangkauan impression di dalam media sosial. Seperti feed follower Instagram yang menjadi tempat asal perolehan impressions dan masuk ke dalam jenis home.

2. Profile dan hashtag yang diperoleh dari Instagram

Jenis profile biasanya berasal dari kunjungan orang-orang atau follower yang melihat halaman awal Instagram. Sementara itu perolehan impressions jenis hashtag didapat dari kunjungan postingan yang disematkan tag.

Baca Juga: Kesalahan Loyalty Customer Program yang Wajib Anda Hindari

3. Location dan other explore dari fitur dasar Instagram

Anda juga bisa mendapatkan data impressions dari lokasi yang telah disematkan di setiap postingan. Selain itu explore Instagram seperti story share juga bisa menjadi ladang impressions.

Jadi, reach maupun impressions dalam Instagram memungkinkan Anda mendapatkan hasil perolehan tayangan dan jangkauan akun. Dengan demikian impression Instagram adalah fitur yang melengkapi reach, sehingga hasil keduanya menjadi evaluasi.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!