15 July 2021

SEO SEM menjadi kata yang cukup sering didengar ketika Anda bergelut dalam bidang digital marketing.

Namun, ternyata beberapa orang masih sulit membedakan antara kedua kata tersebut. SEO SEM memang sering dipakai secara bersamaan. Dari segi fungsi sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh. Itulah mengapa banyak orang masih kesulitan ketika ditanya tentang kedua kata tersebut. Namun, jika mengerti dasarnya maka tidak sulit membedakan keduanya. Bahkan, Anda bisa memaksimalkan sebuah bisnis melalui kedua kata tersebut. Lalu, mana yang lebih baik antara SEO dan SEM?

Baca Juga: 5 Kunci Memilih Digital Marketing Agency

Apa Itu SEO dan SEM?

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) pada dasarnya 2 hal yang saling berkaitan. Namun, terkadang beberapa orang justru bingung apakah yang dia gunakan SEO atau SEM. Secara sederhana, Search Engine Optimization adalah langkah untuk membuat website berada dalam urutan teratas daftar pencarian. Ada banyak aspek yang diperhatikan dalam hal tersebut, misalnya konten, sistem, dan sebagainya. Mengapa hal seperti itu sangat penting? Anda pastinya mengalami sendiri kalau halaman pertama Search Engine adalah yang terpenting. Dari pada melanjutkan ke halaman kedua, lebih baik memulai pencarian baru, bukan?

Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran yang ada di dunia internet. SEM hadir dalam bentuk promosi website dengan metode tertentu. Jadi, Search Engine Marketing adalah tempat yang lebih besar. Secara umum, upaya SEM lebih ditekankan pada cara atau bentuk secara keseluruhan dari pemasaran digital. Semua metode pemasaran digital nantinya akan tergabung menjadi satu upaya yang disebut sebagai SEM.

Perbedaan SEO dan SEM yang Perlu Diketahui

Dari penjelasan awal, keduanya sebenarnya sama tapi berbeda. Keduanya sama-sama cara untuk meningkatkan visibilitas website. Namun, bedanya adalah tingkatan dan cara untuk mendapatkan visibilitas tersebut. Sederhananya, Search Engine Optimization bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website Anda. Dengan begitu, website tersebut mendapatkan peringkat tinggi. Peringkat inilah yang membuatnya muncul pada halaman pertama mesin pencarian. Search Engine Marketing adalah pemasaran itu sendiri. Didalamnya ada banyak metode seperti upaya SEO dan sebagainya. Metode yang dipakai dalam upaya tersebut bisa organik maupun non-organik. Perbedaan ini sebenarnya sangat terlihat dengan jelas. Namun, dalam dunia digital marketing terkadang beberapa orang sering melupakannya. Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajarinya lebih lanjut jika ingin merintis sebuah bisnis.

Bagaimana Cara untuk Menggunakannya?

SEO SEM pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapapun juga. Keterampilan dalam bidang marketing adalah dasarnya. Kemudian hanya perlu memindah keterampilan tersebut ke dalam dunia internet. Sebelum belajar tentang pemasaran yang lebih luas, ada baiknya mempelajari tentang optimalisasi sebuah website. Sebuah bisnis tidak akan berkembang tanpa adanya website, apalagi di dunia digital seperti sekarang. Ketika Anda sudah memahami website tersebut, maka metode apapun bisa Anda pakai. Search Engine Optimization maupun Search Engine Marketing bukan lagi sebuah hal yang sulit dicapai.

SEO Vs SEM, Mana yang Cocok untuk Merintis Bisnis?

Pertanyaan tersebut sebenarnya tidak memiliki jawaban pasti karena keduanya sama-sama cocok. Bisnis rintisan apapun akan cocok menggunakan kedua upaya tersebut jika Anda mampu memaksimalkan setiap taktiknya. Jika ingin hasil bertahap dengan biaya murah, maka Anda bisa menggunakan Search Engine Optimization. Memang hasilnya lebih lambat, tapi kredibilitas website yang Anda miliki akan jauh lebih baik. Jika ingin hasil cepat, maka biaya juga besar. Search Engine Marketing mampu memenuhi tantangan tersebut. Namun, Anda tidak bisa membangun kredibilitas dari metode yang kedua ini.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Iklan Shopee yang Efektif untuk Melipatgandakan Penjualan

Pada akhirnya, Anda akan jauh lebih mudah ketika menyerahkan urusan website kepada kami. Sedikit demi sedikit Anda akan belajar tentang dunia digital marketing, terutama SEO SEM. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!