...

7 Cara Membuat Guest Post yang Menarik!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
guest-blogging-dreambox

Bagaimana cara membuat guest post?

Guest post atau yang biasa disebut sebagai ‘posting tamu’, ‘tulisan pembaca’, maupun ‘pembaca menulis’ adalah sebuah tulisan atau konten yang dibuat oleh seorang blogger yang kemudian dipublikasikan di blog atau situs web milik orang lain.

Tahukah Anda jika ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan postingan tamu. Diantaranya yaitu untuk memperluas jaringan audiens, meningkatkan traffic situs web, authority, dan SEO situs web.

Kini apakah Anda tertarik untuk melakukan strategi marketing satu ini? Jika bingung ingin memulai dari mana, Anda bisa memulainya dengan membaca ulasan berikut ini hingga akhir. Dengan begitu Anda bisa memperoleh gambaran apa-apa saja yang perlu Anda lakukan!

7 Cara Membuat Guest Post Menarik

Karena tujuan Anda menambahkan ‘posing tamu’ adalah untuk meningkat traffic dari situs web, maka Anda memerlukan strategi untuk memulainya. Berikut adalah 7 cara yang bisa Anda lakukan ketika memulai posting tamu!

1. Cari Website Partner

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menemukan situs web yang dapat Anda jadikan partner. Dalam hal ini Anda harus memastikan jika situs web tersebut memiliki niche yang sama dengan Anda.

Daftar situs web mana saja yang kiranya cocok untuk Anda, kemudian gali apa saja dari calon partner. Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan pada bagian Tentang Kami, FAQ, atau kontak situs web calon partner Anda.

Opsi lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan memanfaatkan laman pencarian Google. Untuk mencari situs web dengan niche yang sama, Anda bisa lakukan pencarian dengan format “kata kunci” + “guest post”.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan pencarian guest-posting dari situs web dengan yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Perlu Anda ketahui jika tidak semua situs web memuat tulisan pembaca. Namun, untuk memastikannya Anda bisa menyimpan alamat email pemilik situs web dan mengirimkan pesan kemudian.

2. Kelola Ide Konten Guest Post

Tahap kedua yaitu Anda perlu mengelola ide konten untuk tulisan Anda. Di sini Anda perlu melakukan brainstorming. Hal yang perlu Anda ingat yaitu tulisan atau konten yang Anda buat harus sesuai dengan guideline partner.

Karena beberapa situs web biasanya memiliki panduan dan syarat harus Anda penuhi. Hal itu bisa mencakup topik tulisan atau konten, guidelines konten, dan keyword yang sesuai. Olehnya, Anda perlu mematuhi itu dan menyesuaikannya.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari strategi konten yang sedang dijalankan oleh pemilik blog dengan melihat postingan terbaru di situs web mereka.

Untuk mempermudah pengelolaan ide konten, pastikan jika hal tersebut sesuai dengan keahlian Anda. Update informasi terkait niche yang sedang tren di topik tulisan Anda.

Supaya pemilik blog bisa puas dengan kinerja Anda, sangat disarankan menawarkan revisi tulisan atau konten jika kurang sesuai dengan dengan guidelines mereka.

3. Ajukan Ide Konten

Setelah memiliki ide untuk konten atau tulisan, Anda bisa mulai mengajukannya kepada pemilih blog. Akan lebih baik jika sebelumnya Anda sudah berkenalan dengan pemilik blog atau paling tidak dengan editor di situs web tersebut.

Untuk mengajukan ide konten kepada pemilik blog, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menggunakan Email Khusus

Jika Anda memiliki surat elektronik profesional seperti email bisnis, hal itu akan membuat Anda terlihat lebih kredibel dan profesional.

  • Tulis Email yang Lebih Personal

Anda bisa menghindari email ber-template, di mana isi pesan yang Anda kirim ke pemilik blog semuanya memiliki format yang sama. Ada baiknya jika Anda menulis isi email dengan lebih personal.

  • Singkat, Padat, dan Jelas

Anda tidak perlu menyampaikan keinginan Anda dengan bertele-tele. Cukup sampaikan dengan singkat, padat, dan jelas supaya pemilik blog tidak lelah membaca isi email yang Anda kirimkan.

  • Sertakan Ide Konten

Anda juga bisa menyertakan ide konten atau tulisan yang akan Anda buat. Akan menjadi nilai plus jika Anda juga menyertakan tulisan yang pernah Anda buat. Hal ini akan membantu pemilik blog untuk mempertimbangkan tawaran yang Anda kirim.

4. Buat Konten yang Menarik dan Berkualitas

Ini adalah langkah yang sangat penting untuk Anda dalam membuat posting tamu. Setelah ide yang Anda ajukan diterima, Anda harus melanjutkan dengan konten atau tulisan yang menarik dan berkualitas.

Untuk membuat tulisan Anda menjadi lebih menarik dan lebih unggul dari sesama penulis, Anda bisa menerapkan hal-hal berikut ketika mulai membuat konten:

  • Buat Konten yang Unik

Konten atau tulisan yang unik akan membuat tulisan Anda menjadi khas. Dengan konten yang unik, pembaca bisa mengenali jika Anda-lah penulisnya hanya dengan membaca tulisan.

  • Pahami Tujuan Pencarian Pengunjung Situs Web 

Maksud dari poin satu ini adalah konten atau tulisan Anda harus bisa menjawab pertanyaan dari pembaca.

  • Gunakan Keyword untuk SEO

Hal ini bagus untuk meningkatkan traffic tulisan Anda supaya bisa muncul di halaman depan pencarian Google. Oleh karena itu, Anda perlu memahami aplikasi SEO dengan baik.

  • Sesuaikan Niche Tulisan dengan Blog Partner

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Sebab, postingan tamu yang tersedia di situs web orang lain perlu diciptakan dengan formulasi dan vibe yang sama dengan aspek-aspek dalam blog.

Jika Anda telah melakukan hal-hal di atas, Anda juga perlu melakukan improvisasi tulisan, dengan begitu pembaca betah untuk membaca artikel Anda hingga selesai.

5. Ciptakan Judul yang Menarik

Sebuah postingan akan dilirik oleh pengunjung situs web jika memiliki judul eye-catching. Hal ini berarti tulisan mampu menarik dan memancing rasa penasaran pengunjung, hingga mereka melakukan action untuk membuka postingan tersebut.

Oleh karena itu, Anda perlu menyusun judul konten atau tulisan Anda dengan menarik. Pastikan judul yang Anda buat bisa membuat pengunjung tertarik hanya dalam sekali baca.

Ada berbagai macam tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa membuat judul postingan yang menarik. Salah satunya yaitu dengan memancing rasa penasaran audiens dan dengan menunjukkan urgensi tulisan.

6. Masukkan Tautan Eksternal dan Internal

Link eksternal dan internal yang Anda masukkan pada konten tulisan disebut dengan call-to-action. Hal ini dapat meningkatkan target SEO situs web. 

Selain itu, dengan menyertakan link tersebut membuat Anda mengenal betul mengenai blog tempat Anda memposting konten. Hal ini membuka lebih lebar kesempatan tulisan Anda untuk diposting di blog tersebut.

Tidak hanya menguntungkan pemilik situs web, link eksternal yang Anda tanam di konten juga bisa mengarah trafik referral ke situs web Anda. Inilah salah satu manfaat dari guest post untuk Anda.

Anda hanya perlu memastikan jika itu tidak melanggar aturan yang diberikan oleh pemilik website.

7. Kirim Tulisan Anda

Langkah terakhir yaitu mengirimkan konten kepada pemilik blog yang bermitra dengan Anda. Sebelum itu, Anda perlu memastikan jika tidak ada kesalahan minor pada konten Anda.

Seperti kesalahaan ejaan atau typo, broken link, tata bahasa, dan jika Anda menyertakan gambar pada konten tulisan Anda, pastikan jika gambarnya terlihat jelas.

Jika Anda merasa berat, Dreambox dengan tim yang memiliki jam terbang tinggi bisa membantu Anda menyusun strategi jitu untuk membangun brand konten Anda.

Rekomendasi 4 Website dengan Guest Post untuk Anda

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat posting tamu, kini kami akan merekomendasikan situs web yang cocok Anda. Berikut adalah situs web dengan berbagai niche untuk pertimbangan partner blog.

1. Medium

Platform ini merupakan penerbit konten yang sangat diminati oleh para blogger. Di mana Medium kini telah memiliki anggota lebih dari 170 juta orang yang tergabung di dalamnya.

Situs Web ini lebih mirip sosial media jika dibandingkan website pada umumnya. Di sini Anda bisa saling mengikuti sesama penulis. Anda juga bisa melihat tampilan postingan pada feed Medium. 

Selain itu ada tombol “Clap” untuk menyukai postingan yang muncul. Bukankah Medium sangat mirip dengan jejaring sosial daripada website pada umumnya? Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda ingin menjadi guest post di Medium?

2. Blog Kecantikan dan Fashion

Blog dengan niche kecantikan dan fashion memiliki bahasan seperti tips fashion, ulasan produk, panduan berbelanja, dan tren terbaru sejenisnya.

Jika Anda memiliki passion untuk niche tipe ini, ada beberapa situs web yang bisa menerima postingan tamu diantaranya yaitu POPSUGAR yang berisi tutorial dan ulasan mengenai produk kecantikan.

The Everyday Man dan Men Style Fashion yang fokus dengan fashion, lifestyle dam kesehatan pria, serta masih banyak lainnya. 

3. Blog Olahraga

Situs web dengan niche ini biasanya berisi tulisan berupa kabar terbaru di dunia olahraga. Hal itu mencakup reportase pertandingan olahraga berbagai cabang, atletik, hingga bursa transfer pemain.

Jika Anda merasa cocok dengan niche satu ini, Anda bisa mengintip beberapa blog berikut untuk mencari tahu ketentuan postingan pembaca mereka. Ada Fansided yang fokus dengan berita olahraga yang dikemas dari sudut pandang fans.

Off The Post dan Sportskeeda yang berisi tulisan mengenai turnamen besar di bidang olahraga. Juga ada SB Nation yang memiliki niche mirip dengan Fansided.

4. Blog Makanan

Anda yang suka wisata kuliner dan mengeksplor rasa makanan dari satu daerah ke daerah lain, mungkin cocok dengan niche dari blog makanan. Blog makanan biasanya berisi ulasan makanan atau juga resep makanan yang menarik dan sederhana.

Jika Anda berminat dengan niche tulisan ini dan ingin menjadi guest post di blog serupa, kami memiliki rekomendasi blog sebagai pertimbangan Anda.

Menuism yaitu blog yang membahas mengenai konten masakan tertentu, serta rekomendasi tempat makan yang enak. Ada juga Serious Eat yang kontennya berisi tentang masakan dari berbagai daerah.

Terakhir ada HuffPost, situs web satu ini merupakan media besar di mana isi kontennya seputar analisis strategi marketing makanan dan tips memasak.

Kini Anda sudah tiba di penghujung ulasan. Apakah kini Anda sudah memiliki gambaran terkait guest post dan cara untuk menjadi posting tamu?

Mungkin Anda merasa ada begitu banyak hal yang perlu Anda siapkan juga strategi jitu supaya Anda bisa mencari target sebagai seorang posting tamu. Untuk masalah Anda kami memiliki solusinya.

Dreambox bisa membantu Anda menyusun strategi marketing untuk konten Anda.  Kami sudah membantu lebih dari 100 perusahaan untuk mengembangkan brand dan aktivitas marketing di bidang digital. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms