...

Ketahui Cara Kerja Jasa SEO Profesional

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa-swo-professional-drerambox

Jasa SEO profesional dapat membentu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Pernahkah Anda mendengar jasa SEO profesional yang membantu menaikkan peringkat website pada hasil pencarian Google? SEO sendiri sangat berkaitan dengan keyword yang diketikkan oleh pengguna internet pada mesin pencari seperti Google.

Tatkala Anda melakukan pencarian pada search engine Google dengan memasukkan keyword tertentu, nantinya akan tampil daftar website. Daftar situs tersebut sudah dipilihkan oleh Google berdasarkan relevansi dengan kata kunci yang diketikkan.

Ketika suatu situs peringkatnya tinggi, tingkat relevansi dengan keyword yang diketikkan juga tinggi. Google umumnya menampilkan 6 sampai 10 website pada halaman pertama hasil pencarian. Jumlahnya tidak menentu karena juga menyesuaikan banyaknya iklan PPC.

Apa Itu SEO?

Sudahkah Anda tahu jika jasa SEO profesional bekerja dengan mengoptimasi SEO pada website, sehingga peringkatnya akan meningkat pada SERP? SERP ialah kependekan dari Search Engine Result Page.

Tentu Google tidak sembarangan dalam mengurutkan peringkat website. Akan tetapi, didasarkan pada faktor SEO yang berperan dalam menentukan peringkat situs pada halaman mesin pencari.

Search Engine Optimization atau SEO sendiri ialah upaya yang dilaksanakan dalam optimasi website supaya mampu memperoleh peringkat paling atas pada mesin pencari. Jika peringkatnya tinggi, maka trafik website akan tinggi.

Ketika trafik tinggi, maka sudah tentu website akan dikenal oleh banyak orang. Namun, tentu saja trafik alami tersebut didapatkan dengan menyesuaikan tujuan website. Bukan sekedar fokus pada angka trafik semata.

Mengandalkan jasa SEO profesional sangat penting dalam membantu menaikkan peringkat situs di SERP. Karena banyak hal perlu diperhatikan dalam melakukan hal tersebut.

Mesin pencari seperti Google memakai algoritma khusus dalam menentukan peringkat website. Bahkan, algoritmanya senantiasa diupdate setiap hari. Jadi, tidak dapat mengandalkan algoritma lama ketika ingin melakukan optimasi SEO.

Supaya mampu meraih tujuan peringkat tinggi SERP, maka perlu mengimplementasikan SEO dengan baik dan benar. Tidak lupa menyesuaikan dengan algoritma Google paling baru.

Apabila tidak mempunyai cukup waktu atau tenaga untuk melakukannya, sudah banyak tersedia jasa SEO profesional di Indonesia. Anda hanya perlu mempelajari dasar-dasarnya saja untuk memahami SEO sehingga website senantiasa eksis di SERP.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO On Page dan Bedanya dengan SEO Off Page

Apa Saja Indikator dalam SEO?

Ketika ingin menjadikan website berada pada halaman pertama hasil pencarian Google, terdapat beberapa indikator yang wajib dipenuhi. Simak beragam indikatornya di bawah ini.

1. Domain Factor

Domain ialah alamat suatu situs, contohnya ialah www.dreambox.id. Sementara domain factors ialah berbagai hal berkaitan dengan domain dan berpengaruh pada performa SEO, misalnya ejaan jelas, ukuran domain, usia domain hingga sejarahnya.

2. Desain dan Struktur

Struktur website ialah susunan halaman penting pada situs juga meliputi elemen di dalamnya. Misalnya saja susunan isi, navigasi, link, layout konten dan lain sebagainya.

3. Keamanan

Google juga memperhatikan keamanan suatu situs, dengan memperhatikan SSL/TLS. Website yang memasang SSL/TLS dapat dikenali dengan adanya ikon gembok pada URL di address bar.

4. Kecepatan

Kecepatan loading website baik pada perangkat mobile, tablet maupun desktop juga menjadi acuan Google dalam SEO. Paling tidak, loading tidak lebih dari 2 detik untuk memenuhi standar terbaik.

5. Keyword

Indikator paling utama ialah keyword atau kata kunci. Banyak jasa SEO profesional yang terkadang juga mengimbangi dengan LSI (Latent Semantic Indexing). LSI merupakan kata relevan dengan keyword.

6. Topik Konten

Meskipun tampak sederhana, topik konten wajib diperhatikan. Jika sembarangan dalam membuat konten yang tidak relevan dengan tujuan website, maka bisa dianggap spam oleh Google.

7. Menentukan Gambar

Pemilihan gambar di dalam situs juga mempengaruhi SEO. Jasa SEO profesional umumnya mengoptimasi gambar dengan memastikan penamaan file sesuai, ukuran sesuai dan lain sebagainya.

8. Struktur URL

URL ialah link yang akan membawa audiens pada konten atau halaman website tertentu. Melalui struktur URL sederhana dan jelas, maka Google akan lebih mudah dalam mengenali topik halaman website terkait.

9. Meta Tag

Meta Tag meliputi title tag dan meta description. Title tag ialah judul artikel sementara meta description ialah ringkasan konten yang tampil di bawah meta tag.

10. Backlink

Backlink ialah link dari situs lain yang mengarah pada website Anda. Backink ini menjadi salah satu pertimbangan penting bagi mesin pencari untuk menilai kredibilitas suatu situs.

Baca Juga: Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

Bagaimana Cara SEO Bekerja?

Jasa SEO profesional sudah tentu akan memahami bagaimana algoritma Google bekerja. Apabila Anda masih asing dengan bidang ini, maka ada baiknya mempelajari cara kerja dari Search Engine Optimization.

SEO sendiri bekerja melalui berbagai cara, bukan hanya satu. Melalui beberapa cara ini, nantinya diputuskan website mana saja yang berhak menempati halaman pertama hasil pencarian Google.

1. Crawling

Cara pertama ialah crawling, yakni proses mengambil seluruh halaman website yang terkait dengan situs. Tugas ini dijalankan oleh perangkat lunak bernama crawler atau Googlebot.

2. Indexing

Indexing ialah proses pembuatan indeks untuk seluruh halaman web yang sudah diambil dan disimpan ke dalam database milik search engine. Proses ini meliputi identifikasi kata-kata pada halaman terkait sehingga masuk database dengan kata kunci tertentu.

3. Processing

Tatkala seseorang memasukkan keyword, maka mesin pencari akan melakukan proses. Yakni dengan membandingkan keyword pada halaman lain beragam situs di mana sudah terindeks pada database. Tidak heran jika jasa SEO profesional sangat memperhatikan keyword.

4. Calculating Relevancy

Suatu halaman website mempunyai lebih dari kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencari. Sehingga search engine akan menghitung relevansi dari setiap halaman di mana sudah terindeks untuk setiap keyword yang sudah diterima.

5. Retrieving Result

Retrieving result ialah mengambil hasil yang begitu relevan dengan keyword pada beberapa proses sebelumnya. Lantas menampilkannya pada daftar hasil pencarian search engine di browser.

Setiap bulan, search engine seperti Google dan Yahoo! senantiasa melakukan pembaruan atas algoritma mereka. Sehingga mampu menghadirkan hasil pencarian yang relevan sepanjang waktu.

Baca Juga: Ketahui Manfaat serta Cara Membuat Slug SEO Friendly

Mengapa SEO Penting dalam Pemasaran Digital?

Apakah Anda masih bertanya-tanya mengapa memerlukan peran jasa SEO profesional dalam pemasaran digital? Di masa sekarang, website merupakan salah satu media digital yang wajib dimiliki oleh pemilik bisnis.

Website mampu menjangkau konsumen dari berbagai tempat dan kalangan usia secara mudah. Akan tetapi, perlu menerapkan SEO secara tepat. Sehingga mampu menaikkan trafik secara natural. Selain itu, juga berguna dalam beberapa hal berikut.

1. Menaikkan Brand Awareness dan Kredibilitas Bisnis

Kesadaran audiens mengenai suatu brand bisa meningkat apabila melakukan optimasi SEO. Sebab, website akan berpeluang muncul pada halaman pertama hasil pencarian. Tentu hal tersebut menjadikan bisnis lebih mudah dikenal oleh audiens.

Selain menaikkan brand awareness, hal tersebut juga membantu dalam memunculkan kredibilitas bisnis. Tentu saja audiens akan memandang bisnis secara positif apabila muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

2. Trafik Organik Tergolong Mudah Dikonversi

Melalui peran jasa SEO profesional dalam optimasi SEO, website akan memperoleh peluang dalam mendapatkan trafik organik. Calon pembeli mengunjungi website karena kemauan sendiri. Lantas melakukan transaksi. Sehingga dapat berpeluang menjadi leads.

3. Trafik Cenderung Stabil untuk Jangka Panjang

SEO mampu menghadirkan trafik stabil dalam jangka panjang. Akan tetapi, hasilnya tidak akan langsung terlihat, perlu waktu beberapa bulan. Berbeda halnya dengan  trafik berbayar yang cenderung tidak stabil dalam jangka panjang.

Trafik yang tinggi dan sesuai dengan target website dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya membagikan informasi, branding, meningkatkan kepercayaan, menjual produk, dan lainnya. Supaya lebih optimal bisa mengandalkan jasa SEO profesional.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms