...

Solusi Duplikat Konten yang Tidak Diperbolehkan pada SEO

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
solusi-duplikat-konten-seo-technical-dreambox

Mengapa seorang digital marketer harus paham SEO technical?

Jawabannya, karena SEO technical sangat penting dan besar manfaatnya untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. Mengapa perlu meningkatkan peringkat situs di mesin pencari? Tentu saja, agar berada di halaman pencarian dan memiliki potensi tinggi dikunjungi oleh pengguna internet. Semakin banyak pengunjung, maka akan makin besar pula traffic situs Anda.

Kenaikan traffic situs juga akan berakibat pada bisnis Anda yang semakin dikenal dan meningkatkan pendapatan juga. Hanya saja, banyak digital marketer menyepelekan penggunaan technical SEO ini. Sebenarnya apa si technical SEO, unsurnya, dan bagaimana solusi agar tidak terjadi duplikat konten. Untuk mengetahuinya, silakan simak paparan berikut ini.

Baca Juga: 8 Indikator SEO yang digunakan oleh SEO Agency

Apa itu SEO Technical?

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu tahu dahulu apa itu SEO atau search engine optimization. Yaitu sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan traffic sebuah situs dengan menggunakan kata kunci.

Nah, yang dimaksud dengan SEO technical adalah kegiatan mengoptimalkan berbagai aspek teknis sebuah website atau situs agar bisa meningkatkan peringkatnya di mesin pencari. Jadi, fokus teknik ini adalah mengoptimalkan berbagai elemen teknis dalam sebuah website.

Bisa dikatakan bahwa teknik ini tidak berkaitan langsung dengan kata kunci sehingga seringkali disepelekan oleh para digital marketer. Sebab penggunaan kata kunci masih dianggap sebagai fokus utama dari search engine optimization.

Memanfaatkan SEO technical akan memberikan kesempatan situs lebih mudah dipahami oleh mesin pencari sehingga menjadikannya lebih disukai. Ketika sebuah website disukai mesin pencari, maka akan semakin tinggi kesempatannya direkomendasikan.

Penggunaan strategi ini terdiri atas beberapa elemen, yakni crawling, indexing, rendering, dan website architecture. Selain itu, juga ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, yaitu XML, sitemap, secure sockets layer (SSL), HTTPs, dan Hreflang.

Dengan pengoptimalan ini, Anda bisa meningkatkan performa website, terutama membuat waktu muat antarmuka situs yang lebih singkat, jelas, dan mudah digunakan. Jadi, pengaturan teknis itu penting.

Baca Juga: 4 Keuntungan Masa Depan Menggunakan Jasa SEO Agency

Unsur yang Perlu Diperhatikan SEO Technical

Dalam menggunakan strategi technical SEO Anda perlu memperhatikan beberapa unsur yang terkait. Tujuh unsur berikut ini membutuhkan perhatian khusus apabila ingin menerapkan strategi tersebut:

1. Gunakan SSL

Secure sockets layers merupakan sebuah teknologi keamanan dengan tautan terenkripsi antara server web dan browser. Sebuah website yang menggunakan SSL akan mengamankan situs Anda sehingga lebih dipercaya mesin pencari.

Jadi, apabila ingin menerapkan SEO technical, pastikan untuk membuat situs Anda menggunakan SSL. Sangat mudah mengidentifikasi sebuah web menggunakan SSL atau tidak, yaitu apabila menggunakan https:// maka menggunakan SSL.

2. Duplikat Konten

Sebuah konten hasil duplikasi dari situs lain akan membuat situs Anda tidak akan dimunculkan pada mesin pencari. Ini merupakan sanksi dari mesin pencari, tapi jika tidak melakukannya, maka tidak perlu khawatir dengan adanya duplikasi konten.

 Apabila kondisi sebaliknya yang terjadi, yaitu konten Anda diduplikasi maka dapat menggunakan technical SEO sebagai solusi mengatasinya. Dengan demikian, konten bisa dijadikan sebagai sumber asli sehingga tidak terdeteksi sebagai penjiplak.

3. Plugin SEO

Langkah berikutnya yang dapat membantu Anda menerapkan SEO technical adalah dengan memasang plugin. Dalam plugin terdapat banyak fitur yang mampu memberi keuntungan bagi sebuah situs, yaitu memaksimalkan dan meningkatkan kualitas SEO.

Selain menyediakan fitur pemaksimalan kualitas, Anda juga akan mendapatkan peringatan ketika ada masalah terkait konten. Tambahan lagi terdapat analisa dari Yoast SEO sehingga konten yang ada di situs benar-benar disukai mesin pencari.

4. Menggunakan Google Webmaster Tools

Mau meningkatkan traffic website, caranya dengan memasang situs di platform Google Webmaster Tools atau yang lebih dikenal dengan Google Search Console. Tidak perlu khawatir, platform ini menyediakan layanan gratis alias tidak berbayar.

Manfaatnya bisa dijadikan sebagai alat pemantau domain apa saja yang dapat memberikan link ke sebuah web. Tambahan lagi, fungsinya mampu memberikan analisis pada web bertrafik tinggi dan membantu kinerja di perangkat mobile.

5. Sitemap

Unsur selanjutnya yang memiliki efek pada penerapan SEO technical adalah pembuatan sitemap. Sitemap adalah sebuah daftar isi yang berisi semua halaman web yang bisa diakses mesin pencari juga pengunjung.

Sitemap akan mempermudah pengunjung sehingga membuat pengunjung lebih cepat mencari informasi yang dibutuhkan. Ada 2 macam yaitu XML untuk mesin pencari dan HTML sebagai cara akses pengunjung.

6. Memasang Google Analytics dan Google Search Console

Pemasangan Google Analytics ini bersamaan dengan Google Search Console, karena keduanya bekerja bersama untuk menaikkan trafik kunjungan ke web Anda. Keduanya dapat saling melengkapi fungsi masing-masing.

Dalam penerapan SEO technical Google Analytics menjadi sangat penting, karena berfungsi untuk melakukan identifikasi perilaku pengunjung situs. Hasil analisisnya dapat dimanfaatkan meningkatkan tingkat kunjungan.

Jika Google Search Console berfungsi memeriksa kemampuan atau performa web di mesin pencari, maka Google Analytics fokus pada perilaku pengunjung.Jadi, disarankan untuk melengkapi keduanya dan tidak hanya memasang salah satu saja.

7. Meningkatkan Kecepatan Website untuk User Experience

SEO technical bukan hanya bermanfaat sebagai bantuan meningkatkan trafik, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan situs. Karena situs yang lambat dibuka atau loading awalnya lama membuat pengunjung urung datang.

Jadi, apabila ingin mendapatkan lebih banyak kunjungan, maka harus meningkatkan kecepatan pembukaan halaman web. Dengan demikian pengalaman pengunjung di web Anda akan semakin baik.

Baca Juga: Ketahui Jenis Layanan yang Ditawarkan Jasa SEO Website

Solusi Duplikat Konten

Penggunaan SEO technical memang dapat membantu peningkatan trafik secara teknis, tapi Anda juga tetap harus memperhatikan konten yang dibuat. Sebuah konten berkualitas, asli, dan menggunakan teknik SEO akan menaikkan trafik dari situs.

Namun, bagaimana apabila konten tersebut diduplikasi sementara Anda belum menggunakan tag kanonik yang menandakan bahwa konten tersebut asli? Anda bisa menggunakan langkah berikut untuk mengajukan penghapusan konten duplikasi:

  1. Gunakan Google Search Console mengidentifikasi seberapa sering konten/situs diindeks.
  2. Hubungi pihak yang bertanggung jawab atas duplikasi konten tersebut, terutama hubungi webmasternya. Lalu ajukan permintaan akreditasi atau penghapusan sehingga konten peniru tidak bisa diakses lagi.
  3. Pastikan menggunakan tag kanonis sehingga konten Anda akan diakui sebagai sumber sebenarnya. Gunakan juga tag kanonis pada konten-konten baru sehingga permasalahan mengenai duplikasi ini tidak lagi terjadi.

Selain cara tersebut, sebaiknya Anda menghindari terjadinya duplikasi konten dengan membuat konten berkualitas dan unik. Namun, pada praktiknya cara menghindari duplikasi konten bisa sangat rumit. Lakukan hal ini agar bisa terhindar dari duplikasi:

  1. Buat struktur situs dengan hati-hati sehingga lebih aman dan terhindar dari masalah duplikasi. Pastikan menerapkan SEO technical agar bisa membuat struktur web yang bantu meningkatkan trafik sehingga situs Anda lebih terpercaya.
  2. Memberikan pengalaman lebih baik bagi pengunjung situs dan memastikan perjalanan pengunjung memberikan pengalaman menyenangkan.
  3. Kirimkan sinyal ke Google untuk menandai konten Anda sebagai sumber asli. Terutama jika ada indikasi adanya penjiplakan dari sumber lain.

Pada dasarnya, penerapan SEO dalam website merupakan hal terpenting untuk meningkatkan trafik. Bukan hanya penerapan keyword, tapi juga teknis dalam struktur sebuah website.

Baca Juga: Berikut Beberapa Fungsi SEO yang Jarang Diketahui

Terutama menerapkan SEO technical sehingga keunggulan bukan hanya dari segi konten, tapi juga struktur situs yang juga bantu menurunkan kemungkinan adanya duplikasi konten oleh pihak lain. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms