Ketahui Cara Membangun serta Jenis-Jenis Backlink

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
seo-backlink-dreambox

Seberapa penting SEO backlink?

Membangun SEO backlink untuk website merupakan tantangan tersendiri. Hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan, perlu menerapkan langkah tepat supaya hasilnya juga optimal.

Backlink sendiri tergolong salah satu strategi yang dapat dijalankan dalam memaksimalkan digital marketing melalui metode Search Engine Optimization atau SEO. Mungkin Anda sendiri sudah tidak asing dengan istilah ini.

Bagi sebagian orang, backlink merupakan hal sepele karena tidak berdampak langsung pada trafik website. Namun sebenarnya jika dikelola secara optimal maka akan membantu menumbuhkan trafik dalam jangka panjang.

 

Baca Juga: Cara Optimasi SEO On Page dan Bedanya dengan SEO Off Page

Apa Itu Backlink dalam SEO?

Ketika berbicara mengenai SEO backlink, hal paling penting ialah memahami pengertiannya terlebih dahulu. Lantas, bisa mempelajari hal lainnya seperti cara membangun hingga alasan penting penggunaannya.

Backlink ialah link atau tautan yang terpasang pada suatu situs dan mengarah pada website Anda. Jadi, salah satu bentuk SEO ini mampu memberi tahu keberadaan website Anda melalui situs lain yang telah mempunyai kredibilitas tinggi.

Cara kerja backlink ialah tatkala link yang ada di dalam situs diklik, nantinya pengunjung akan diarahkan ke website Anda. Secara sederhana dapat dipahami sebagai navigasi atau pintasan menuju website lainnya.

Link tersebut juga mempunyai manfaat lain, misalnya menjadi rujukan. Sehingga pengguna internet bisa mendapat rujukan mengenai informasi yang lebih lengkap dengan melakukan klik pada link.

Selain itu juga mampu menjadi tanda kepercayaan situs lain terhadap suatu situs. Akan tetapi, hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua website. Perlu memenuhi persyaratan kualitas konten tertentu sehingga dipercaya pihak lain dalam menyematkan backlink.

Dalam urusan Search Engine Optimization, mengoptimalkan SEO on page maupun off page tergolong penting. Keduanya akan membantu dalam meningkatkan kualitas suatu website.

SEO backlink sendiri tergolong dalam strategi off page. Jadi, wajib dimaksimalkan sebaik mungkin supaya membantu menunjukkan kualitas website. Jangan sampai mengabaikan penggunaan strategi ini.

Mesin pencari seperti Google akan memandang backlink sebagai salah satu cara verifikasi otomatis dan relevansi suatu situs. Bukan hanya pengunjung yang dapat melihat kualitas website, namun juga mesin pencari.

Di masa sekarang, backlink tidak harus dilakukan secara mandiri. Bisa mengandalkan jasa khusus. Sehingga membantu memudahkan mengelola website. Pada akhirnya, kredibilitas akan meningkat pada search engine.  

Baca Juga: Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

Bagaimana Cara Membangun Backlink?

Melihat pengertiannya, SEO backlink mempunyai cukup banyak manfaat. Jadi, sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja. Jika belum tahu bagaimana cara membangunnya, simak saja caranya di bawah ini.

1. Relevansi Konten

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah mengenai relevansi tautan yang dibangun dengan situs. Ketika tingkat relevansi tinggi, maka backlink akan semakin berkualitas.

Misalnya saja website Anda mempunyai niche berupa travelling. Maka, Anda dapat menautkan link ke situs travelling yang mempunyai kredibilitas bagus. Sehingga membuka peluang memperoleh backlink dari situs lain.

Cara natural ini dapat dilakukan dengan konsisten dalam menghasilkan konten berkualitas. Sehingga menarik minat pihak lain untuk mencantumkan link website Anda di situs mereka.

2. Memakai Tools Backlink

Cara lainnya yang bisa dipakai ialah memanfaatkan tools SEO backlink. Anda dapat menyebutnya dengan bantuan pihak ketiga. Cara ini juga membantu mengembangkan website dengan lebih cepat.

Tools ini bisa berupa Ahrefs, Ubersuggest, dan lain sebagainya. Anda bisa mencari tahu beragam pilihan tools di internet. Lantas, temukan situs di mana kata kuncinya relevan dengan konten Anda.

3. Menggunakan Content Sharing Platform

Anda dapat membangun SEO backlink dengan memanfaatkan content sharing platform. Misalnya saja hipwee, Medium, Reddit, IDN Times, dan lain sebagainya. Buat saja artikel pada platform terkait lantas masukkan link menuju website Anda.

4. Melaksanakan Guest Blogging

Guest blogging ialah membuat konten atau artikel untuk dipublikasikan pada situs milik pihak lain. Di dalam konten tersebut, silahkan masukkan link menuju website Anda.

Pastikan situs yang dipilih mempunyai kredibilitas tinggi dan trafik tinggi. Kemudian, buat konten relevan. Jangan sampai asal membuat konten hanya demi menyematkan link di dalamnya.

Baca Juga: Ketahui Manfaat serta Cara Membuat Slug SEO Friendly

Apa Saja Jenis-Jenis Backlink?

SEO backlink dapat dibangun dalam berbagai bentuk atau jenis. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan atau keinginan. Berikut ini beberapa jenis yang bisa dipilih salah satunya.

1. Guest Post

Guest post maksudnya ialah tatkala Anda membuat guest post untuk situs milik pihak lain. Sehingga Anda bisa menyematkan link website di dalamnya. Hal ini juga akan membantu menaikkan kredibilitas dan kepercayaan situs.

Akan tetapi, situs yang dipilih harus mempunyai kredibilitas tinggi dan trafik tinggi. Jangan salah memilih situs yang kurang populer. Karena nantinya akan kurang menguntungkan.

2. Editorial

Jenis editorial ini tergolong natural karena berasal dari situs lain. Bisa berupa konten berkualitas seperti sitasi, referensi dan sumber informasi. Sifatnya yang natural tentu akan terasa lebih nyaman.

3. Comment

Jenis ini dilakukan ketika Anda menyematkan SEO backlink pada komentar di dalam konten situs lain. Apabila dilakukan secara tepat, dapat membantu meningkatkan trafik. Apabila berlebihan, tentu akan menyebabkan beragam masalah lain.

4. Do-follow

Jenis do-follow ini akan memberi tahu search engine utuk memperhatikan backlink ke score SEO.  Seperti yang Anda tahu, skor tinggi akan membuat peringkat website menjadi lebih tinggi di SERP.

5. No-Follow

Jenis ini akan memberitahu search engine untuk mengabaikan backlink terkati sehingga tidak menghitungnya ke dalam score SEO. Anda boleh menentukan ingin memakai jenis mana saja.

Kenapa Backlink Penting bagi SEO?

Apakah Anda masih ragu mengenai manfaat SEO backlink? Meskipun tampak sederhana, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Sehingga sangat membantu dalam pertumbuhan website.

Jika baru memulai membangun website ada baiknya mempelajari hal ini. Namun, jika tidak mempunyai waktu atau tenaga dapat mengandalkan jasa khusus. Simak dahulu beberapa alasan mengapa penggunaan pintasan ini tergolong penting.

1. Website Lebih Mudah ditemukan Google

Ketika banyak pintasan menuju website Anda, maka Google akan semakin mudah dalam menemukan website Anda. Karena memang hal tersebut sudah menjadi acuan bagi Google dalam menentukan situs yang tampil pada halaman pertama hasil pencarian.

Jadi, semakin banyak tautannya maka peluang untuk tampil pada halaman pertama hasil pencarian lebih besar. Namun, bukan berarti ini menjadi jaminan paten.

2. Menaikkan Jumlah Kunjungan

Alasan lain mengapa tautan ini penting ialah karena mampu meningkatkan jumlah pengunjung website. Mengingat peluang untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian juga besar.

Ketika website tampil di halaman pertama hasil pencarian, tentu akan banyak pengguna internet yang melakukan klik. Lantas mereka membaca konten di dalamnya. Sehingga jumlah kunjungan senantiasa bertambah dari waktu ke waktu.

3. Meningkatkan Reputasi

SEO backlink juga berguna dalam meningkatkan reputasi website. Salah satu indikator yang dipakai oleh Google guna menilai kualitas situs ialah banyaknya pintasan. Semakin banyak situs besar yang menautkan link ke website Anda, maka kualitasnya semakin baik.

Penggunaan pintasan ini tergolong penting dalam membantu menaikkan kualitas website. Jadi, tidak ada salahnya mempelajari penggunaannya secara tepat supaya website senantiasa berkembang.

Ada beragam cara untuk memperoleh pintasan di situs lain menuju website. Ada cara murah atau gratis hingga berbayar. Namun sebelumnya, wajib mengenali pengertian SEO backlink dan cara membangunnya.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms