Menulis Meta Title, Keyword dan Description yang Disukai Google

SEO

Bagaimana Cara Penulisan Meta title yang ramah SEO?

Untuk membuat sebuah situs berada di peringkat teratas mesin pencari bukan hal mudah, salah satunya diperlukan meta title tepat agar bisa sesuai dengan algoritma pencarian mesin pencari.

Sebagai contoh Google yang saat ini seringkali mengubah-ubah algoritma penentuan rangking pencarian sehingga sulit ditebak. Selain itu, banyak pesaing juga membuat Anda harus bisa menerapkan strategi SEO dengan baik.

Salah satu strategi yang perlu diperhatikan adalah meta tag. Untuk penjelasan lebih rinci mengenai hal ini, bisa coba cek penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO On Page dan Bedanya dengan SEO Off Page

Perbedaan Meta Title, Keyword dan Description

Sebelum lanjut ke penjelasan mengenai jenis-jenisnya, sekarang Anda perlu tahu bahwa meta tag merupakan strategi search engine optimization (SEO) yang membantu menampilkan situs di halaman utama pencarian.

Keberadaannya akan memberitahu mesin pencari mengenai konten-konten yang ada di situs Anda. Namun, penulisannya tidak berada dalam isi konten, melainkan dalam bentuk script pada file HTML.

Biasanya terletak di antara < head > dan < head > pada source code page. Dalam penggunaannya, meta title terdiri atas tiga jenis yaitu tile, keyword, dan description. Berikut penjabarannya:

1. Pengertian

Merupakan judul halaman situs yang muncul di mesin pencari. Ini menjadi bagian pertama dilihat oleh pengunjung website Anda ketika melihat hasil pencarian. Jadi, agar langsung menarik perhatian harus dibuat unik.

Tips membuatnya:

– Masukkan kata kunci yang digunakan pada konten.

– Buatlah unik serta menarik.

– Buat sesuai dengan isi konten.

– Jangan terlalu panjang, maksimal 60 karakter saja.

Apabila Anda menggunakan platform WordPress, maka bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Dengan plugin ini membuatnya tidak perlu menulis script HTML sehingga lebih mudah. Contoh penulisannya:

<Title>Title Website Anda</Title>

2. Meta Keyword

Merupakan meta title yang memuat mengenai informasi keyword atau kata kunci dalam sebuah postingan website. Ini bisa dikatakan sebagai pemberitahuan mengenai isi postingan di situs Anda.

Dalam hal ini, agar mendapatkan peringkat atas pastikan Anda menggunakan kata kunci spesifik sehingga membuat target yang tepat. Selain itu, akan lebih meningkatkan kemungkinan direkomendasikan mesin pencari.

Agar bisa menemukan kata kunci tepat, bisa coba gunakan tools berikut:

– KWFinder.

– Google Keyword Planner.

– Google Suggest.

Sebagai contoh scriptnya adalah:

<Meta content=’keyword yang akan digunakan’ name=’keyword’/>

3. Meta Description

Yaitu meta title tag HTML yang berisi penjelasan singkat mengenai isi halaman website. Biasanya muncul atau diletakkan pada bagian bawah. Untuk membuatnya gunakan tips berikut:

– Tulis deskripsi sesuai isi artikel.

– Masukkan kata kunci di dalamnya.

– Perhatikan jumlah karakter, sebaiknya tidak terlalu panjang, maksimal 156 karakter saja.

– Tulislah deskripsi menarik.

– Pastikan sesuai dengan isi halaman website Anda.

Peletakannya juga di bagian < head > dan < head > pada file HTML. Pengguna WordPress juga bisa mengandalkan Yoast SEO untuk mempermudah peletakannya.

Ketika Anda menuliskan deskripsi ini aka nada indikator di bawahnya, jika berwarna hijau artinya deskripsi tersebut baik digunakan. Sebagai contoh penulisan scriptnya adalah:

<Meta content=’description isi website’ name=’description’/>

Baca Juga: Tips Memaksimalkan SEO Versi Jasa SEO Profesional

Cara Menulis Meta Title, Keyword dan Description yang Baik

Untuk menghasilkan tulisan yang mampu mendongkrak trafik website Anda, maka diperlukan strategi SEO. Salah satunya adalah teknik menuliskan meta deskripsi, kata kunci, dan judul yang tepat. Untuk menghasilkan tulisan yang baik dan optimal dalam penulisan meta, maka perlu diperhatikan:

1. Perhatikan Penggunaan Kalimat yang Menarik Serta Unik

Penulisannya tidak boleh sembarangan karena akan menjadi inti dari situs web Anda. Sebagai contoh pembuatan meta title dan description haruslah menggunakan kalimat menarik serta unik.

Anda harus menjabarkan apa yang ditawarkan dan apa bisa didapatkan pengunjung dari laman website tersebut. Jangan gunakan kalimat panjang dan bertele-tele karena bisa saja terlalu panjang serta tidak bisa dimuat semua oleh mesin pencari.

Pembuatan kalimat yang menarik dan unik bukan tentang menggunakan istilah terbaru, apalagi sulit dimengerti. Namun, lebih kepada penggunaan kalimat tepat dengan peletakan kata tepat dan mewakili konten.

2. Perhatikan Jumlah Karakter

Selain itu, pastikan untuk menghitung jumlah karakter yang digunakan dalam meta tersebut. Jumlahnya sebaiknya sesuai aturan agar tidak diubah oleh Google. Google atau mesin pencari dapat melakukan perubahan sepihak.

Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk menuliskannya sesuai jumlah banyaknya karakter, misalnya untuk title 60 karakter dan description maksimal 156 karakter. Ketentuan ini sebaiknya diperhatikan dan tidak dilanggar.

Selain itu, apabila penulisan terlalu panjang juga ada risiko terpotong dan tidak tampil semua sehingga apa yang ingin disampaikan tidak bisa disampaikan. Jadi, saat membuatnya pastikan jumlah karakter sesuai.

3. Perkirakan Judul dan Deskripsi

Selanjutnya, dalam membuat meta title pastikan agar Anda telah memperkirakan bahwa judul dan deskripsi tersebut memang bisa menjawab kebutuhan pengguna mesin pencari.

Pastikan apa yang termuat di dalamnya bisa menjadi jawaban atas kebutuhan pengguna atau pencari. Sangat baik apabila dasar pembuatannya berupa pertanyaan, misalnya, bagaimana membuat kue bolu?

Jadi, apa yang ada dalam konten dan meta merupakan jawaban dari pertanyaan tersebut sehingga menjadi solusi bagi pencari informasi.

4. Buat Sesuai Isi Konten

Meta title harus dibuat sesuai dengan isi konten, jangan melantur, apalagi berlawanan. Sebagai contoh isi konten adalah tentang cara pembuatan tahu, Anda tidak boleh menyebutkan dalam meta pembuatan tempe.

Karena tidak sesuai dengan isinya. Jadi, antara judul, isi konten, dan meta harus sesuai sehingga benar-benar memenuhi kebutuhan pencari.

Selain itu, penjabarannya harus jelas dan sesuai dengan isi konten agar ketika pengunjung benar-benar mendatangi situs Anda tidak akan kecewa dengan isinya. Jika pengunjung kecewa, maka akan langsung meninggalkan situs Anda.

5. Masukkan Keyword yang Digunakan

Dalam optimasi SEO menggunakan teknik meta title, keberadaan keyword atau kata kunci tetap menjadi fokus utama dalam halaman dan wajib ada. Oleh sebab itu, menentukan kata kunci tidak bisa sembarangan.

Anda harus melakukan riset kata kunci dan bisa menggunakan tools agar mendapatkan yang sesuai. Kata kunci sebaiknya tidak hanya terdiri atas satu kata, kecuali kata khusus, tapi gunakan 2 hingga 4 kata. Selain itu, perhatikan jumlahnya jangan sampai terlalu banyak apalagi sampai menggunakan keyword stuffing, yaitu memasukkan kata kunci terlalu banyak dan menumpuk.

Jumlah kata kunci harus dibatasi, misalnya disesuaikan dengan jumlah kata dalam konten. Sebagai contoh artikel 500 kata menggunakan 5 hingga 7 pengulangan keyword. Pastikan peletakkannya tidak menumpuk, artinya tersebar merata di seluruh bagian konten. Paling penting memastikan untuk meletakkan kata kunci di judul, sub judul, kalimat pembuka, dan penutup. Untuk sisa jumlah keywordnya bisa dibagikan rata ke dalam artikel. Pastikan juga keyword menyatu dalam kalimat dan terlihat natural.

Baca Juga: Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

Dalam optimasi SEO memang ada banyak hal perlu diperhatikan dan prosesnya tidak sebentar. Anda harus memastikan judul, konten, dan meta sesuai dengan aturan sehingga mempermudah peningkatan trafik.

Karena yang dicari di sini adalah trafik natural, yaitu datang dengan sendirinya dibantu rekomendasi mesin pencari. Bukan trafik berbayar yang hasilnya cepat tapi memiliki batas waktu. Oleh sebab itu, membangunnya membutuhkan waktu panjang.

Selain itu, penggunaan teknik SEO yang tepat menjadi hal penting. Pastikan Anda memastikan penulisan meta title, keyword, dan description yang baik dan tepat.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.